Thursday, December 16, 2010

Mengenal Kabel Lan Dan Urutan Warnanya beserta Fungsinye

berhubung kita sama2 belajar bareng!!, disini gw ga' membahas tentang dasar-dasar jaringan komputer dan cara untuk menghubungkan 2 komputer atau lebih, tapi lebih ditekankan gmane cara perakitan atau pemasangan kabel LAN. Umumnya ada 2 tipe pemasangan kabel UTP yaitu :

[list=1]
[*]TIPE STRIGHT OVER
Artinya ujung kabel yang satu dengan ujung kabel yang lainnya memiliki urutan kabel yang sama. Tipe ini digunakan untuk menghubungkan antara PC ke Switch, Router ke Switch atau Router ke HUB dan PC ke HUB, tipe ini digunakan untuk hubungan 2 komputer atau lebih. Setiap ujung kabel memiliki warna yg sama dengan ujung kabel yg satunya lagi.
Contoh :
1-2-3-4-5-6-7-8
Kode Warna
1 Orange putih
2 Orange
3 Hijau Putih
4 Biru
5 Biru Putih
6 Hijau
7 Coklat Putih
8 Coklat


Buat ujung lainnya mesti sama dengan yang diatas. klo lw make warna laennye terserah lw n lw mesti apal warnanya, lebih enak uat mengurutkan sesuai warna terang ke warna gelap. Setelah lw siapin warna tersebut bisa langsung dirakit kaya biasanya. Coba lw tester hasilnye, akan sama yang pada umumnya.

[*]TIPE CROSS OVER
Nah....pada tipe ini fungsinya untuk langsung menghubungkan 2 computer tanpa ada perantara lagi atu tanpa menggunakan Hub atw sejenisnya. Dan tentunye beda ama urutan kabel yg di atas tadi. Bedanye klo yang diatas masing2 ujungnye punya warna yang sama klo tipe Cross ini masing2 ujungnye beda.
Contoh :

Ujung A
1-2-3-4-5-6-7-8
Ujung B
3-6-1-7-8-2-4-5

No comments:

Post a Comment