Saturday, July 2, 2011

Menampilkan Nama Siswa Dan Nilai Hasil Ujian (Cara II) di excell

Cara kedua ini saya buat seandainya Data Base yang ada berbeda dengan Cara I, setidaknya bisa menjadi alternatif dalam pengerjaan nantinya
Ok tanpa menunggu kalimat panjang yuk kita mulai. Eiiittt jangan lupa makan dan minum ya hehehe.
Sekarang Buka Worksheet Excel dan di Sheet 1 buatlah data-data seperti ini :
  • Cell A1 —–> No
  • Cell B1 —–> NIS
  • Cell C1 —–> Nama
  • Cell D1 —–> Kelas
  • Cell E1 —–> Pelajaran
  • Cell F1 —–> Nilai
Sekarang masukkan data-data tentang siswa disesuaikan dengan Cell masing-masing ( Isi Data Base sama dengan Cara I), tapi disini perbedaannya adalah NIS, Nama Siswa, Kelas akan muncul berulang-ulang dikarenakan mata pelajaran yang sebelumnya dalam Cara I berada di Kolom yang berbeda sekarang menjadi satu kolom (urut kebawah) dalam kolom Pelajaran (Cell E1) begitupun dengan nilainya disesuaikan dengan mata pelajarannya (Mohon dipahami dengan benar-benar).
Saya anggap semua sudah ngerti dengan yang saya maksud atau jika masih bingung saya kasih ilustrasinya (Gambar 1) dibawah ini.
Gambar 1
Bisa dibayangkan maksud saya, nah Sheet 1 ini kita rename menjadi DBHasil Ujian dan sekarang buka Sheet 2 dan buatlah Data yang berisi nama siswa kelas A3, caranya yaitu seperti ini :
Gambar 2
Jangan lupa rename menjadi Kelas A3, sekarang buka sheet 3 dan buat data persis Gambar 2 yang berisi siswa Kelas B3, yaitu :
Gambar 3
Dan jangan lupa juga rename Sheet 3 menjadi Kelas B3, selanjutnya kita buat daftar siswa kelas C3 di Sheet 4 (rename menjadi Kelas C3).
Gambar 4
Selanjutnya kita buat Data yang berisi nama-nama wali kelas, buat di Sheet 5 yang kemudian kita rename menjadi Wali Kelas, lihat gambar 5 dibawah ini:
Gambar 5
Dan terakhir di Sheet 6 (selanjutnya kita rename menjadi Aplikasi Data Ujian), caranya sama dengan Cara I atau saya ingatkan kembali bentuknya yaitu seperti (gambar 6) dibawah ini :
Gambar 6
Ok Beres deh …. makasih ya hehehehee…   nah kita sudah setengah jalan so tanggung kan kalau ga diberesin, tapi saran saya pahami dulu baik-baik atau ga buka lagi deh tulisan saya sebelumnya yang berhubungan dengan cara II ini yaitu Microsoft Excel : Menampilkan Nama Siswa Dan Nilai Hasil Ujian (Cara I).
Ok kita mulai memasukkan rumus-rumusnya :
Untuk Memunculkan Nama Wali Kelas sama persis dengan Cara I.
Kita berlanjut ke cara menampilkan Nama Induk Siswa atau NIS, disini kita memanfaatkan NO persis yang berada dibilah kiri NIS, Fungsi yang kita gunakan adalah Fungsi Vlookup karena disini kita akan melihat data yang sama yang berada di No (nomor 1,2,…..) dengan No yang berada dimasing-masing Kelas dengan tujuan memunculkan NIS yang diinginkan, dan rumusnya adalah :
=IF($D$1=”A3“,VLOOKUP($A7,’Kelas A3‘!A2:C11,2,FALSE),IF($D$1=”B3“,VLOOKUP($A7,’Kelas B3‘!$A$2:$C$11,2,FALSE),IF($D$1=”C3“,VLOOKUP($A7,’Kelas C3‘!$A$2:$C$12,2,FALSE))))
Artinya jika di Cell D1 atau Nama Kelas kita mengetikkan salah satu kelas yang dimaksud baik A3 atau B3 ataupun C3 maka data yang disandingkan adalah A7 atau no 1 dengan data di kelas masing-masing dengan data yang sama (no 1 juga) dengan range 2 walaupun data yang disorot sampai di Cell C12 dimaksudkan memunculkan NIS.
Sisanya tinggal ada copy paste Cell B8 s.d Cell B16.
Paham …. kalau ga paham … sama hahahahaha.
Sip jika sudah paham kita berlanjut ke menampilkan Nama Siswa, rumusnya sama persis dengan cara diatas yang kita rubah adalah Range data yang diambil dimana yang sebelumnya bernilai 2 sekarang coba ganti dengan 3, perhatikan rumusnya :
=IF($D$1=”A3“,VLOOKUP($A7,’Kelas A3‘!A2:C11,3,FALSE),IF($D$1=”B3“,VLOOKUP($A7,’Kelas B3‘!$A$2:$C$11,3,FALSE),IF($D$1=”C3“,VLOOKUP($A7,’Kelas C3‘!$A$2:$C$12,3,FALSE))))
Sama tapi karena Range yang diambil adalah 3 maka yang dimunculkan adalah Nama Siswa dimaksud sesuai dengan NIS nya.
Sisanya tinggal Copy paste di Cell C8 s.d Cell C16
Yang berbeda antara Cara I dengan cara kedua adalah rumus yang digunakan dalam mengambil nilai yang dimaksud dalam masing-masing pelajaran, jika dalam cara sebelumnya kita menggunakan Fungsi IF dan Fungsi VLOOKUP maka dicara kedua ini kita menggunakan Fungsi SUMIFS.
Fungsi SUMIFS adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan data atau nilai numerik yang memenuhi lebih dari satu kriteria (perhatikan akhiran S dibelakang F).
Data yang akan kita (isitilah saya) diadukan atau diuji persamaannya adalah NIS, Nama Mata Pelajaran dan Nama Kelas yang tertera di  Aplikasi ini dengan NIS, Nama Mata Pelajaran dan Nama Kelas yang tertera di DBHasil Ujian…..pahami dulu argumen ini.
Dan rumusnya adalah
=SUMIFS(‘DBHasil Ujian’!$F$2:$F$121,’DBHasil Ujian’!$B$2:$B$121,’Aplikasi Data Ujian’!$B7,’DBHasil Ujian’!$E$2:$E$121,’Aplikasi Data Ujian’!D$6,’DBHasil Ujian’!$D$2:$D$121,’Aplikasi Data Ujian’!$D$1)
Dalam menggunakan Fungsi SUMIFS nilai yang dimaksud atau menjadi tujuan utama harus muncul terlebih dahulu dalam hal ini adalah nilai ujian dari siswa-siwa tersebut (perhatikan DBHasil Ujian’!$F$2:$F$121), kemudian kita sorot NIS di DBHasil Ujian (perhatikan DBHasil Ujian’!$B$2:$B$121) karena akan dibuktikan ada atau tidaknya NIS yang sama di Aplikasi Data ujian (perhatikan Aplikasi Data Ujian’!$B7) …. jika ini sudah paham saya yakin yang lainnya akan paham …..
Jika rumus diatas benar maka bisa coba test dengan mengetikkan kelas yang diinginkan dan saya yakin Nilai siswa tersebut sudah pasti akan muncul.
Dan sisanya tinggal Copy paste aja s.d Cell G16.
Untuk memunculkan Nilai Rata-rata di Cell H7 rumusnya sama dengan Cara I yaitu :
=SUM(D7:G7)/4
Sisanya tinggal di Copy paste.
Untuk memunculkan Nilai Rata-rata di Cell D17 rumusnya adalah :
=SUM(D7:D16)/10
Sisanya tinggal di Copy paste.
Untuk memunculkan Keterangan dan tanggal beserta tanda tangal wali kelas sama dengan Cara I.
Beres deh …..
Jika suka dengan tulisan saya, maka sekarang saya sudah nyiapin file tulisan ini dalam format PDF dan bisa diunduh disini kalau mau lihat aplikasi diatas bisa diunduh disini juga…semua gratissssss.
Salam

No comments:

Post a Comment