Tuesday, April 5, 2011

CONTOH PRESENTASI MEDIA PENDIDIKAN JENIS DAN KARAKTERISTIK MEDIA A.TAKSONOMI




BAB 2
MEDIA PENDIDIKAN
JENIS DAN KARAKTERISTIK MEDIA
A.TAKSONOMI

Taksonomi adalah media atau bahan sebagai
sumber belajar.
Beberapa contoh usaha taksonomi media
tersebut antara lain adalah :
1.Taksonomo menurut Rudy Bretz
Bretz mengatakan ciri utama dari media menjadi 3 unsur pokok,yaitu :
-              Suara
-              Visual
-              gerak
2.  Hierarki Media menurut Duncan
     Duncan mengatakan semakin rumit media yang dipakai,mahal
     juga biaya investasinya,tetapi semakin luas juga lingkup sasarannya.
3. Taksonomi menurut Briggs
    Taksonomi ini mengarah pada rangsangan yang dapat ditimbulkan dari
     media sendiri.
    13 macam media yang digunakan dalam proses belajar mengajar,yaitu:
             Objek                          h. Film rangkai
             Suara langsung                        i.  Film bingkai
             Rekaman audio                       j. film
             Media cetak                k. televisi
             Pembelajaran terprogram        l. gambar
             Papan tulis
             Media transparan

4. Taksonomi menurut Gagne
Gagne membuat 7 macam pengelompokan media
,yaitu :
-        Benda untuk didemontrasikan
-        Kmunikasi lisan
-        Media cetak
-        Gambar diam
-        Gambar gerak
-        Film bersuara ,dan
-        Mesin belajar


5.Taksonomi menurut Edling
Edling beranggapan bahwa siswa,rangsangan belajar
dan tanggapan merupakan variabel kegiatan
belajar dengan media. Menurut Edling ,media
merupakan bagian dari 6 unsur rangsangan belajar,yaitu
-    Dua untuk pengalaman audio meliputi kodifikasi subjektif visual dan koditikasi objek audio
-    Dua untuk pengalaman visual meliputi kdifikasi subjektif audio dan kodifikasi visual,dan
-    Dua pengalaman belajar 3 dimensi meliputi pengalaman langsung dengan orang dan engalaman langsung dengan benda-benda.

B. KARAKTERISTIK
Karakteristik adalah ciri-ciri khas suatu
media berbeda menurut tujuan atau
maksud pengelompokannya.
Ada karakteristik jenis media yang dipakai
 dalam kegiatan belajar mengajar ,yaitu :
               Media Grafis
Ini termasuk media visual.yang fungsinya
untuk menyalurkan peasan dari sumber ke
 penerima,menyangkut indera penglihatan.
Jenis-jenis media grafis
              Gambar /foto
Ini media yang paling umum dipakai
karena dapat dimengerti dan dinikmati dimana-mana.
Beberapa kelebihan media gambar foto,yaitu:
-              Foto dapat memperjelas suatu masalah.
-              Foto harganya murah dan gampang didapat,seta digunakan tanpa peralatan khusus.
-              Sifatnya konkret,gambar lebih realistis menunjukkan pokok masalah dibandingkan dengan media verbal semata.
Gambar/foto juga mempinyai beberapa kelemahan,yaitu:
-         Gambar/foto hanya menekankan persepsi indera mata
-         Gambar/foto benda yang terlalu kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran.
-         Ukurannya sangat terbatas.
Selain itu,ada 6 syarat dipenuhi oleh gsmbsr/foto yang
 baik  dijadikan media pendidikan,yaitu:
-         Autentik
-         Sederhana
-         Mengandung gerak/perbuatan
-         Gambarbagus belum tenti baik untuk mencapai tujuan pembelajaran
-         Ukuran relatif
-         Gambar hendaklah bagus dari sudut seni dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
b. Sketsa
Sketsa  adalah gambar yang sederhana,atau
 draft kasar  yang melukiskan bagian-bagian
 pokoknya tanpa detail.


C. Diagram
Suatu gambar sederhana yang menggunakan
 garis-garis dan simbol-simbol,skema
menggambarkan strukturdari objek secara
garis besar


Diagram yang baik sebagai media pendidikan adalah:

-    Benar ,digambar yang rapi,diberi titel,label penjelasan yang perlu
-     cukup besar dan ditempatkan secara srategis ,dan
-    Penyusunannya disesuaikan dengan pola membaca yang umum.
d. Bagan/chart
Ini termasuk media visual.fungsinya,
menyajikan ide/konsep yang sulit
disampaikan secara tertulis/lisan secara visual.

Sebagai media yang baik ,bagan haruslah :
-        Dapat dimengerti anak
-        Sederhana dan lugas,tidak rumit


E. Grafik
Grafik adalah gambar sederhan yang menggunakan
titik/garis/gambar.fungsinyamenggambarkan
data kuantitatif secara teliti,menerangkan
perkembangan/perbandingan sesuatu peristiwa
secara singkat dan jelas.


Ada macam-macam grafik yang sering digunakan antara lain :
-    Grafik garis                    - grafik lingkaran
-    Grafik batang                 - grafik gambar

f. Kartun
Kartun adalah suatu gambar interpretatif
 yang menggunakan simbol untuk
menyampaikan sesuatu pesan secara cepat
 terhadap orang/situasi tertentu.
g. Poster
Poster adalah untuk menyampaikan kesan-kesan
 dan mempengaruhi memotivasi orang yang melihatnya.

h. Peta dan globe
Fungsinya untuk menyajikan data-data lokasi.
Papan flanel
Papan flanel adalah media grafis yang
efektif untuk menyajikan pesan kepada
sasaran tertentu.
j. Papan buletin
Fngsinya untuk menerangkan sesuatu
 atau memberitahukan kejadian dalam
 waktu tertentu.

2. Media audio
Media ini berkaitan dengan indra pendengaran.
pesannya disampaikan dengan lambang auditif,baik
verbal maupun non verbal.
Beberapa jenis nedia audio adalah:
-    Radio                                            - piringan hitam
-    Alat perekam pita magnetik          - laboratorium bahasa


3. Media proyeksi diam
Media ini mempunyai persamaan dengan media grafik dalam
arti menyajikan rangsangan visual.

Beberapa jenis media proyeksi antara lain :
        Film bingkai                   * proyektor opaque
        Film rangkai                   * microfilm
        Overhead proyektor
a. Film bingkai
Suatu film berukuran 35mm,yang biasanya dibungkus
 dari karton/plastik.
b. Film rangkai
Film ini memiliki 2 ukuran gambar yaitu gambar
tunggal dan gambar ganda.
c. Media transparansi
Media visual proyeksi,yang dibuat diatas
 bahan transparan .

d. Proyeksi tak tembus pandang
Alat untuk memproyeksikan bahan bukan transparan
tetapi bahn yang tidak tembus pandang.kelebihannya,untuk
 bahan cetak pada buku,majalah,foto grafis,dan bagan diagram.

e. Mikrofis
Mikrofis adalah lembaran film transparan terdiri dari lambang
visual yang diperkecil sehingga tidak dapat dilihat dengan
 mata telanjang.
Keuntungan mikrofis adalah:
-      mudah dikopi cetak
-        Bisa diproyeksikan ke layar lebar
Kelemahan mikrofis adalah:
-        Mudah hilang
-        Pembuatan masternya mahal
f. film
Sebagai suatu media,film memiliki keunggulan berikut ini:
-    Film merupakan suatu denominator belajar yang umum
-    Film sangat bagus untuk menerangkan suatu proses
-    Film memikat perhatian anak
-    film dapat merangsang/memotivasi kegiatan anak-anak
g. Film gelang
Film gelang adalah jenis media yang terdiri film
 yang berukuran 8mm/16mm yang ujungnya
 saling bersambungan sehingga film akan berputar
 terus berulang –ulang kalau tidak dimtikan.

h. televisi
Televisi adalah media yang menyampaikan pesan-pesan
 pembelajaran secara audio-visual dengan disertai unsur gerak.
Televisi juga media pendidikan dan mempunyai kelebihan-kelebihan sebagai berikut :
-         Tv merupakan medium yang menarik
-         Sifatnya nyata dan langsung
-         Tv dapat meningkatkan pengetauan dan kemampuan guru dalam belajar.
Kelemahan tv adalah :
-         Sifat komunikasi hanya satu arah
-         Jika akan dimanfaatkan dikelas jadwal siaran dan jadwal pelajaran disekolah sering sulit disesuaikan
-         Harga pesawat tv relatif murah


i. video
Video ini sebagai media audio visual yang
 menampilkan gerak.pesan yang disampaikan bersifat
fakta ,bisa bersifat informatif ,edukatif maupun intruksional.
Kelebihan video antara lain :
-    Dapat menarik perhatian
-    Menghemat waktu dan rekaman dapat diputar berulang-ulang
-    Ruangan tak perlu digelapkan waktu menyajikan
-    Keras lemah suara yang ada bisa diatur 

g. Permainan dan simulasi
Permaiana adalah setiap kontes antara para pemain
 yang berinteraksi satu sama lain dengan
 mengikuti aturan untuk mencapai tujuan tertentu.
Ada 4 komponen utama dalam permainan,yaitu:
-    Adanya pemain
-    Adanya lingkungan dimana para pemain berinteraksi
-    Adanya aturan main,dan
-    Adanya tujuan tertentu yang ingin dicapai.
-    Simuasi adalah suatu model hasil penyerderhanaan suatu realitas.
Unsur-unsur permainan dan simulasi yaitu:
-    Setting       - aturan            - penyajian model situasi
-    Pemain      - tujuan
Permainan peran berbeda dengan lainnya memiliki 3 komponen yaitu:
-    Adanya skenario/lingkungan tempat terjadinya tindakan
-     adanya sejumlah peran dengan berbagai karakteer yang dibawakan,dan
-    Adanta masalah yang harus dipecahkan oleh pemegang peran tersebut.
Kelebihan permainan antara lain:
-    Permainan juga suatu permainan menyenangkan untuk dilakukan dan sesuatu yang menghibur.
-    Permainan memungkinkan adanya partisipasi aktif dari siswa untuk belajar.
-    Permainan dapat memberikan umpan balik langsung.
-    Permainan bersifat luwes.
-    Permainan memungkinkan penerapan konsep/peran ke dalam situasi di masyarakat.
-    Permainan dapat dengan mudah dibuat dan diperbanyak.
Permainan dan simulasi juga mempunyai kelemahan yaitu:
-    Karena asyik/belum mengenai aturan pelaksanaan
-    Dalam mensimulasikan situasi sosial permainan terlalu menyederhanakan konteks sehingga tidak mustahil siswa justru memperoleh kesan yang salah
-    Kebanyakan permainan hanya melibatkan beberapa orang siswa padahal keterlibatan seluruh siswa/warga belajar amatlah penting agar proses bisa lebih efektif dan efisien.



No comments:

Post a Comment

Iklan