Sunday, May 15, 2011

Transfer File Melalui Browser Internet

Ada banyak cara untuk melakukan transfer file antar PC melalui internet, salah satu cara yang biasa saya gunakan untuk mengirim file melalui internet selain melalui email adalah dengan menggunakan teamviewer.  Dari dua cara yang saya gunakan untuk mengirim file melalui internet seperti dengan email dan teamviewer keduanya memiliki kelemahan dan keuanggulan masing-masing.
Kelemahan mengirim file melalui email diantaranya adalah: ukuran file tidak bisa terlalu besar, file berkentensi exe biasanya akan ditolak karena dianggap virus dan untuk mengakalinya biasanya saya rubah dulu file ektension tersebut misalnya menjadi txt. Kelemahan kirim file melalui teamviewer adalah kecepatannya yang tidak maksimal, selain itu jika file terlalu besar sering kali proses pengiriman file gagal ditengah jalan.

Setelah mencari informasi cara mengirim file ukuran besar melalui internet akhirnya saya menemukan salah satu web site yang menyediakan fasilitas untuk mengirim dan menerima file dan hebatnya kita bisa melakukan transfer file melalui web browser.
Web site yang saya maksud adalah fileai, situs ini memberikan fitur gratis untuk mengirim dan menerima file atau file sharing melalui internet dengan media browser internet.
Untuk dapat mengirim dan menerima file melalui fileai yang dibutuhkan selain web browser adalah Java Runtime Environment. Jadi jika anda ingin menggunakan fileai.com untuk berbagi file maka pastikan anda sudah menginstall fileai di komputer Java Runtime Environment.

Cara Transfer File Melalui Browser Internet

Berikut ini penjelasan singkat untuk melakukan kirim atau terima file melalui browser internet atau dengan kata lain menjadikan pc anda sebagai server file :
  1. Pastikan anda sudah menginstall Java Runtime Environment (JRE), jika belum anda bisa download JRE disini http://java.com/en/download/index.jsp.
  2. Buka situs fileai.com. Tampilannya seperti gambar dibawah ini. Klik “Send Files” untuk mengirim file dan “Receive Files” untuk menerima file.
    Kirim File Melaui Internet
    Kirim File Melaui Internet
  3. Saat pertama kali menggunakan fileai.com untuk mengirim atau menerima file maka akan muncul pesan seperti dibawah ini:  (Centang “Always trus content from this publisher” dan klik Run)
    Transfer File Dengan Fileai.com
    Transfer File Dengan Fileai.com
  4. Lihat langkah ke-2, klik send files maka akan tampil seperti gambar dibawah in
    Kirim Data Melalui Internet
    Kirim Data Melalui Internet
    Untuk mengirim file, anda cukup drag and drop file yang akan anda kirim ke icon folder biru diatas (tarik file yang akan dikirim dari internet explorer anda ke icon biru diatas).
  5. Setelah anda drag file yang akan anda kirim maka akan muncul seperti gambar dibawah ini, setiap file yang akan anda kirim melalui fileai.com maka akan membuat sebuah url yang digunakan untuk mendownload atau menerima file yang anda kirim tersebut.
    Kirim Data Melalui Email
    Kirim Data Melalui Email
  6. Untuk mengambil file yang telah anda upload maka caranya cukup mengetikan url yang terbentuk saat anda upload file.
    Transfer File Besar Melalui Internet
    Transfer File Besar Melalui Internet
    Pada gambar  diatas adalah contoh ketika saya ambil file dengan ukuran 174,8 MB, ternyata mengirim dan menerima file melalui fileai.com sangat memuaskan terutama dalam masalah kecepatan, seperti anda lihat pada gambar kecepatan yang diraih mencapai 284 KB/s.
Dengan  adanya fileai.com maka proses mengirim atau menerima file melalui internet menjadi lebih mudah, dan saat saya bandingkan dengan teamviewer hasilnya sangat jauh artinya berkirim file dengan fileai.com lebih cepat dibandingankan dengan menggunakan teamviewer.
Catatan: Anda harus tetap membuka browser anda saat mengirim dan menerima file  melalui fileai.com

Sumber : www.ogameslucky.com

No comments:

Post a Comment

Trik Faucet untuk bitcoin Gratis

Mengakali Situs Faucet Bitcoin Gratis dengan IP Proxy Cara merubah  IP Proxy  untuk Mengakali Situs  Faucet  Bitcoin Gratis - Hallo...