Saturday, July 2, 2011

Membuat Grafik di excell

Ada banyak cara dalam membaca sebuah tabel dalam bentuk grafik tapi disini saya membuat sebuah tabel dan grafik sebagai hasil sementara atau akhir dari suatu pekerjaan, sedangkan sebagai kertas kerjanya nanti kita bekerja disebuah database.
Langkah pertama adalah kita membuat semacam Data base yang berisi tentang kehadiran siswa akan suatu kegiatan, tabelnya bisa seperti ini :
Cell A B
1 Hari Nama
2 Senin Adi
3 Senin Kus
4 Senin Rani
5 Senin Rani
6 Senin Adi
7 Senin Rani
8 Senin Agus
9 Senin Agus
10 Selasa Kus
11 Selasa Kus
12 Selasa Rani
13 Selasa Rani
14 Selasa Rani
15 Selasa Adi
16 Selasa Rani
17 Selasa Agus
18 Rabu Agus
19 Rabu Adi
20 Rabu Adi
21 Rabu Agus
22 Rabu Adi
23 Rabu Rani
24 Rabu Kus
25 Rabu Rani
26 Rabu Agus
Jika sudah, kita lanjut ke cara kedua yaitu membuat sebuah tabel yang berisi tentang berapa kali  siswa-siswa tersebut (Adi, rani, Agus dan Kus) hadir setiap harinya, dan tabelnya seperti ini :
Cell D E F G H
1 Ket Adi Rani AGus Kus
2 Senin



3 Selasa



4 Rabu



Nah sekarang kita memasukkan rumus dimasing-masing Cell tersebut (perhatikan cell dalam rumus dimaksud)
:
Cell E2 :
=COUNTIFS($A$1:$A$50,$D2,$B$1:$B$50,E$1)
Penjelasannya :
  • Tanda Dollar ($) untuk mengunci cell di database
  • Penggunaan perintah Countifs karena yang dibaca adalah format dalam bentuk huruf bukan angka dan begitupun dalam penjumlahannya bukan penjumlahan angka tapi statistik dari berapa kali muncul data dimaksud dalam rentang waktu tertentu, lihat data yang disandingkan adalah nama hari, dan nama orang.
  • Angka 50, adalah pembacaan database diatas akan  terbaca hingga Cell A50 dan B50, bisa juga kita rubah hingga 1000 atau disesuaikan dengan kebutuhan.
Biar lebih paham perhatikan sekali lagi rumus tersebut.
Sisanya tinggal Copas aja deh…maka secara otomatis akan berubah seperti tabel dibawah ini :
Cell D E F G H
1 Ket Adi Rani AGus Kus
2 Senin 2 3 2 1
3 Selasa 1 4 1 2
4 Rabu 3 2 3 1
Nah dengan telah selesainya cara kedua tersebut maka dalam membuat Grafik akan menjadi mudah, yaitu dengan cara sebagai berikut :
Sorot (Blok) Tabel yang berisi data jumlah kehadiran masing-masing siswa tersebut berarti disorot mulai dari Cell D1 sampai Cell H4, kemudian Klik Tab Insert dipojok kiri atas, kemudian akan terlihat tampilan bar berupa grafik ada yang berbentuk Column, Line, Pie, Bar, Area, Scatter dan yang lainnya. Sekarang kita pilih yang berbentuk Column… Klik lalu pilih sesuai yang kita kehendaki.
Dan jadi deh Grafik yang kita inginkan …….., untuk bentuknya sendiri disesuaikan dengan kehendak masing-masing…bisa lihat seperti dibawah ini :
Contoh Grafik
Sedikit penjelasan tentang pembuatan database disini, yaitu
Database tersebut berfungsi sebagai kertas kerja sedangkan tabel kedua dan Grafiknya merupakan hasil sementara atau akhir dalam membaca pekerjaan kita tersebut (perhatikan penjelasan di angka 50).
Jika masih bingung buat contoh latihan bisa didownload disini :
Salam

No comments:

Post a Comment

Iklan