Monday, January 24, 2011

Membuat Flashdisk Sebagai RAM Vista & XP Ready

Membuat Flashdisk Sebagai RAM Vista & XP Ready

RAM adalah memory yang digunakan oleh komputer untuk menyimpan data sementara. RAM juga berguna untuk menyimpan sementara (temporer) file-file program yang dijalankan pada saat kita bekerja dengan komputer kita. Flashdisk dan RAM, jika dilihat dari fungsinya sehari-hari bagi kita, mungkin tidak akan pernah Anda bayangkan akan dapat saling berintegrasi bukan?

Pada sistem operasi windows, Memory Virtualmerupakan vasilitas yang sangat membantu kinerja sistem. Terutama pada sistem yang mempunyai memory utama terbatas/kecil. Meski begitu, memory virtual juga bisa bikin sistem jadi lamban bekerja.

Memory virtual merupakan memory bayangan tempat sistem operasi menyimpan data-data yang akan/sedang/baru selesai diproses sebelum disimpan ke media penyimpanan permanen seperti harddisk.

Namun dengan majunya tekhnologi sekarang, hal apapun dapat menjadi mungkin.Windows Vista memperkenalkan Windows ReadyBoost, konsep baru dalam menambahkan memory ke dalam komputer. Dengan Windows ReadyBoost, Anda dapat memasang flashdisk ke komputer Anda dan menggunakannya sebagai RAM.

Windows ReadyBoost sangat mudah digunakan. Ketika removable memory seperti flashdisk dipasangkan ke komputer, Windows Vista akan memeriksa apakah flashdisk tersebut cukup cepat untuk digunakan oleh Windows ReadyBoost. Jika ya, Anda akan diberi pertanyaan apakah Anda ingin menggunakan USB tersebut untuk meningkatkan kinerja dari system. Saat digunakan flashdisk akan menyediakan cache memory, cache memory tersebut akan digunakan sebagai virtual RAM bagi komputer anda.
Flashdisk yang Anda gunakan minimal adalah USB 2.0, karena device yang digunakan harus mempunyai kecepatan hingga 3,5 MB/s. Flashdisk yang di gunakan untuk RAM, minimum 1,5x dari RAM yang terpasang. Misalkan RAM komputer Anda 1 GB, maka agar hasilnya terlihat, minimum flashdisk nya sebesar 1,5 GB. Ini juga berlaku bagi flashdisk tertentu yang mempunyai data transfer yang cepat, jika terlalu lambat flashdisk tersebut tidak bisa digunakan untuk Windows ReadyBoost.


Bagaimana jika menggunakan Windows XP ??
Kita bisa membuat 
Windows ReadyBoost pada sistem komputer kita.
langkah-langkah membuat "ReadyBoost" pada Windows XP.
  1. Colokkan flashdisk anda pada slot USB yang tersedia.
  2. Tekan tombol [Start]>[Settings]>[Control Panel], lalu pilih [System]. Klik tab [Advance].
  3. Klik tombol [Settings] pada bagian Performance. Setelah itu klik tab [advance] pada jendela Performance Options, lalu klik tombol [Change] dibagian virtual memory untuk menampilkan kotak penyetingan memory virtual.
  4. Klik drive C: pada bagian drive. Jika Windows anda tidak diinstall pada drive C, pilihlah drive tempat anda menginstall sistem operasi.
  5. Pilihlah opsi [No Paging File] pada radio button yang ada, dan tandailah boks [Set]. Hal itu bertujuan untuk mematikan sistem page file pada windows XP anda.
  6. Pilihlah drive yang menyatakan flashdisk anda. Sebagai informasi, jika flasdisk anda masih baru, biasanya namanya masih removable drive. Stetelah mengklik drive tempat flashdisk anda berada, tandai opsi [System Managed Size] pada radio button. Setelah itu kliklah, tombol [Set]. Jika ternyata rekomendasi total paging file size-nya terlalu besar, anda bisa memasukkan nilai kapasitas total flashdisk anda. Jangan lupa sisakan 5 hingga 6Gb, karena ini adalah syarat dari Windows XP sendiri.
  7. Klik [OK] untuk menutup jendela, lalu reboot PC anda. Setelah itu, coba rasakan, apakah sekarang kinerja Windows XP anda sudah bertambah cepat bukan ??.
Sumber : http://mahatechs.blogspot.com

No comments:

Post a Comment