Saturday, July 2, 2011

Membuat Aplikasi Sederhana “Pengeluaran Per Bulan” pakai excell

Nah kali ini saya ingin membuat Aplikasi sederhana tentang pengeluaran yang biasa kita lakukan setiap bulan kita ingin tahu berapa total perbulan dan secara otomatis kita akan tahu pengeluaran kita tersebut rendah, sedang atau termasuk tinggi.
Ok sebelum kita mulai mungkin untuk mempermudah dalam pembuatannya kita asumsikan beberapa hal berikut ini :
  • Kita ingin tahu berapa total pengeluaran perbulan
  • Dengan sekali memberi tanda silang dibawah bulan dimaksud maka akan secara otomatis muncul total pengeluaran bulan tersebut.
  • Selain muncul total pengeluaran maka akan muncul pula keterangan dari total tersebut apakah pengeluaran kita termasuk rendah, sedang atau malah tinggi.
Aplikasi ini cukup sederhana dan ga ribet.
Nah sekarang saatnya kita memulai, seperti biasa buka Microsoft Office Excel (2007), sekarang kita kerja dulu di Sheet 1, dan tulis seperti contoh dibawah ini :
Cell A B
1 Bulan Rp.
2 Jan 125,000
3 Feb 450,000
4 Mar 300,000
5 Apr 275,000
6 Mei 200,000
7 Jun 850,000
8 Jan 150,000
9 Feb 222,000
10 Mar 416,000
11 Apr 638,000
12 Mei 90,000
13 Jun 850,000
14 Jan 75,000
15 Feb 116,000
16 Mar 100,000
17 Apr 75,000
18 Mei 338,000
19 Jun 475,000
20 Jan 50,000
21 Feb 500,000
22 Mar 479,000
23 Apr 910,000
24 Mei 230,000
25 Jun 350,000
Anggaplah data diatas adalahd ata pengeluaran rutin kita untuk masalah keterangan bisa dibuat oleh anda sendiri. Jika sudah pahams ekarang buka Sheet 2 dan ikuti cara dibawah ini :

  1. Buat Judul Tabel Aplikasi (Cell B1) yaitu : TABEL PENGELUARAN PERBULAN (diblok dari Cell B1 hingga Cell I1 klik Merge and Center)
  2. Cell B3 ketik Bulan Pengeluaran (diblok dari Cell B3 hingga Cell G4 klik Merge and Center)
  3. Cell B4 ketik Jan
  4. Cell C4 ketik Feb
  5. Cell D4 ketik Mar
  6. Cell E4 ketik Apr
  7. Cell F4 ketik Mei
  8. Cell G4 ketik Jun
  9. Cell H3 ketik Total Pengeluaran
  10. Cell I3 ketik Keterangan
Jika sudah berarti bentuknya seperti gambar dibawah ini :

Oke jika sudah sekarang arahkan Cursor ke Cell H6 dan ketikkan rumus sebagai berikut :
=IF(B6=”X”,SUMIFS(Sheet1!$C$2:$C$25,Sheet1!$B$2:$B$25,Sheet2!B4),
IF(C6=”X”,SUMIFS(Sheet1!$C$2:$C$25,Sheet1!$B$2:$B$25,Sheet2!C4),IF(D6=”x”,
SUMIFS(Sheet1!$C$2:$C$25,Sheet1!$B$2:$B$25,Sheet2!D4),IF(Sheet2!E6=”X”,
SUMIFS(Sheet1!$C$2:$C$25,Sheet1!$B$2:$B$25,Sheet2!E4),IF(F6=”X”,SUMIFS
(Sheet1!$C$2:$C$25,Sheet1!$B$2:$B$25,Sheet2!F4),IF(G6=”x”,SUMIFS
(Sheet1!$C$2:$C$25,Sheet1!$B$2:$B$25,Sheet2!G4)))))))
Penjelasannya :
Ketika kita memberi tanda silang (X) di Cell B6 tepat dibawah bulan Januari maka kita mengharapkan muncul total (nilai) pengeluaran di Cell H6 selama bulan januari dan begitu seterusnya, dengan data yang dilihat atau yang menjadi sandingan/perbandingan adalah data yang berada di Sheet 1.
Jika Sudah jelas yuk kita lanjutkan ke langkah berikutnya jika belum saya sarankan STOP dulu disini ntar puyeng lagi.
Ok sekarang arahkan cursor ke Cell I6 disini kita ingin muncul sebuah keterangan yang menerangkan bahwa pengeluaran tersebut termasuk kategori rendah, sedang atau tinggi dan rumus yang harus diketikkan adalah :
=IF(H6<500001,”Pengeluaran Bulan Ini Rendah“,IF(H6<1500001,”Pengeluaran Bulan Ini Sedang“,IF(H6>1500000,”Pengeluaran Bulan Ini Tinggi“)))
Penjelasannya :
Ketika sebuah angka atau total pengeluaran dari bulan yang dimaksud muncul maka akan muncul sebuah keterangan dengan kriteria yang telah ditentukan, misalkan total satu bulan tersebut Rp. 300.000 (tiga ratus ribu rupiah) maka akan muncul keterangan Pengeluaran Bulan Ini Rendah dan begitu seterusnya.
Jika sudah selesai sekarang coba praktekan dengan memberi tanda silang (X) disalahs atu bulan jika muncul Total Pengeluaran di Cell H6 dan keterangan di Cell I6 berarti rumus yang anda ketik barusan berhasil.
Hal yang musti diperhatikan adalah nama bulan yang ada di Sheet 1 dan Sheet 2 wajib kudu sama jika salah satu berbeda maka rumus tidak akan berfungsi.

No comments:

Post a Comment

Iklan