Monday, January 24, 2011

delphi

Anda yang sudah familiar dengan Delphi tentunya tidak asing lagi dengan komponen-komponennya yang diletakkan pada palette. Pada Delphi 5 terdapat sekitar 19 palette. Dengan jumlah palette sebanyak itu tentunya Anda akan sering direpotkan dengan menggunakan scroll yang terletak pada kanan atas untuk berpindah dari satu palette ke palette yang lain.

Tapi untunglah Borland menyediakan satu feature yang tidak terdokumentasi yang dapat mempermudah kita untuk berpindah antar palette tersebut. Caranya adalah dengan sedikit otak-atik pada registry. Adapun langkah lengkapnya adalah sebagai berikut:

  1. Dari menu Start, pilih Run.
  2. Ketikkan regedit, klik OK.
  3. Pindah ke key:
    HKEY_CURRENT_USER\Software\Borland\5.0\
  4. Dari sini bikin subkey baru. Caranya klik kanan pada key 5.0. Dari menu yang muncul pilih New – Key. Beri nama sub key baru tersebut dengan Extras.
  5. Pindah ke subkey yang baru saja dibuat (subkey Extras).
  6. Buat sebuah String Value. Caranya klik kanan, pilih New – String Value. Beri nama dengan AutoPaletteScroll. Beri nilai pada AutoPaletteScroll dengan 1.
  7. Buat sebuah String Value lagi dengan nama AutoPaletteSelect dan beri nilai dengan 1.
Jika Anda telah mengubah registry dengan benar maka untuk berpindah antar palette Anda cukup meletakkan cursor mouse di atas judul palette (tanpa harus mengklik judulnya).


 
Tulisan ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul AutoScroll pada palette Delphi. Di sini kami tambahkan 2 feature tersembunyi lainnya yang dimiliki oleh Delphi 5.
1. Menampilkan bentuk font
Secara default, jika kita memilih property Font.Name pada Object Inspector maka yang tampil adalah nama fontnya. Dengan sedikit mengubah registry kita dapat menampilkan nama font beserta bentuk font-nya.
Caranya, tambahkan String Value baru bernama FontNamePropertyDisplayFontNames pada
HKEY_CURRENT_USER\Software\Borland\Delphi\5.0\Extras. Isi value data pada FontNamePropertyDisplayFontNames dengan 1.
2. Warna yang berbeda pada Object Inspector
Seperti yang telah kita ketahui, baik pada Properties maupun Events pada Object Inspector terdiri dari 2 kolom. Kolom sebelah kiri adalah untuk Property atau Events sedangkan kolom sebelah kanan adalah “Nilai”-nya. Nah, dengan otak-atik registry lagi kita dapat membuat warna kolom sebelah kanan sesuka hati kita. Caranya, tambahkan String Value baru bernama PropValueColor pada HKEY_CURRENT_USER\Software\Borland\Delphi\5.0\Globals. Lalu isi value data-nya dengan, misalnya clNavy, clRed, dsb.
Jika Anda tidak mau susah payah otak-atik registry, silakan copy baris di bawah ini dan simpan dengan nama file berekstensi .reg. Untuk memasukkan ke registry cukup klik 2x pada file tersebut.
Selamat mencoba.
REGEDIT4
[HKEY_CURRENT_USER\Software\Borland\Delphi\5.0\Extras]
“AutoPaletteSelect”=”1″
[HKEY_CURRENT_USER\Software\Borland\Delphi\5.0\Extras]
“AutoPaletteScroll”=”1″
[HKEY_CURRENT_USER\Software\Borland\Delphi\5.0\Extras]
“FontNamePropertyDisplayFontNames”=”1″
[HKEY_CURRENT_USER\Software\Borland\Delphi\5.0\Globals]
“PropValueColor”=”clRed”
 

No comments:

Post a Comment

Iklan