Monday, June 27, 2011

ISTILAH -ISTILAH DALAM JARINGAN BERBASIS LUAS ...


ISTILAH -ISTILAH DALAM JARINGAN BERBASIS LUAS ...

1. HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.

2. eXtensible HyperText Markup Language, atau XHTML, adalah bahasa markup penerus dan pengembangan dari HTML yang memiliki kemampuan yang kurang lebih mirip HTML, tapi dengan aturan sintaks yang lebih ketat. HTML merupakan aplikasi dari SGML (Standard Generalized Markup Language) yang sangat fleksibel, sedangkan XHTML adalah aplikasi dari XML, turunan SGML yang lebih terbatas.

3. anonymous FTP adalah Situs FTP yang dapat diakses tanpa harus memiliki login tertentu.

4. Backbone adalah jalur berkecepatan tinggi atau satu seri koneksi yang menjadi jalur utama dalam sebuah network

5. Bandwidth adalah lebar pita, Besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network

6. Broadband adalah pita lebar, jalur lebar

7. Browser adalah peramban, penjelajah

8. Crash adalah bertabrakan (biasa untuk perangkat lunak/keras bermasalah)

9. Firewall adalah kombinasi dari hardware maupun software yang memisahkan sebuah network menjadi dua atau lebih bagian untuk alasan keamanan.

10. FTP adalah file transfer protocol. Protokol standar untuk kegiatan lalu-lintas file (upload maupun download) antara dua komputer yang terhubung dengan jaringan internet.

11. Gateway adalah dalam pengertian teknis, istilah ini mengacu pada pengaturan hardware maupun software yang menterjemahkan antara dua protokol yang berbeda.

12. IP address adalah alamat ip (internet protocol), yaitu sistem pengalamatan di network yang direpresentasikan dengan sederetan angka berupa kombinasi 4 deret bilangan antara 0 s/d 255 yang masing-masing dipisahkan oleh tanda titik (.), mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255.

13. Protocol adalah seperangkat aturan yang mengatur secara tepat format komunikasi antar sistem. Sebagai contoh, protokol http mengatur format komunikasi antara browser web dan browser server. Protokol imap mengatur format komunikasi antara server email IMAP dengan klien.

14. SMTP adalah simple mail transfer protocol. Protokol standar yang digunakan untuk mengirimkan email ke sebuah server di jaringan internet. Untuk keperluan pengambilan email, digunakan protokol pop.

15. URL adalah uniform resource locator. Istilah ini pada dasarnya sama dengan uri, tetapi istilah uri lebih banyak digunakan untuk menggantikan url dalam spesifikasi teknis.

16. Binary - Biner. Yaitu informasi yang seluruhnya tersusun atas 0 dan 1. Istilah ini biasanya merujuk pada file yang bukan berformat teks, seperti halnya file grafis.

17. Bit - BInary digiT. Satuan terkecil dalam komputasi, terdiri dari sebuah besaran yang memiliki nilai antara 0 atau 1.

18. BPS - Bit Per Seconds. Ukuran yang menyatakan seberapa cepat data dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

19. CGI - Common Gateway Interface. Sekumpulan aturan yang mengarahkan bagaimana sebuah server web berkomunikasi dengan sebagian software dalam mesin yang sama dan bagaimana sebagian dari software (CGI Program) berkomunikasi dengan server web. Setiap software dapat menjadi sebuah program CGI apabila software tersebut dapat menangani input dan output berdasarkan standar CGI.

20. DNS - Domain Name Service. Merupakan layanan di Internet untuk jaringan yang menggunakan TCP/IP. Layanan ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama bukan dengan menggunakan alamat IP (IP address). Singkatnya DNS melakukan konversi dari nama ke angka. DNS dilakukan secara desentralisasi, dimana setiap daerah atau tingkat organisasi memiliki domain sendiri. Masing-masing memberikan servis DNS untuk domain yang dikelola.

21. Download - Istilah untuk kegiatan menyalin data (biasanya berupa file) dari sebuah komputer yang terhubung dalam sebuah network ke komputer lokal. Proses download merupakan kebalikan dari upload.

22. Downstream - Istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari upstream.


23. Upstream - Istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lokal ke komputer lain yang terhubung melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari downstream.

24. Host - Sebuah komputer dalam sebuah network yang menyediakan layanan untuk komputer lainnya yang tersambung dalam network yang sama.

25. MAP - Internet Message Access Protocol. Protokol yang didisain untuk mengakses e-mail. Protokol lainnya yang sering digunakan adalah POP.

26. Intranet - Sebuah jaringan privat dengan sistem dan hirarki yang sama dengan internet namun tidak terhubung dengan jaringan internet dan hanya digunakan secar internal.

26. Leased Line - Saluran telepon atau kabel fiber optik yang disewa untuk penggunaan selama 24 jam sehari untuk menghubungkan satu lokasi ke lokasi lainnya. Internet berkecepatan tinggi biasanya menggunakan saluran ini.

28. Packet Switching - Sebuah metode yang digunakan untuk memindahkan data dalam jaringan internet. Dalam packet switching, seluruh paket data yang dikirim dari sebuah node akan dipecah menjadi beberapa bagian. Setiap bagian memiliki keterangan mengenai asal dan tujuan dari paket data tersebut. Hal ini memungkinkan sejumlah besar potongan-potongan data dari berbagai sumber dikirimkan secara bersamaan melalui saluran yang sama, untuk kemudian diurutkan dan diarahkan ke rute yang berbeda melalui router.

29. Router - Sebuah komputer atau paket software yang dikhususkan untuk menangani koneksi antara dua atau lebih network yang terhubung melalui packet switching. Router bekerja dengan melihat alamat tujuan dan alamat asal dari paket data yang melewatinya dan memutuskan rute yang harus digunakan oleh paket data tersebut untuk sampai ke tujuan.

30. TCP/IP - Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Satu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengalamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (error handling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. TCP/IP harus dapat bekerja diatas segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.

31. VOIP - Voice over IP. VoIP adalah suatu mekanisme untuk melakukan pembicaraan telepon (voice) dengan menumpangkan data dari pembicaraan melalui Internet atau Intranet (yang menggunakan teknologi IP).

32. WAP - Wireless Application Protocol. Standar protokol untuk aplikasi wireless (seperti yang digunakan pada ponsel). WAP merupakan hasil kerjasama antar industri untuk membuat sebuah standar yang terbuka (open standard). WAP berbasis pada standar Internet, dan beberapa protokol yang sudah dioptimasi untuk lingkungan wireless. WAP bekerja dalam modus teks dengan kecepatan sekitar 9,6 kbps. Belakangan juga dikembangkan protokol GPRS yang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan WAP.

33. World Wide Web - Sering disingkat sebagai WWW atau "web" saja, yakni sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser. Informasi di web pada umumnya ditulis dalam format HTML. Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). WWW dijalankan dalam server yang disebut HTTPD.
1.      Coaxial adalah Jenis kabel yang terdiri dari sebuah kabel tembaga yang dikelilingi oleh isolasi dan pelindung lubang kabel yang dihubungkan dengan tanah.

2. Backup adalah Salinan dari sebuah file yang dibuat untuk memastikan bahwa jika file orisinal rusak atau dihancurkan, maka yang hilang akan diminimalkan dan kebanyakan tidak semua data bisa diperbaiki.

3. Cable adalah Jenis koneksi broadband yang populer yang memakai saluran televisi kabel yang sudah ada untuk berhubungan ke Internet.

4. Cookie adalah Kepingan data kecil yang disimpan pada komputer Anda oleh situs Web.

5. Dial-up connection adalah Suatu jenis koneksi Internet yang memakai saluran telepon Anda untuk menentukan koneksi.

6. File server adalah Sebuah komputer pada suatu jaringan yang menyediakan lokasi sentral untuk menyimpan file sehingga semua komputer lain pada jaringan bisa mengaksesnya.

7. File Transfer Protocol (FTP) adalah Suatu layanan Internet yang didesain secara spesifik untuk mentransfer file-file dari satu komputer pada Internet ke komputer lain.

8. Firewall adalah Suatu device hardware atau program yang menolong mencegah akses yang tak berwenang ke sebuah komputer melalui koneksi jaringan.

9. Gateway adalah Sebuah program software, device hardware, atau komputer khusus yang terletak di antara sebuah komputer atau jaringan dan jaringan lain.

10. Guest adalah Jenis rekening pemakai yang bisa mengakses program-program yang sudah diinstal pada komputer, tetapi tidak dapat mengganti setting rekening pemakai atau sistem apa pun.

11. Guest computer adalah Sebuah komputer yang menerima koneksi dari komputer lain, yang ditunjuk sebagai host computer.

12. Host adalah Sebuah komputer yang mengawali koneksi dengan komputer lain yang ditunjuk sebagai guest computer.

13. Network hub adalah Jenis hardware tempat kabel masuk dari banyak komputer dan data dipertukarkan serta dikirimkan ke komputer-komputer lain di jaringan.

14. Internet Service Provider (ISP) adalah Suatu organisasi atau perusahaan yang menyelenggarakan koneksi langsung ke Internet dan membolehkan Anda memperoleh akses ke Internet.

15. Internet connection adalah Koneksi ke jaringan komputer-komputer di seluruh dunia.

16. IP address adalah Jenis alamat khusus yang mengidentifikasi sebuah komputer pada jaringan TCP/IP.

17. IPX/SPX adalah Jenis protocol komunikasi yang dipakai oleh komputer-komputer untuk berkomunikasi satu sama lain pada suatu jaringan.

18. Log file adalah Sebuah file yang merekam kegiatan-kegiatan yang dikerjakan oleh aplikasi, layanan, atau sistem operasi.

19. Mbps (megabyte per second) adalah Ukuran bandwidth, atau aliran komunikasi, melalui suatu jaringan atau media komunikasi lain.

20. Network bridge adalah Bagian dari device hardware atau software yang membuat koneksi di antara jenis-jenis media jaringan yang berbeda.

1.      Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan tau internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing .
2. Routing adalah sebuah proses untuk meneruskan paket-paket jaringan dari satu jaringan ke jaringan lainnya melalui internetwork .
3. Bridge jaringan adalah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah jaringan .
4. Token ring adalah sebuah cara akses jaringan berbasis teknologi ring .
5. ARP (address resolution protocol) adalah sebuah protokol dalam TCP/IP protocol suite yang bertanggungjawab dalam melakukan resolusi alamat IP kedalam alamat media access control (MAC address)
6. MAC address adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan .
7. Internet engineering task force (IETF) adalah sebuah organisasi yang menjaring banyak pihak yang tertarik dalam pengembangan jaringan komputer dan internet .
8. NIC adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer .
9. Thinnet adalah sebuah jenis standar yang digunakan untuk mengimplementasikan jaringan berbasis teknologi ethernet .
10. Bandwith adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium tranmisi .
11. Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet .
12. DNS adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar di dalam jaringan komputer .
13. Fast ethernet adalah sebuah sebutan untuk teknologi jaringan ethernet yang menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan standar ethernet biasa .
14. Hub adalah sebuah alat penghubung antar komputer, semua jenis komunikasi hanya dilewatkan oleh hub .
15. Switch adalah sebuah alat yang menyaring /filter dan melewatkan (mengijinkan lewat) paket yang ada disebuah LAN .
16. Kabel serat optik adalah saluran transmisi yang terbuat dari kaca atau plastik yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari satu tempat ke tempat lain .
17. Kabel twisted pair adalah sebuah bentuk kabel dimana dua konduktor digabungkan dengan tujuan untuk mengurangi atau meniadakan interferensi elektromagnetik dari luar .
18. Kabel UTP adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield internal .
19. TCP/IP adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet .
20. RFC (request for comments) adalah salah satu dari seri dokumen imformasi dan standar internet bernomor yang diikuti secara luas oleh perangkat lunak untuk digunakan dalam jaringan .
21. Antena omni adalah salah satu antena untuk memancarkan sinyal wireless LAN ke segala arah dengan polarisasi horizontal .
22. Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protocol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur .
23. AUI (attachment unit interface) adalah salah satu bagian dari standar konektor ethernet yang menjelaskan bagaimana sebuah kabel dikoneksikan ke kartu ethernet dengan konektor 15-pin D-connector .
24. WiMAX adalah teknologi akses nirkabel pita lebar yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas .
25. Backhaul adalah istulah teknologi informasi yang mengacu kepada infrastruktur jaringan komputer utama dari suatu jaringan utama .

1. Kabel UTP Cross
Kabel UTP yang sususunannya menurut standar internasional yaitu :
Putih Orange, Orange, Putih Hijau, Biru, Putih Biru, Hijau, Putih Coklat, Coklat
Kabel ini digunakan untukj menghubungkan perangkat yang sejenis(cth: PC<->PC)

2. Kabel UTP Straight
Kabel UTP yang sususunannya menurut standar internasional yaitu :
Putih HIjau, Hijau, Putih Orange, Biru, Putih Biru, Orange, Putih Coklat, Coklat
Kabel ini digunakan untukj menghubungkan perangkat yang tidak sejenis(cth: PC<->Switch)

3. Milis
Milis (bahasa Inggris: mailing list) adalah group diskusi di internet dimana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta didalamnya. Kita dapat membaca surat orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, milis adalah sebuah daftar alamat alamat e-mail yang mempunyai kepentingan yang sama.

4. HTTP
HTTP (Hypertext Transfer Protocol, lebih sering terlihat sebagai http) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW). Protokol ini adalah protokol ringan, tidak berstatus dan generik yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe dokumen.

5. Modem
Modem adalah singkatan dari Modulator-Demodulator. Alat yang bisa menerjemahan data dari digital ke analog sehingga bisa ditransmisikan.

6. IPV6
Alamat IP versi 6 (sering disebut sebagai alamat IPv6) adalah sebuah jenis pengalamatan jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan protokol IP versi 6. Panjang totalnya adalah 128-bit, dan secara teoritis dapat mengalamati hingga 2128=3,4 x 1038 host komputer di seluruh dunia. Contoh alamat IP versi 6 adalah 21DA:00D3:0000:2F3B:02AA:00FF:FE28:9C5A

7. IPV4
Alamat IP versi 4 (sering disebut dengan Alamat IPv4) adalah sebuah jenis pengalamatan jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan protokol IP versi 4. Panjang totalnya adalah 32-bit, dan secara teoritis dapat mengalamati hingga 4 miliar host komputer di seluruh dunia. Contoh alamat IP versi 4 adalah 192.168.0.3.

8. PHP
PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.

Kelebihannya :
* Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
* Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana - mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan configurasi yang relatif mudah.
* Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
* Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
* PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.

9. IP Kelas C
Alamat IP kelas C digunakan untuk jaringan berskala kecil.Diawali dengan 192(contoh: 192.168.0.3). Tiga bit pertama di dalam oktet pertama alamat kelas C selalu diset ke nilai biner 110. 21 bit selanjutnya (untuk melengkapi tiga oktet pertama) akan membentuk sebuah network identifier. 8 bit sisanya (sebagai oktet terakhir) akan merepresentasikan host identifier. Ini memungkinkan pembuatan total 2,097,152 buah network, dan 254 host untuk setiap network-nya.

10. IP Kelas B
Alamat-alamat kelas B dikhususkan untuk jaringan skala menengah hingga skala besar.Diawali dengan 172(contoh: 172.16.0.0). Dua bit pertama di dalam oktet pertama alamat IP kelas B selalu diset ke bilangan biner 10. 14 bit berikutnya (untuk melengkapi dua oktet pertama), akan membuat sebuah network identifier. 16 bit sisanya (dua oktet terakhir) merepresentasikan host identifier. Kelas B dapat memiliki 16,384 network, dan 65,534 host untuk setiap network-nya.

11. IP Kelas A
Alamat-alamat kelas A diberikan untuk jaringan skala besar.Diawali dengan 10(contoh: 10.0.0.0). Nomor urut bit tertinggi di dalam alamat IP kelas A selalu diset dengan nilai 0 (nol). Tujuh bit berikutnya—untuk melengkapi oktet pertama—akan membuat sebuah network identifier. 24 bit sisanya (atau tiga oktet terakhir) merepresentasikan host identifier. Ini mengizinkan kelas A memiliki hingga 126 jaringan, dan 16,777,214 host tiap jaringannya. Alamat dengan oktet awal 127 tidak diizinkan, karena digunakan untuk mekanisme Interprocess Communication (IPC) di dalam mesin yang bersangkutan.

12. Home Page
Halaman pertama dari suatu alamat web. Home page biasanya berisi untuk menghubungkan ke halaman-halaman lain.

13. CLIENT
Server adalah sebuah komputer yang menerima jenis layanan tertentu dari server dalam sebuah jaringan komputer.

14. TOPOLOGI STAR
http://www.teach-ict.com/as_a2/topics/networks/pages/chap5_files/star.gif
Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.

Kelebihan:
* Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang masuk satu jaringan.
* Tingkat keamanan termasuk tinggi.
* Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
* Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.
Kekurangan:
* Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan terhenti.

15. Hot Spot
Daerah yang terdapat sinyal wifi dengan kecepatan akses mencapai 11
Mbps, biasanya radiusnya mencapai 100 meter dari titik akses

16. Attachment
Dalam surat elektronik, lampiran (bahasa Inggris: attachment) adalah berkas (file) yang dikirim bersama-sama dengan surat elektronik (e-mail). Lampiran e-mail dapat berbentuk file apa saja, sebagai contoh: gambar (*.jpg), video (*.mpg), dan lagu (*.wav).

17. Hosting
Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS

18. Shared Hosting
Shared Hosting adalah menggunakan server hosting bersama sama dengan pengguna lain satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain.

19. VPS
VPS, Virtual Private Server, atau juga dikenal sebagai Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain.

20. Usenet
Usenet news, atau dikenal juga dengan nama "Net news", atau "news" saja, merupakan sebuah buletin board yang sangat besar dan tersebar di seluruh dunia yang dapat digunakan untuk bertukar artikel. Siapa saja dapat mengakses Usenet news ini dengan program-program tertentu, yang biasanya disebut newsreader. Akses ke server news dapat dilakukan dengan menggunakan protokol NNTP atau dengan membaca langsung ke direktori spool untuk news yaitu direktori dimana artikel berada (cara terakhir ini sudah jarang dilakukan).
__________________

No comments:

Post a Comment

bootabel linux

Cara Membuat Bootable Linux Dengan USB Flashdisk Seperti biasa, sebelum memulai pembuatan bootable linux dengan menggunakan flashdisk ada...