Saturday, July 2, 2011

Menampilkan Nama Siswa Dan Nilai Hasil Ujian (Cara I) di excell

Sebetulnya banyak cara yang bisa dilakukan dan saya berharap ada jawaban atau komentar dari sahabat lainnya yang bisa membantu sebagai cara lain dalam penyelesaiannya, yang saya uraikan disini adalah cara yang saya temukan tentunya versi saya dan semoga aja bisa jadi bahan referensi nantinya.
Kenapa judul diatas ada akhiran cara I, karena cara ini akan bisa dikerjakan dengan 2 (dua) cara (versi saya) tergantung dari Model Data Base yang tersedia nantinya, jadi saya coba dulu cara pertama dengan begitu ada beberapa alternatif dalam menyelesaikannya.
Seandainya data yang tersedia sebelumnya seperti contoh dibawah ini (buat di Sheet 1):
Cell A B C D E F G H
1 No NIS Nama Kelas IPA IPS MATEMATIKA BAHASA
2 1 10112 Aang A3 8.00 8.00 7.00 8.00
3 2 10113 Adinda A3 8.00 8.00 6.00 9.00
4 3 10114 Agung A3 7.50 8.00 6.50 7.00
5 4 10115 Agus Subagja A3 8.50 8.00 9.00 6.00
6 5 10116 Anita A3 9.00 9.00 9.50 8.00
7 6 10117 Aryuni A3 9.30 9.00 9.50 8.00
8 7 10118 Bembi A3 6.00 7.50 8.00 9.00
9 8 10119 Budi rahardi A3 6.30 7.00 7.50 9.00
10 9 10120 Cecep A3 6.50 7.00 7.90 9.00
11 10 10121 Chintya A3 7.00 9.50 9.00 9.00
12 11 10122 Deden B3 7.00 9.00 8.50 8.00
13 12 10123 Dodo B3 7.50 7.50 8.60 8.00
14 13 10124 Farrel B3 7.80 8.00 8.80 8.00
15 14 10125 Fenia B3 8.10 8.50 9.00 9.00
16 15 10126 Karim B3 8.30 9.00 9.30 9.00
17 16 10127 Luna B3 8.00 8.50 9.00 9.00
18 17 10128 Maya B3 8.50 8.50 7.00 8.00
19 18 10129 Misca B3 8.60 9.00 8.20 8.50
20 19 10130 Nazwan B3 9.00 9.50 9.00 9.00
21 20 10131 Nunung B3 9.00 9.60 9.50 9.00
22 21 10132 Nur C3 9.00 9.00 8.80 9.00
23 22 10133 Nurohma C3 9.50 9.00 9.00 9.00
24 23 10134 Oding C3 9.70 9.00 9.40 9.00
25 24 10135 Opick C3 8.00 8.50 7.50 8.00
26 25 10136 Pardiyanto C3 8.30 8.50 7.60 8.00
27 26 10137 Risma C3 8.80 9.00 7.80 8.00
28 27 10138 Rustam C3 6.75 7.90 6.00 7.80
29 28 10139 Santika C3 7.25 8.40 6.00 7.90
30 29 10140 Vito C3 8.30 9.00 6.50 7.50
31 30 10141 Yanti C3 9.00 9.50 7.00 9.00
Data diatas kita andaikan jumlah siswa tiap kelas adalah sama (contoh disini 10 siswa per kelas) Kemudian kita buka Sheet 2 dan buatlah data seperti berikut ini :
Cell A B
1 Kelas Wali Kelas
2 A3 Bapak Effendi Rahman
3 B3 Ibu Ratnaningsih
4 C3 Bapak Abdullah Hadi
Jika sudah buka lagi Sheet 3 dan buat data persis dibawah ini :
Cell A B C D E F G H I
1 Nama Kelas





2 Nama Wali Kelas





3








4








5 No NIS Nama Siswa Nilai Hasil Ujian RATA-RATA KETERANGAN
6 IPA IPS MATEMATIKA BAHASA
7 1







8 2







9 3







10 4







11 5







12 6







13 7







14 8







15 9







16 10







17 Nilai Rata-rata





Mohon diperhatikan Cell baik kolom maupun baris, ini penting untuk mengingat rumus nantinya.
Disini yang kita inginkan adalah setiap kita mengetikkan nama kelas misalkan A3 atau B3 atau C3 maka data yang diharapkan munculs ecara otomatis adalah

  1. Nama Wali Kelas
  2. Nomor Induk Siswa
  3. Nama Siswa
  4. Nilai Hasil Ujian Setiap Mata Pelajaran
  5. Nilai Rata-Rata
  6. Dan Keterangan Hasil Ujian tersebut.
Yuk kita bahas satu persatu-satu (ingat kita sekarang bekerja di Sheet 3!)
1. Memunculkan Nama Wali kelas (Cell D2)
Rumus yang dihadirkan adalah :
=VLOOKUP($D$1,Sheet2!$A$2:$B$4,2,FALSE)
Artinya dengan kita mengetikkan Nama Kelas (misalkan A3, B3 atau C3) di Cell D1, maka kita melihat (membandingkan) data yang sama (nama kelas) yang berada di Sheet 2 dan data yang diharapkan muncul adalah nama wali kelas (perhatikan range pengambilan data di Sheet 2).
2. Nomor Induk Siswa Muncul Otomatis (Cell B7)
Rumus yang dihadirkan adalah :
=IF($D$1=”A3“,Sheet1!B2,IF($D$1=”B3“,Sheet1!B12,IF($D$1=”C3“,Sheet1!B22)))
Artinya, ketika kita mengetikkan kelas A3 maka NIS yang muncul di Cell B7 adalah NIS yang ada di Sheet1 dimulai Cell B2 tapi ketika kita mengetikan kelas B3 maka NIS yang muncul adalah NIS yang ada di Sheet1 dimulai Cell B12 tapi ketika kita mengetikan kelas C3 maka NIS yang muncul adalah NIS yang ada di Sheet1 dimulai Cell B22.
Untuk Cell B8 kita tinggal ketikkan rumus =Cell B7+1, copy atau sorot sampai Cell B16
3. Nama Siswa Muncul Otomatis (Cell C7)
Pekerjaan ini menjadi mudah karena data yang ada di Cell B7 sudah terbuka, disini cara yang kita lakukan adalah dengan membandingkan data yang muncul di Cell B7 dengan melihat data yang ada di Sheet 1 atau dengan menggunakan Fungsi Vlookup, jadi rumusnya adalah :
=VLOOKUP(B7,Sheet1!$B$2:$C$31,2,FALSE)
Sisanya untuk Cell C8 sampai Cell C16 tinggal copy saja rumusnya.
4. Nilai hasil Ujian setiap Pelajaran
Asumsi atau anggapan yang kita harapkan disini adalah seandainya mata pelajaran itu IPA, berapa nilai dari Siswa dimaksud nah disini mata pelajaran tersebut yaitu IPA terletak di Cell D6, IPS ada di Cell E6, Matematika ada di Cell F6, dan mata pelajaran Bahasa ada di Cell G6, maka rumus yang kita dapatkan adalah :
Cell D7
=IF($D$6=”IPA”,VLOOKUP($B7,Sheet1!$B$2:$H$31,4,FALSE))
Cell E7
=IF($E$6=”IPS”,VLOOKUP($B7,Sheet1!$B$2:$H$31,5,FALSE))
Cell F7
=IF($F$6=”MATEMATIKA”,VLOOKUP($B7,Sheet1!$B$2:$H$31,6,FALSE))
Cell G7
=IF($G$6=”BAHASA”,VLOOKUP($B7,Sheet1!$B$2:$H$31,7,FALSE))
Kelemahan rumus diatas yaitu tidak bersifat dinamis karena ketika nama mata pelajarannya kita rubah atau posisinya berubah satu sama lain maka sudah pasti akan menjadi error atau data menjadi Blank (#NA) maka mau tidak mau kita harus merubah rumusnya menyesuaikan perubahan yang ada, maka untuk mengakali hal tersebut terjadi maka keempat rumus tersebut kita gabung menjadi satu yaitu :

=IF(D$6=”IPA”,VLOOKUP(Sheet3!$B7,Sheet1!$B$2:$H$31,4,FALSE),
IF(D$6=”IPS”,VLOOKUP(Sheet3!$B7,Sheet1!$B$2:$H$31,5,FALSE),
IF(D$6=”MATEMATIKA”,VLOOKUP(Sheet3!$B7,Sheet1!$B$2:$H$31,6,FALSE),
IF(D$6=”BAHASA”,VLOOKUP(Sheet3!$B7,Sheet1!$B$2:$H$31,7,FALSE)))))

Kelebihan penggabungan rumus diatas adalah ketika kita mengubah nama mata pelajarannya yang tadinya misalkan di Cell D6 adalah IPA kita gantikan dengan IPS atau Matematika atau Bahasa maka secara otomatis nilai di Cell D7 tersebut akan juga berubah atau Dinamis.
5. Nilai Rata-Rata
Disini cukup mudah kita tinggal menjumlahkan nilai-nilai tersebut kemudian kita bagi dengan jumlah mata pelajaran yang ada, jadi rumusnya di Cell H7 adalah :
=SUM(D7:G7)/4
Sisanya untuk Cell H8 sampai dengan Cell H16 tinggal anda copy saja.
6. Keterangan
Rasanya ketika kita melihat sebuah data yang berisi sebuah hasil dari suatu ujian atau berisi tentang nilai rasanya hambar atau kurang afdol jika tidak disertai dengan sebuah keterangan yang bertujuan untuk lebih menjelaskan kondisi dari hasil nilai tersebut.
Disini kita harus mempunyai argumen tentang batasan dari suatu nilai yang diraih, dan argumen tersebut adalah :
  • Jika nilai tersebut kurang dari atau sama dengan 5 maka keterangan yang muncul adalah Kurang Sekali
  • Jika nilai tersebut kurang dari atau sama dengan 6 maka keterangan yang muncul adalah Kurang
  • Jika nilai tersebut kurang dari atau sama dengan 7 maka keterangan yang muncul adalah Cukup
  • Jika nilai tersebut kurang dari atau sama dengan 8.5 maka keterangan yang muncul adalah Baik
  • Jika nilai tersebut Lebih dari  8.5 maka keterangan yang muncul adalah Baik Sekali
Nah maka rumus yang kita buat di Cell I7 adalah :
=IF(H7<=5,”Kurang Sekali“,IF(H7<=6,”Kurang“,IF(H7<=7,”Cukup“,IF(H7<=8.5,”Baik“,IF(H7>8.5,”Baik Sekali“)))))
Sekarang coba dan praktekkan semoga berhasil…
Dan sebagai bonus, rasanya sebuah laporan tak pantas atau tak lengkap tanpa tanda tangan dari masing-masing wali kelas dan caranya adalah coba ketikkan rumus dibawah ini di Cell G20 :
=”Serang,”&” “&TEXT(TODAY(),”dd-mmm-yyy”)
Kemudian di Cell G21 coba anda ketikkan :
=”Wali Kelas”&”(spasi)“&D1
Dan di Cell G25 coba anda ketikkan :
=D2
Dan hasilnya …… Cobain aja sendiri dijamin penasaran heheheh dan penasaran bentuknya gimana silahkan unduh aplikasinya disini Via rapidshare

No comments:

Post a Comment

Manfaat Bayam Brazil

  Manfaat Bayam Brazil 1. Kaya Akan Antioksidan Salah satu  manfaat bayam Brazil  yang utama adalah kandungan antioksidannya yang tinggi. ...