Friday, December 17, 2010

MAKALAH IPS

MAKALAH IPS

A. PENDAHULUAN
I. PENGERTIAN
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari MI sampai MTs. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan isu social. Pada jenjang MI mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab serta warga dunia yang cinta damai.
Di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi social masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.
Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan mengenal konsep-konsep yang
berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungan, memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dalam kehidupan social.

II. RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran ips meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
1. Pelapisan sosial dan perbedaan sosial
2. Interaksi sosial
3. Konflik sosial
4. Lingkungan hidup
5. Sumber daya alam
6. Gejala alam Indonesia dan sekitarnya
7. Kegiatan ekonomi,uang,dan koperasi
8. Kegiatan ekspor dan impor
9. Koperasi
10. Pengetahuan peta
11. Perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
12. Sejarah dan sumber sejarah
13. Tokoh-tokoh sejarah pada masa hindu-budha
14. Tokoh-tokoh sejarah pada masa islam
15. Peninggalan sejarah Indonesia
16. Perjuangan bangsa Indonesia pada masa pendudukan jepang.
17. Perjuangan mempersiapkan merebut kemerdekaan
18. Detik-detik proklamasi 17 Agustus 1945
19. Perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan
20. Perkembangan teknologi produksi
21. Perkembangan teknologi komunikasi
22. Perkembangan teknologi dan transportasi

B. PEMBAHASAN
PENGERTIAN PELAPISAN SOSIAL
Istilah asli pelapisan sosial adalah social stratification yang berasal dari kata stratum atau strata yang berarti pelapisan. Dengan demikian pelapisan sosial merupakan penggolongan warga masyarakat kedalam kelompok-kelompok tertentu secara bertingkat-tingkat.
Proses terbentuknya pelapisan sosial dapat terjadi melalui dua cara,yakni secara alamiah dan secara di sengaja atau di rencanakan oleh manusia. Pelapisan sosial yang terjadi secara alamiah tidak dapat di lepaskan oleh kecenderungan bakat,minat, dan dukungan lingkungan. Adapun pelapisan sosial yang disengaja di rencanakan oleh manusia dapat di perhatikan pada organisasi politik seperti pembagian kekuasaan,pembentukan organisasi politik,dan lain sebagainya,
Pelapisan sosial terjadi karena adanya sesuatu yang dihormati dan dihargai dalam kehidupan masyarakat.Pembagian beberapa kelas[kelas atas,kelas menengah,kelas bawah]terjadi karena adanya perbedaan dalam memberikan penghargaan.Secara umum standar nilai dalam pelapisan sosial dapat dikelompokkan kedalam tiga kriteria,yakni kriteria ekonomi,kriteria sosial,dan kriteria politik ini bersifat terbuka,artinya setiap orang dapat menepati kelas sosial tertentu,baik kelas atas,kelas menengah,maupun kelas bawah,tergantung dari usaha dan kemampuan yang bersangkutan.
Konsep perbedaan sosial menunjukkan adanya perbedaan yang terdapat pada masyarakat tanpa memandang kelas-kelas sosial.Dengan demikian ,konsep perbedaan sosial lebih diartikan sebagai keragaman yang bersifat horizontal,bukan perbedaan kelas yang bersifat vertikel.
Perbedaan sosial mengandung cirri-ciri sebagai berikut.Pertama,ciri ciri fisik,yakni cirri cirri yang berhubungan dengan sifat sifat yang ditunjukan oleh ras.Kedua,cirri cirri sosial,yakni cirri cirri yang berhubungan dengan fungsi masyarakat .Ketiga ,ciri cirri budaya ,yakni cirri cirri yang berhubungan adat istiadat dan kebudayaan yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.
Perbedaan sosial dapat menyebabkan timbulnya pelapisan sosial karena perbedaan sosial dapat mempenggaruhi seseorang dalam memberikan pertimbangan,penilaian,dan akhirnya pemilihan terhadap suatu golongan tertentu yang dianggapnya cocok dengan bakat,minat,dan kenyakinannya .Namun demikian,tidak semua perbedaan sosial yang ada akan mengarah kepada terbentuknya pelapisan sosial ,meskipun pelapisan sosial sangat berperan dalam mengekalkan perbedaan sosial.
Bentuk-bentuk perbedaan sosial dapat dibedakan atas enam macam,yakni:
1. perbedaan sosial berdasarkan jenis kelamin.
2. Perbedaan ras
3. Perbedaan profesi
4. Perbedaan klan
5. Perbedaan suku bangsa
6. Perbedaan agama


INTERAKSI SOSIAL
Interaksi sosial merupakan hubungan timbale balik atau proses saling mempengaruhi yang terjadinya antara sesama manusia.Interaksi sosial merupakan dasar bagi pembentukan sebuah system masyarakat.karena melalui interaksi sosoal itulah setiap orang akan dimungkinkan untuk saling mengenal dan secara sadar membentuk sebuah system masyarakat. Dilihat dari bentuknya ,interaksi sosial dapat terjadi antara individu dengan individu,antara individu dengan kelompok,dan antara kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial di latar belakangi oleh beberapa faktor,antara lain motivasi,simpati,empati,sugesti, imitasi dan identifikasi.
Interaksi sosial memerlukan pola-pola baku yang di anggap ideal agar tercipta keteraturan sosial. Pola baku yang di anggap ideal tersebut memiliki beberapa syarat yaitu:
1. Memiliki tujuan,manfaat,dan kegunaan yag jelas
2. Sesuai dengan kaidah-kaidah atau norma-norma sosial yang berlaku.

Seperti yang telah di singgung pada bagian sebelumnya bahwa proses interaksi sosial dapat berlangsung apabila memenuhi dua syarat,yaitu adanya kontak sosial dan adanya komunikasi.


KONFLIK SOSIAL
Interaksi yang menghambat terciptanya keteraturan sosial adalah interaksi yang bersifat dinosiasif,yakni interaksi yang mengarah pada bentuk –bentuk pertentangan atau konflik,dapat menghambat terciptanya keteraturan sosial.
Demikian juga dengan antagonism sosial .Antagonisme sosial adalah suatu kondisi sosial yang mana didalamnya terdapat unsure unsure yang saling berlawanan satu sama lain sehingga mengganggu pencapaian integrasi sosial.
Secara garis besar terdapat dua factor yang menjadi penyebab timbulnya antagonism sosial yakni :factor-faktor yang bersifat individual dan factor factor yang bersifat sosial .Antagonisme sosial dapat menyebabkan terjadinya konflik sosial.Bentuk konflik sosial dapat beraneka macam,seperti konflik antar kelas, konflik antarras,konflik antar kelompok horizontal,konflikantar kelompok teritoral,konflik antar kelompok korporatif,konflik antarkelompok ideologis,dan lain sebagainya.
Konflik sosial merupakan benturan kepentingan antara dua orang atau lebih yang saling mempenggaruhi dalam proses interaksi sebagai akibat dari adanya perbedaan paham atau perbedaan kepentingan yang bersifat mendasar.Secara umum munculnya konflik diawali oleh adanya jurang pemisah yang meretakan proses interaksi sosial.Terjadinya konflik sosial antara lain disebabkan oleh:[1]adanya perbedaan pandangan yang berkenaan dengan persoalan prinsip,[2]adanya perselisihan paham yang membangkitkan emosi kedua belah pihak ,[3]adanya benturan kepentingan terhadap suatu objek yang sama ,[4]adanya perbedaansestem nilai dansistem norma yang terjadi dalam kehidupan masyarakat,dan[5]adanya perbedaan kepentingan politik,baik yang bersifat local ,nasional maupun internasional.
Wujud konflik sosial ditandai oleh adanya upanya saling menghancurkan satu sama lain secara tidak wajar dan tidak konstitusional.Konflik dapat terjadi antarindividu, antar individu dengan kelompok,dan antar kelompok dengan kelompok.Berkembangnya konflik sosial akan membawa beberapa akibat antara lain:[1]berkembangnya rasa solidaritas pada internal kelompok yang terlibat konflik ,[2]jatuhnya beberapa korban baik yang berupa hartamaupun nyawa,[3]berkembang perbedaan pendapat yang mengancam keutuhan dan kekompakan kelompoik,[4]berkembangnyadominasi kelompok yang menang terhadap kelompok yang kalah dalam konfliksehingga kelompok yang menangterhadap kelompok yang kalah dalam kelompokkonflik sehingga kelompok yang kalah akan menjadi pihak yang tertindas.
Interaksi yang mendorong terciptanya keteraturan sosial adalah interaksi yang bersifat asosiatif,yakni interaksi yang mengarah pada bentuk-bentuk asosiasi ,seperti kerja sama ,akomodasi,asimilasi,dan akulturasi.interaksi yang bersifat asosiatif menjadi syarat terjadinya keteraturan sosial .
Keteraturan sosial merupakan sebuah kondisi dinamis yang ditimbulkan oleh terciptanya sendi-sendi kehidupan masyarakat secara tertip dan teratur sesuai dengansestem nilai dan system norma yang berlaku .Keteraturan sosial merupakan gambaran tentang sebuah masyarakat yang tertib.Keteraturan sosial tersebut merupakan sebuah proses interaksi yang serasi, selaras,dan sembang di masing masing unsur didalam masyarakat tersebut berpengang teguh kepada system nilai dan system norma yang berlaku.Keteraturan sosial dapat terjadi mana kala didukung oleh beberapa unsur keteraturan sosial,yaitu:order,pola,keajengan,dan tertib sosial. Keteraturan sosial sangat berguna untuk menciptakan integrasi sosial.
Integrasi sosial merupakan proses mempersatukan masyarakat sehingga terjadi hubungan-hubungan yang harmonis yang di dasarkan atas tatanan-tatanan yang di sepakati bersama. menyatukan beberapa masyarakat sama artinya dengan membuang beberapa antagonism yang ada di dalam masyarakat yang bersangkutanh dan sekaligus menghentikan pergolakan yang dapat mengancam integrasi.
Langkah-langkah yang dapat di tempuh untuk mencapai integrasi antara adalah:.
· membatasi konflik-konflik yang ada,
· .membuat kompromi-kompromi bersama,
· .mengembangkan rasa solidaritas bersama.


LINGKUNGAN HIDUP
Pengertian lingkungan hidup
Undang-undang no.23 tahun 1997 menjelaskan bahwa lingkungan hidup adalah kesartuan ruang dengan semua benda dan keadaan makhluk hidup,termasuk didalalmnya manusia dan prilakunya,melangsungkan prikemanusiaan demi kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.
Lingkungan hidup terdiri tiga unsur:
1. Unsure abiotik
2. Unsure biotik
3. Unsur budaya
Kenampakan alam adalah suatu kenampakan yang terjadi secara alami,masih asli,dan belum disentuh oleh tangan manusia. Kenampakan alam di bedakan atas dua macam,yakni:
1. kenampakan alam wilayah daratan
2. kenampakan alam wilayah perairan
Kenampakan wilayah daratan antara lain gunung,pegunungan,lereng,daratan tinggi,daratan rendah,tanjung,dan pantai. Sedangkan kenampakan wilayah perairan antara lain danau,sungai,selat,dan laut.
Dalam mengolah dan memanfaatkan lingkungan alam tersebut harus bertanggung jawab terhadap klestarian lingkungan. Menjaga kelestarian lingkungan hidup sama artinya dengan menjaga kelangsungan hidup generasi yang akan datang. Menjaga kelestarian alam sama dengan menjaga kelangsungan hidup manusia. Sebaliknya ,segala bentuk kegiatan manusia yang mengakibatkan terjadi nya kerusakan alam akan menyebabkan terganggunya kelangsungan hidup manusia.


SUMBER DAYA ALAM
Berdasarkan sifat dan keadaannya,sumber daya alam dapat dikelompokkan menjadi dua jenis:
· .yakni sumber daya alam yang dapat diperbaharui[renewable resources] adalah sumber daya yang dapat dihasilkan kembali setelah kita menggunakanya.
Sumber daya alam yang dapat diperbaharui tidak akan habis jika kita selalu berusaha untuk membudidayakan dengan sebaik baiknya.
Contohnya:Berbagai bahan makanan seperti beras,kentang ,jagung,sayur mayor,buah-buahan,umbi –umbian ,ikan sungai,ikan laut,daging susu,dan sejenisnya kita konsumsi secara terus menerus.
· .Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui[unrenewable resources]adalah sumber daya alam yang tidak bisa dibudidayakan atu dihasilkan lagi setelah digunakan sampai habis.
Menggingat persediaanya sangat terbatas dan sifatnya yang tidak dapat diperbaharui ,maka pemanfaatanya harus dilakukan secara efisien dan efektif.
Jenis maupun jumlah sumber daya alam tidaklah tersebar secara merata diberbagai daerah diindonesia.Masing masing didaerah Indonesia memiliki keistemewaan terkait dengan kandungan sumber daya alam yang dimiliki.Sumber daya alam yang ada merupakan kekayaan alam yang melimpah bagi Indonesia.Namun seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya ,bahwa sumber daya alam tersebut tidak akan memberikan manfaat apa-apa jika tidak dapat mengolahnya dengan baik .Untuk iti diperlukan upanya peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan yang memadai.


GEJALA ALAM DI INDONESIA DAN SEKITARNYA
Kawasan Asia Tenggara yang dilalui oleh dua deretan pengunungan ,yakni pengunungan mediteran dan pengunungan pasifik ,menjadikan Asia Tenggara sebagai tempat pertemuan lempeng-lempeng bumi sehingga menjadikan wilayahnya menjadi labil .Secara umum kawasan Asia Tenggara memiliki gejala alam yang sama,yakni terdapat gunung dan pengunungan serta sering terjadi gempa bumi ,baik gempa bumi vulkanik maupun gempa bumi tektonik.
Kawasan Asia Tenggara terletak disekitar garis katulistiwa ,terutama Indonesia yang dilewati o;eh garis katulistiwa tersebut .Negara –negara dikawasan Asia Tenggara pada umumnya beriklim tropis .Salah satu iklim tropis dapat menimbulkan beberapa pengaruh terhadap keadaan flora ,fauna,bahkan terhadap manusia.Di daerah yang beriklim tropis terdapat hutan tropika :dikenal juga dengan sebutan hutan belantara sehungan dengan banyaknya jenis pepohonan yang terdapat pada hutan tersebut.
Wilayah Negara kita memiliki potensi bencana yang setiap saat bisa terjadi. Adapun potensi bencana alm yang dimaksud adalah gempa bumi ;tsunami,banjir dan tanah longsor.


KEGITAN EKONOMI,UANG,DAN KOPERASI
Pada dasarnya usaha perekonomian masyarakat dapat dibedakan atas empat macam:
1.Bidang agraris
Negara Indonesia memiliki lahan [ertanian yang sangat subur ,sehingga dapat dikembangkan sebagai Negara agraris.Negara agraris adalah Negara yang mengandalkan lahan tanah untuk mengembangkan budi daya pertanian.
2.Bidang industry
Perindustrian merupakan suatu kegiatan yang mengolah barang mentah menjadi barang baku atau barang jadi.
3.Bidang perdagangan
Perdagangan merupakan kegiatan membeli dan menjual barang dengan tujuan mendapatkan laba atau keuntungan.
4.Bidang Jasa
Usaha dalam bidang jasa merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan dengan memberikan layanaan kepada masyarakakat yang membutuhkan.
Agar memberikan hasil yang baik ,berbagai macam usaha tersebut perlu dikelola dengan sebaik -baiknya baik dilakukan oleh perorangan maupun oleh kelompok. Salah satu usaha perekonomian yang penting untuk di pelajari adalah koperasi yang penyelanggaraannya di atur dalam UU no.25 tahun 1992 tentang perekonomian. Koperasi merupakan badan usaha milik bersama yang di dasarkan atas asas kekeluargaan
Selain koperasi ,terdapat beberapa usaha lain yang di kelola oleh kelompok,antara lainbadan usaha milik Negara(BUMN) firma (Pa),persekutuan kumanditer(CV)perseruan terbatas(PT).
Secara garis besar kegiatan ekonomi di Indonesia dapat di kelompokan menjadi tiga macam,yaitu kegiatan produksi,kegiatan distribusi dan kegitan konsomsi. Kegiatan produksi adalah kegiatan yang menghasilkan barang atau jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup. Kegiatan distribusi melibatkan beberapa pihak,di antaranya adalah agen,pedagang besar,dan pedagang eceran. Agen adalah orang atau badan usaha yang ditunjukan oleh produsen untuk menyalurkan barang-barang hasil produksinya. Pedagang besar atau grosir adalah orang atau badan yang membeli barang dalam jumlah yang besar,untuk di jual lagi kepada pedagang eceran.

KEGIATAN EKSPOR DAN IMPOR
Sejalan dengan kemajuan dalam bidang tehnologi informasi dan transportasi ,hubungan mengirim maupun mendatangkan barang –barang produksi luar negeri kenegara kita itulah yang disebut dengan kegiatan impor.
Sedangkan kegiatan untuk mengirim barang-barang produksi luar negri menuju Negara manca itulah yang dikenal dengan kegiatan ekspor.Secara garis besar barang-barang yang diekspor oleh bangsa Indonesia dikategorikan menjadi dua macam ,yakni barang migas dan barang nonmigas.sedangkan barang yang di impor oleh bangsa Indonesia adalah hasil industri,hasil pertambangan,hasil pertanian,hasil perternakan,dan jasa.
Kegitan ekspor dan impor sangat bermanfaat bagi bangsa Indonesia .Adapun manfaat ekspor bagi Indonesia antara lain adalah :
1.Memasarkan hasil produksi
2.Membuka lapangan kerja baru
3.Menambah pendapatan negara
4.Meningkatkan kesejahteraan rakyat
Sedangkan manfaat dari kegiatan impor bagi Indonesia adalah terpenuhinya beberapa barang yang dibutuhkan sehingga kegiatn hidup dalam menjalankan secara normal.


KOPERASI
Istilah koprasi berasal dari basa ingris ,yakni cooperation yang berarti bekerja secara bersama sama.Dari kata cooperation tersebut kemudian berkembanglah kata koprasi yang berarti kerja sama yang dilakukan antara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu.
Pada dasarnya berdirinya suatu koperasi didasari oleh kesadaran untuk bekerja sama guna mencapai tujuan bersama pula .Secara um um tujuan koprasi adalah :
1.Untuk menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh para anggota
2.Untuk mempermudah para anggota koperasi dalam memperoleh modal usaha
3.Untuk mendorong perkembangan usaha para anggota koperasi
4.Untuk mencegah para anggota koperasi agar terhindar dari praktik rentenir
5.Untuk meningkatkan kesejahteraan angota koperasi
Untuk mencapai tujuan dan manfaat seperti diatas,maka dalam suatu koperasi terjadi senergi antara tiga kelengkapan yaitu,rapat anggota ,pengurus,dan pengawas.
Berdasarkan keanggotaannya ,koperasi dapat dibedakan menjadi beberapa macam ,seperti
1.koperasi sekolah
2.Koperasi Unit Desa[KUD]
3.Koperasi Pegawai Negeri[KPN]
Berdasarkan jenis usahanya ,koperasi dapat dibedakan menjadi beberapa macam,seperti
1.Koperasi simpan pinjam
2.Koperasi produksi
3.Koperasi konsumsi
4.Dan koperasi serba usah


PENGETAHUAN PETA
Peta adalah gambaran seluruh atau sebagian permukaan bumi yang dilukiskan pada suatu bidang datar dengan menggunakan per bandingan tertentu. Peta terdiri dari beberapa bagian ,yakni judul peta,garis tepi,garis astronomis,dan skala.Peta memiliki perbedaan dengan atlas dan globel.
Judul peta adalah topic atau tema dari peta yang digambarkan .Garis tepi peta adalah batas –batas gambaran peta pada bagian tepi.
Garis astronomis meliputi dua macam yakni:
1.Garis bujur adalah garis membujur yang menghubungkan dua buah kutub ,yakni kutup utara dan kutup selatan.
2.Garis lintang adalah garis melintang yang membagi bumi menjadi dua bagian,yakni bagian utara dan bagian selatan.
Skala adalah perbandingan jarah antara dua titik pada peta dengan jarah sebenarnya yang ada dalam permukaan bumi.Terdapat tiga jenis ,yakni:
1.Skala pecahan [numeric scale]
2.Skala inci [verbal scale]
3.Skala grafik [graphic scale]
Sedangkan legenda adalah keterangan gambar atau symbol yan g terdapat dalam peta.
Membuat dan membaca peta harus memperhatikan tata warna peta,yakni digunakan untuk memperjelas perbedaan suatu tempat dengan tempat lain yang dilukiskan dalam peta.Pembuatan peta harus dilakukan berdasarkan tiga tahap ,yakni tahap persiapan,tahap pelaksanaan ,maupun tahap penyelesaian.


PERKEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI WILAYAH INDONESIA
Pada awal kemerdekaan,wilayah Indonesia dibagi menjadi delapan propinsi.Dari tahun ketahun jumlah propinsi diindonesia selalu mengalami perkembangan,karena:laju pertumbuhan penduduk yang pesat,adanya petumbuhan ekonomi ,adanya peningkatan dalam hal pertahanan dan keamanan.Bersamanya dengan berlakunya undang –undang otonomi daerah ,sejak tahun 1999 diadakan pembentukan beberapa propinsi baru.Sampai tahun 2002wilayah Indonesia terdiri atas 32 propinsi.
Luas wilayah Indonesia adalah 9.790.754 km2,yang terdiri atas 1.890.754 km2 luas daratan dan 7.900.000 km2luas perairan .Pada saat merdeka ,luas wilayah Indonesia adalah 3 mil[5,5 km] dihitung dari garis laut pada saat surut.Pada tanggal 13 Desember 1957 pemerintah Indonesia mengungumkan Deklarasi di juanda yang berisis tentang ketentuan wilayah perairan Indonesia. Konvensi hukum laut internasional di jamaika,amerika tengah tahunn1982 ,mengakui wilayah perairan Indonesia yang meliputi:perairan nusantara,laut teritorial ,batas landas kontenen,dan zona ekonomi ekslusif(ZEE). Pemamfaatan sumber daya alam laut harus memperhatikan kelestarian lingkungan.


SEJARAH DAN SUMBER SEJARAH.
Sejarah merupakan suatu kisah atau suatu cerita tentang kehidupan manusia pada masa lalu. Sejarah mencatat peristiwa masa lalu yang memiliki arti penting bagi kehidupan sekarang yang di dasarkan pada jejak-jejak kehidupan yang di tinggalkan. Jejak-jejak kehidupan itulah yang di kenal dengan istilah peninggalan sejarah.dengan kata lain,peninggalan sejarah adalah jejak-jejak kehidupan masa lalu yang digunakan sebagai salah satu sumber penulisan sejarah.
Sumber sejarah di bedakan menjadi dua macam,yakni sumber sejarah yang berupa peninggalan-peniggalan dan sejarah yang berupa catatan-catatan.
Sumber sejarah yang berupa peninggalan meliputi:
· peninggalan –peniggalan manusia,surat,sastra,dokumen umum,catatan bisnis dan sejumlah inkripsi tertentu,
· bahasa,adat istiadat,dan lembaga-lembaga,
· alat-alat dan artivak lainya.
Sumber sejarah yang berupa catatan-catatan di bedakan menjadi dua macam,yakni:
1. .sumber lisan ,yang meliputi balada,anekdut,cerita,saga,fonograp dan recording,
2. .sumber tulisan ,yakni meliputi kronik,annal,biografi,genealogi,memoir,catatan harian dan sejumlah inskrifsi tertentu,dan ,3.karya seni,yang meliputi potret,lukisan sejarah,patung,mata uang,medali,sejumlah lilin,kiniskop,dan lain-lain.
Sumber sejarah juga di kelompokan menjadi sumber pertama dan sumber kedua. Sumber pertama adalah sumber asli,yakni bukti yang sezaman dengan terjadinya suatu peristiwa. Sedangkan sumber kedua adalah suatu yang merupakan hasil tulisan para sejarawan berdasarkan sumber-sumber pertama disebut dengan. Jika sejarawan menggunakan sumber kedua maka hasil tulisannya merupakan hasil sumber ketiga,begitu seterusnya.


TOKOH-TOKOH SEJARAH PADA MASA HINDU-BUDHA
Pada pendirian kerajaan hindu tertua di Indonesia tersebut. Kudunga merupakan tokoh yang meletakan dasar-dasar bagi bangsa Indonesia dalam memasuki era sejarah dan meniggalkan era pra sejarah.
Purnawarman merupakan seorang raja yang terkenal dari kerajaan taruma Negara,yakni kerajaan hindu yang tertua di pulau jawa dan sekaligus kerajaan hindu yang tertua kedua di Indonesia setelah kerajaan kutai.
Balaputra dewa adalah raja yang terbesar dari kerajaan sriwijaya.balaputr dewa sendiri memerintah kerajaan sriwijaya pada abad ke-9 M. prestasi yang di ukir oleh bala purta dewa antara lain menjadikan sriwijaya sebagai kerajaan nusantara yang pertama,menjadikan sriwijaya sebagai Negara maritim yang tangguh,menjadikan sriwijaya sebagai pusat perdagangan internasional,serta menjadikan sriwijaya sebagai pusat agama dan ilmu pengetahuan.
Hayam wuruk merupakan seorang raja yang terbesar dari kerajaan majapahit yang didirikan oleh raden wijaya pada tahun 1294 M. pada tahun 1350 hayam wuruk menerima kekuatan sebagai raja. Pada masa pemerintahan nya lah kerajaan majapahit mengalami masa kejayaan. Wilayah kekuasaannya meliputi hamper seluruh wilayah Indonesia saat ini ditambah dengan wilayah singapura,malaisya dan Filipina bagian selatan. Dibawah kekuasaannya kerajan maja pahit berkembang sebagai sebuah Negara agraris dan sekaligus Negara maritime.
Kejayaan kerajaan maja pahit tidak dapat dilepaskan peranan gajah mada. Gajah mada merupakan tokoh besar yang berhasil mempersatukan nusantara dibawah kekuasaan kerajaan majapahit sekaligus berhasil menjaga stabilitas keamanan di seluruh wilayah kekuasaan kerajaan majapahit.


TOKOH-TOKOH SEJARAH PADA MASA ISLAM
Sultan Malik Al-saleh adalah raja pertama yang memerintah dikesultanan samutra pasai,kerajaan islam yang pertama Indonesia yang mulai berkembang pada abat ke-13 masehi.Kesultanan Samutra pasai memengang peranan sebagai pusat penyebaran agama islam dan sebagai pusat perdagangan di Nusantara.

Kesultanan Aceh mengalami masa kejayaan dibawah pemerintahan Sultan Iskandar Muda .pada saat itu wilayah kekuasaan Aceh meliputi sebagian besar pulau Sumatra,Johor,Pahang,dan Kedah yang berada di semenanjung Malaya.Aceh ber kembang sebagai pusat perdagangan sekaligus sebagai pusat prnyebaran agama islam nusantara ,mengantikan peranan Kesultanan samutra pasai.
Raden Patah adalah pendiri dan sekaligus sultan pertama dikelsultanan Demak,kerajaan islam yany pertama di Pulau jawa yang berdiri sejak abat ke-16 masehi.Kesultanan Demak berkembang sebagai pusat perdagangan dan sebagai pusat penyebaran agama islam,baik dijawa maupun diluar jawa .
Sultan Trenggona Kesultanan Demak pada tahun 1521 mengalami masa kejayaan
Para Ulama yang aktif menyebarkan agama islam di pulau jawa dikenal dengan sebutan Wali Songo yang bernama Syarif Hidayatullah ,pada tanggal 22 juni 1527 Syarif Hidayatullh berhasil merebut pelabuhan Sunda kepala yang kemudian dirubah menjadi Jayakart yang berarti memperoleh anugrah kemenangan .
Untuk mendukung system monopoli ,pada tahun 1619 Gubernur Jendral jean Pieterzooncoen berhasil merebut jayakarta dan namanya diganti dengan Batavia.Tindakan VOC di batia sangat merisaukan S ultan Agung yang berkuasa di kerajaan Mataram.itulah sebabnya Sultan Agung bermaksud mengusir kedudukan VOC di Batavia pada tahun 1628 dan 1629.
Kerajaan Gowa-Tallo mencapai masa kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Hasanuddin [1653-1669 masehi] .Dibawah kekuasaan Sultan Hasanuddin,Kerajaan Gowa-Tallo berkembang menjadi pel abuhan Internasional.Sultan Hasanuddin bangkin memimpin perjuangan menghadapi Belanda yang berusaha merebut Kerajaan Gowa-Tallo .Dia berpendirian bahwa laut merupakan kepunyaan Allah dan semua manusia memiliki hak untuk memamfaatkanya .Karena kegigihan dalam menghadapi kekuatan Belanda ,Sultan Hasanuddin mendapat julukan Ayam Jantan dari Timur.


PENINGGALAN SEJARAH DI INDONESIA
Peniggalan sejarah yang bercorak hindu dan budha antara lain berupa prasasti ,candi,dan karya sastra. Prasati adalah peninggalan sejarah yang berupa batu bertulis,seperti prasati yupa,prasati ciaruteun,dan sebagainya. Candi adalah bangunan yang digunakan untuk memluliakan orang yang sudah meninggal dunia,terutama para raja atau tokoh yang terkenal dalam suatu kerajaan. Misalnya:candi prambanan,candi borobudur ,dan sebagainya. Karya sastra yang bercorak hindu pada umumnya berbentuk epos atau wiracarita,yakni karya satra yang ebrisi tentang cerita ke pahlawanan. Misalnya:kitab barat tayuda,kitab arjunawiwaha,dan sebagainya.
Agama islam berkembang di nusantara dengan cara damai. Peniggalan sejarah yang bercorak islam di antaranya berupa mesjid,makam,seni ukir,dan karya sastra. Mesjid adalah
Tempat sholat(tempat sembahyang)bagi umat islam. Makam adalah tempat penguburan jenazah bagi umat islam. Seni umir yang dikembangkan dalam kebudayaan islam bercorak daun-daunan,bungga-bungaan,bukit karang,pemandangan,garis-garis geomitri,dan sebagainya. Karya satra yang bercorak islam antara lain berbentuk suluk,syair,hikayat,dan babad. Suluk adalah karya sastra yang berisi ajaran tasauf,seperti suluk sunan Bonang. Syair adalah karya satra yang berisi sajak-sajak yang trdiri dari empat baris. Hikayat adalah karya satra yang berisi cerita atau dongeng yang dikaitkan dengan tokoh sejarah,seperti hikayat raja-raja pasai. Babad adalah cerita sejarah yang di kaitkan dengan kepercayaan,misalnya:babad tanah jawi.


PERJUANGAN BANGSA INDONESIA PADA MASA PENDUDUKAN JEPANG.
Indonesia masih berada dalam jajahan belanda ketika pasukan jepang secara bertahap memasuki wilayah Indonesia. Dibawah pemimpin letnan jendral hitoshi Imamura,jepang mulai menduduki beberapa wilayah Indonesia. Pada tanggal 8 maret 1942,pemerintahan india belanda menyerah tanpa syarat kepada jepang. Dengan demikian secara resmi jepang memulai masa pendudukannya di Indonesia.
Jepang berusaha keras untuk mendapatkan simpati dari rakyat Indonesia,terutama para pemimpin pergerakan nasional. Hal ini dilakukan agar rakyat Indonesia mendukung perang jepang dalam mengahadapi sekutu. Di antaranya dengan membentu beberapa organisasi,seperti gerakan tiga A,pusat tenaga rakyat(putra),pembantu perajurit atau haiho,dan pembela tanah air(peta). Tetapi sikap manis jepang terhadap bangsa Indonesia tidak bertahan lama. Selain menguras habis hasil bumi Indonesia ,jepang juga menerapkan rhomusa kepada rakyat Indonesia.
Pemerintahan pendudukan jepang yang kejam telah menimbulkan penderitaan lahir batin bagi bangsa Indonesia. Penderitaan tersebut telah menimbulkan semangat perlawanan dikalangan Indonesia. Tokoh –tokoh bangsa bangkit memimpin pemberontakan menghadapi kekejaman bangsa dan kebengisan yang dilakukan oleh pemerintah pendudukan jepang.


PERJUANGAN MEMPERSIAPKAN MEREBUT KEMERDEKAAN
Terjatuhnya pulau saipan memaksa jendral Tojo meletakan jabatan sebagai perdana mentri dan digantikan jendral koiso kuniaki. Karena keadaan yang semakin mendesak ,tanggal 7 sebtember 1944 jendral koiso kuniaki menyampaikan pengumuman bahwa Indonesia diperkenankan merdeka kelak dikemudian hari,untuk menarik simpatik rakyat Indonesia agar memberikan dukungan terhadap posisi jepang.
Pada tanggal 1 maret 1945 jepang mengumumkan akan didirikannya dokuritsu junbi chosakai yang bertugas untuk mempelajari dan mempersiapkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Badan yang dimaksud didikan pada tanggal 29 april 1945 dengan nama badan penyelidik usaha-usaha persiapan kemerdekaan Indonesia(BPUPKI).
Pada tanggal 29 mei 1945 sampai dengan tnggal 1 juni 1945,BPUPKI menyelenggarakan sidang pertama dengan agenda perumusan bagi dasar Negara Indonesia merdeka. Dalam siding tersebut tampillah tiga tokoh yang memberikan beberapa gagasan tentang dasar Negara Indonesia merdeka. Ketiga yang di maksud adalah Mr.Muhammad yamin,Mr soeporno dan Ir.soekarno.
pada tanggal 22 juni 1945 BPUPKI membentuk sebuah panitia yang secara khusus bertugas untuk membahas gagasan-gagasan yang telah di ajukan Mr.Muhammad yamin,Muhammad soeporno,dan Ir soekarno. Untuk selanjutnya di rumuskan menjadi dasar Negara Indonesia merdeka yang dikenal dengan istilah panitia Sembilan. Tanggal 22 juni 1945 panitia Sembilan menyelenggarakan siding yang menghasilkan rumusan dasar Negara Indonesia merdeka yang Mr.Muhammad yamin diberi nama piagam Jakarta atau Jakarta Charter.
Pada tanggal 17 agustus 1945 diresmikan panitia persiapan kemerdekaan Indonesia (PPKI). Selanjutnya tugas BPUPKI diteruskan oleh PPKI ,yakni berusaha mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kemerdekaan Indonesia. Untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik,para anggota PPKI di izinkan kegiatatan menurut pendapat dan kesanggupan bangsa Indonesia sendiri.


DETIK-DETIK PROKLAMASI 17 AGUSTUS 1945
Kemerdekaan bangsa Indonesia dicapai dengan perjuangan yang gigih di sertai denganpengorbanan yang ikhlas dari para pahlawan bangsa. Peristiwa proklamasi terdiri dari beberapa rangkaian peristiwa penting,di antaranya adalah:peristiwa rengas dengklok,penyusun teks proklamasi,dan detik-detik proklamasi. Peristiwa rengas dengklok terjadi sebagai akibat adanya perselisihan pendapat antara kelompok muda dan kelompok tua mengenai waktu proklamasi. Dalam pristiwa rengas dengklok tersebut kelompok muda membawa ir.soekarno dan Drs.M.hatta menuju daerah rengas dengklok sambil mendesak agar Ir.soekarno dan Drs.M.hatta segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
Perumusan teks proklamasi dilaksakan pada tanggal 16 agustus 1945,oleh Drs.M.Hatta,Ahmad subarjo,dan Ir.Soekarno,disaksikan oleh pejuang lain . perumusan dilakukan di kediaman laksamana muda tadashi maeda.,jalan imam bonjol No.1 jakarta. Teks proklamasi yang otentik adalah teks yang diketik oleh sayuti melik dan di tanda tangani oleh Ir.soekarno dan Drs.M.hatta atas nama bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan Indonesia dikumandangkan pada hari jum’at tanggal 17 agustus 1945,pukul 10 wib,dijalan pegangasan timur no.56 jakarta.
Dua organisasi yang sangat berperan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia adalah BPUPKI yang dipimpin oleh Dr.Rajiman widyo diningrat dan PPKI yang di pimpin oleh Ir.soekarno. sidang BPUPKI tanggal 28 mei s/d 1 juni 1945 telah merumuskan dasar Negara pancasila dan rancangan undang-undang dasar. Siding PPKI pada tanggal 18 agustus 1945 telah mengambil tiga keputusan penting,yakni mengesahkan dan menetapkan undang-undang dasar RI (UUD1945),menganggkat presiden dan wakil presiden RI,dan membentuk KNIP.


PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN
Proklamasi kemerdekaan bukanlah akhir dari perjuangan karena bangsa Indonesia harus menghadapi tentara sekutu,pertama belanda,yang tidak mengakui kemerdekaan Indonesia. Hanya ada satu pilihan bagi bangsa Indonesia,yaitu berjuang dengan gigih untuk mempertahankan kemerdekaan. Beberapa bukti betapa gigihnya perlawanan bangsa Indonesia terhadap sekutu antara lain:peristiwa 10 november 1945 di Surabaya ,pertempuran ambarawa , bandung laut api,pertempuran medan area,dan sebagainya.
Perjanjian linggar jati dilaksanakan pada tanggal 10 november 1946 dan di tanda tangani oleh pihak Indonesia dan belanda pada tanggal 25 maret 1947. Namun belanda melanggar isi perjanjian linggar jati dengan melancarkan agresi militer pertamanya pada tanggal 21 juli 1947.
Komisi tiga Negara(KTN) merupakan komisi jasa baik yang terdiri dari Australia,belgia dan amerika serikat. Pada tanggal 8 desember 1947 dilaksanakan perjanjian Renville dan hasilnya ditanda tanggani oleh pihak Indonesia dan belanda pada tanggal 17 juni 1948.
Ditengah perjuangan menghadapi belanda ,bangsa Indonesia harus menghadapi penghiyanatan PKI dan pada tanggal 18 september 1948 .Namun Belanda kembali melanggar perjanjian Renville dengan melancarkan agresi melittir kedua pada tanggal 19 Desember 1948 .Akhirnya melalui KMB akhirnya belanda mengakui kedaulatan bangsa Indonesia.



PERKEMBANGAN TEHNOLOGI PRODUKSI
Tehnologi Produksi Pada Masyarakat Tradisional
Pemanfaatan sumber daya alam untuk meng hasilkan barang –barang kebutuhan sudah dilaksanakan oleh masyarakat sejak zaman dulu.Namun masyarakat tradisional menggunakan tehnologi produksi yang sangat sederhana .pada zaman dahulu masyarakat hanya mengunakan peralatan sederhana yang didukung oleh tenaga otot.itulah sebabnya hasil kegiatan produksi sangat terbatas, baik dari segi jumlah maupun kualitas .Barang –barang yang dihasilkan oleh masyarakat trasional ,selain jumlahnya yang sangat sedikit juga kualitasnya yang sangat terbatas.
Masyarakat tradisional mengemburkan tanah dengan menggunakan cangkul dan bajak untuk mengolah lahan pertanian .Mereka hanya menggunakan tangan untuk menanam padi.Sabit mereka gunakan menyiangi rumput yang menganggu pertumbuhan tanaman padi.Untuk menjaga kesuburan tanah mereka hanya mengunakan kotoran hewan dan dedaunan sebagai popok.Setelah padi menguning ,mereka memetiknya dengan menggunakan alat sederhana yang disebut dengan ani-ani .Padi-padi yang telah dipetik akan ditumbuk mengunakan alat yang disebut lesung dan alu.Masyarakat tradisional hanya mengunakan alat pintal bukan mesin[APBN]dan alat tenun bukan mesin[ATBN]untuk memproduksi pakaian .Untuk memperindah hasil tenun mereka akan mengunakan pewarna dari dedaunan.
Tehnologi Produksi Pada masyarakat Modern
Kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi telah mendorong manusia untuk menciptakan alat-alat produksi yang mengunakan mesin modern. Masyarakat yang mengembangkan ilmu pengetahuan dan mengunakan tehnologi modern disebut sebagai masyarakat modern.pengunaan tehnologi modern diantaranya adalah traktur untuk mengolah lahan pertanian,pupuk buatan untuk menyuburkan tanah ,dan insektisida untuk membasmi hama.Masyarakat modern menciptakan mesin penggiling,mesin penumpuk,mesin pelumat,mesin [emasak,mesin pengawet,dan lain sebagainya.


PERKEMBANGAN TEHNOLOGI KOMUNIKASI
Manusia memang tidak dapat hidup hanya dengan dirinya sendiri .Sebaliknya manusia selalu membutuhkan bantuan kerja sama orang lain .Oleh karena itu antara sesame manusia harus saliiiing berhubungan agar dapat saling menolong dalam kehidupan sehari-hari .untuk dapat berhubungan dengan orang lain kita perlu memliki kesamaan bahasa ,baik bahasa lisan,bahasa tulisn,maupun bahasa isyarat.selanjutnya untuk melakukan hubungan dengan orang lain kita juga memerlukan alat –alat tertentu. Peralatan yang kita gunakan untuk berhubungan dengan orang lain itulah yang disebut dengan tehnologi komunikasi.
Sejak zaman dahulu manusia sudah melakukan hubungan satu sama lain meskipun dengan peralatan yang sangat sederhana .Hubungan antara sesame manusia dikenal juga dengan istilah komunikasi .Berkomunikasi yang saling sederhana adalah tatap muka secara langsung dengan menggunakan bahasa lusan maupun bahasa isyarat.
Karena kesibukan yang sangat padat masyarakat modern dituntut untuk dapat melakukan komunikasi secara cepat dan tepat itulah masyarakat modern menciptakan berbagai macam peralatan yang cangih,seperti pesawat telpon,pesawat radio,televise,faksimili,enternet dan sebagainya.


PERKEMBANGAN TEHNOLOGI DAN TRANSPORTASI
Dengan demikian alat transportasi adalah alat yang digunakan untuk mengangkut barang atau penumpang dari tempat tertentu menuju tempat yang lain sesuai dengan keinginan. Alat transportasi sudah dibutuhkan oleh manusia,sejak zaman dahulu kala. Bedanya zaman masyarakat tradisional membuat dan menggunakan alat transportasi dengan tehnologi yang sederhana,sedangkan masyarakat modern membuat dan menggunakan alat traansportasi dengan tehnologi canggih.
Masyarakat membuat alat transportasi yang sederhana untuk mengangkut penumpang atau barang dari suatu tempat menuju tempat yang lain yang dibuat menggunakan tenaga otot atau tenaga bantu,tenaga angin saja. Masyarakat tradisional belum mengenal alat tranportasi udara,melainkan sebatas alat transportasi darat dan air.
Dengan dukungan ilmu pengetahuan tehnologi itu pula lah masyarakat modern berhasil mencimpatkan berbagai alat transportasi,baik alat transportasi darat,alat transportasi air maupun alat transportasi udara. Berbagai alat transportasi tersebut di gerakkan oleh tenaga mesin.


PERKEMBANGAN BANGSA INDONESIA PADA ERA GLOBALISASI
Kemajuan dalam tehnologi informasi dan tehnologi komunikasi telah menimbulkan terjadinya komunikasi yang cepat dan mudah antara berbagai bangsa diseluruh dunia.Hubungan antar manusia yang semakin mendunia itulah yang menimbulkan era globalisasi atau era informasi.
Eraglobalisasi dan era informasi telah menimbulkan terjadinya perubahan prilaku pada masyarakat,seperti gaya hidup ,makanan,pakaian,komunikasi,perjalanan,nilai-nilai,tradisi.Era globalisasi dapat menimbulkan berbagai macam damfak yang dibuktikan dalam bidang periklanan,pariwisata,perpindahan penduduk,dan telekomunikasi.Terhadap datangnya pengaruh asing bangsa Indonesia harus selalu bersikap bijaksana,yakni dengan bersikap selektif terhadap berbagai macam pengaruh yang datang dari bangsa asing.
Beberapa alas an yang mendorong beroperasinya perusaan asing adalah besarnya konsumen ,tersedianya tenaga kerja ,tersedianya bahan industry,dan adanya stabilitas keamanan.Keuntungan beroperasi perusaan asing di Indonesia adalah:tesedianya lapangan kerja,terjadinya peningkatan kesejahteraan ,terjadinya alih tehnologi,dan terjadinya peningkatan pendapatan Negara.Kerugian beroperasinya perusaan asing Indonesia adalah terjadinya peralih fungsi lahan dan terjadinya pencemaran lingkungan.


KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA INDONESIA
Konsep Dasar Multikultural
Konsep keanekaragan masyarakat [masyarakat majemuk] diuraikan oleh J.S.Funival segai suatu masyarakat yang terdiri atas dua atau lebih komunitas atau kelompok-kelompok yang secara cultural dan ekonomik terpisah pisah serta memiliki struktur kelembagaan yang berbeda-beda satu sama lain.
Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat majmuk ,yakni masyarakat yang terdiri dari beraneka ragam suku bangsa ,adat istiadat,bahasa,agama,dan sebagainya.Oleh karena itu masyarakat Indonesia merupakan suatu masyarakat dari sebuah Negara bangsa[nation state].
Keaneka ragaman atau kemajmukan masyarakat Indonesia dilator belakangi oleh beberapa factor berikut ini:
1.Letak geografis Indonesia berada pada posisi silang ,yakni terletak antara dua samutra [samudera hindia dan samudera pasifik] dan antara dua benua [benua asia dan benua autralia]
2. Kondisi geografis yang meliputi kurang lebih 13.667 pulau besar dan kecil
3. Adanya perbedaan dalam hal iklim dan struktur tanahnya.
C.Van Vollenhoven membagi masyarakat Indonesia menjadi Sembilan belas hokum adat yang dikenal sebagai daerah kebudayaan atau culture area.LKesembilan belas daerah kebudayaan yang dimaksud adalah:
1.Aceh,2.Gayo,Alas,dan Batak,2a.Nias dan Batu,3.Minangkabau,3a.Mentawi,4.Sumatra Selatan 4a.Enggano,5.Melayu,6.Bangka Belitung ,7.Kalimantan ,8.Minahasa,8a.Sangir Talaud,9.Gerontalo,10.Toraja,11.Sulawisih Selatan/Makasar ,12.Ternate ,13.Ambon-Maluku,13a. Kepulauan darat daya ,14.irian,15.Timor ,16.Bali dan Lombok,17.Jawa Tengah dan Jawa timur,18.Sukarta dan Jogjakarta ,dan 19.Jawa Barat.

KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA
Bhineka tunggal ika mengandung dua pengertiaan ,yaitu :
1.Adanya kenyataan bahwa bangsa Indonesia terdiri dari beraneka ragam suku bangsa,agama,budaya,adat istiadat,bahasa dan sebagainya
2.Adanya suatu komitmen bahwa keaneka ragaman tersebut membentuk suatu kesatuan yang bulat dan menunggal,yakni bangsa Indonesia .Keaneka ragaman suku bangsa ,agama,budaya,adat ist iadat,bahasa, dan sebagainya itulah merupakan kekayaan yang tidak ternilai yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang merupakan aset nasional.Adapun keanekaragaman kebudayaan Indonesia dapat diuraikan secara singkat sebagai berikut:
1.Masyarakat aceh
2.Masyarakat Batak
3.Masyarakat Minang kabau
4.Masyarakat Jawa
5.Masyarakat Jawa
6.Masyarak Sunda
7.Masyarakat Bali
8.Masyarakat Dayak
9.Masyarakat Bugis-Makasar
10.Masyarakat Dani dan Asmat


SIKAP MENGHARGAI KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA INDONESIA
Negara kita terdiri dari aneka ragam suku cadang bangsa yang mendiami daerah-daerah diseluruh tanah air. Seluruh suku bangsa yang ada di Indonesia harus mengembangkan sikap saling menghormati dan sikap saling menghargai agar tercipta persatuan dan kesatuan. Tiap-tiap suku bangsa mengembangkan kebudayaan masing-masing sehingga membentuk aneka ragam kebudayaan di Indonesia.
Aneka ragam kebudayaan bangsa Indonesia dapat memperhatikan dalam bentuk bahasa daerah, kesenian daerah, rumah adat, pakaian adat, senjata tradisional dan sebagainya. Kebudayaan nasional akan berkembang jika kebudayaan daerah berkembang. Kebudayaan daerah merupakan akar dari kebudayaan nasional.






C. PENUTUP
1. Kesimpulan
Pelapisan sosial merupakan penggolongan warga masyarakat kedalam kelompok-kelompok tertentu secara bertingkat-tingkat.
Interaksi sosial merupakan hubungan timbale balik atau proses saling mempengaruhi yang terjadinya antara sesama manusia.
Konflik sosial merupakan benturan kepentingan antara dua orang atau lebih yang saling mempenggaruhi dalam proses interaksi sebagai akibat dari adanya perbedaan paham atau perbedaan kepentingan yang bersifat mendasar.
Undang-undang no.23 tahun 1997 menjelaskan bahwa lingkungan hidup adalah kesartuan ruang dengan semua benda dan keadaan makhluk hidup,termasuk didalalmnya manusia dan prilakunya,melangsungkan prikemanusiaan demi kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.
Sumber daya alam yang dapat diperbaharui tidak akan habis jika kita selalu berusaha untuk membudidayakan dengan sebaik baiknya.
Sumber daya alam yang dapat diperbaharui tidak akan habis jika kita selalu berusaha untuk membudidayakan dengan sebaik baiknya.
Pada dasarnya usaha perekonomian masyarakat dapat dibedakan atas empat macam:
1.Bidang agraris
2.Bidang industry
3. Bidang perdagangan
4.Bidang Jasa
Kegiatan untuk mengirim barang-barang produksi luar negri menuju Negara manca itulah yang dikenal dengan kegiatan ekspor.
Peta adalah gambaran seluruh atau sebagian permukaan bumi yang dilukiskan pada suatu bidang datar dengan menggunakan per bandingan tertentu.
Pada awal kemerdekaan,wilayah Indonesia dibagi menjadi delapan propinsi.Dari tahun ketahun jumlah propinsi diindonesia selalu mengalami perkembangan,karena:laju pertumbuhan penduduk yang pesat,adanya petumbuhan ekonomi ,adanya peningkatan dalam hal pertahanan dan keamanan.
Sumber sejarah di bedakan menjadi dua macam,yakni sumber sejarah yang berupa peninggalan-peniggalan dan sejarah yang berupa catatan-catatan.

Pada pendirian kerajaan hindu tertua di Indonesia tersebut. Kudunga merupakan tokoh yang meletakan dasar-dasar bagi bangsa Indonesia dalam memasuki era sejarah dan meniggalkan era pra sejarah.
Sultan Malik Al-saleh adalah raja pertama yang memerintah dikesultanan samutra pasai,kerajaan islam yang pertama Indonesia yang mulai berkembang pada abat ke-13 masehi.Kesultanan Samutra pasai memengang peranan sebagai pusat penyebaran agama islam dan sebagai pusat perdagangan di Nusantara.
Peniggalan sejarah yang bercorak hindu dan budha antara lain berupa prasasti ,candi,dan karya sastra. Prasati adalah peninggalan sejarah yang berupa batu bertulis,seperti prasati yupa,prasati ciaruteun,dan sebagainya.
Pada tanggal 17 agustus 1945 diresmikan panitia persiapan kemerdekaan Indonesia (PPKI).
Perumusan teks proklamasi dilaksakan pada tanggal 16 agustus 1945,oleh Drs.M.Hatta,Ahmad subarjo,dan Ir.Soekarno
Hanya ada satu pilihan bagi bangsa Indonesia,yaitu berjuang dengan gigih untuk mempertahankan kemerdekaan. Beberapa bukti betapa gigihnya perlawanan bangsa Indonesia terhadap sekutu antara lain:peristiwa 10 november 1945
Masyarakat tradisional mengemburkan tanah dengan menggunakan cangkul dan bajak untuk mengolah lahan pertanian
Kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi telah mendorong manusia untuk menciptakan alat-alat produksi yang mengunakan mesin modern.
Berkomunikasi yang saling sederhana adalah tatap muka secara langsung dengan menggunakan bahasa lusan maupun bahasa isyarat.
Dengan demikian alat transportasi adalah alat yang digunakan untuk mengangkut barang atau penumpang dari tempat tertentu menuju tempat yang lain sesuai dengan keinginan
Eraglobalisasi dan era informasi telah menimbulkan terjadinya perubahan prilaku pada masyarakat,seperti
Konsep keanekaragan masyarakat [masyarakat majemuk] diuraikan oleh J.S.Funival segai suatu masyarakat yang terdiri atas dua atau lebih komunitas atau kelompok-kelompok yang secara cultural dan ekonomik terpisah pisah serta memiliki struktur kelembagaan yang berbeda-beda satu sama lain.
Aneka ragam kebudayaan bangsa Indonesia dapat memperhatikan dalam bentuk bahasa daerah, kesenian daerah, rumah adat, pakaian adat, senjata tradisional dan sebagainya.
2. Saran-saran
Semoga rangkuman IPS ini dapat memberikan bekal terhadap guru dalam upaya meningkatkan kompetensi profesionalnya sekaligus dapat meningkatkan efektifitas proses pembelajaran sehingga belajar tidak lagi dirasakan sebagai sebuah kewajiban atau beban guru, tetapi menjadi kebutuhan sebagai bekal peningkatan kualitas diri agar pembelajaran yang di sajikan kepada peserta didik menjadi lebih bermutu.
Apabila ada kesalahan pengetikan, mohon di maklumi karena kita manusia biasa yang tak sempurna. Akhir kata semoga rangkuman ini bermanfaat dan dapat berguna di lain waktu.

No comments:

Post a Comment

Iklan