Saturday, July 2, 2011

Tutor Movie maker Editing video


Dengan Adanya program ini anda dapat memanfaatkan untuk memotong video, menggabungkan Video, memasukkan Text ke dalam Video, Memasukkan Audio ke Dalam Video, dll.


Cara menjalankan Windows Movie Maker:
  • Klik Start.
  • Klik All Programs.
  • Klik Windows Movie Maker.
Cara Memanggil Video:
Sekarang Anda sudah dapat memanggil video untuk diedit:

Jalankan Windows Movie Maker seperti di atas.
  • Klik menu File.
  • Klik Import Media Items.
  • Keluar kotak dialog Import Media Items.
  • Klik Computer, kemudian carilah di mana video yang akan diedit, setelah ketemu klik ganda untuk memasukkan, atau klik satu kali kemudian klik Import.
  • Maka video akan dimasukkan ke dalam Windows Movie Maker.
Cara memotong Video:
Setelah video dimasukkan ke dalam Windows Movie Maker seperti di atas, sekarang potonglah video pada bagian yang Anda inginkan dengan cara sebagai berikut:
  • Klik ganda video untuk memainkan, atau klik kiri video satu kali kemudian klik tombol Play yang terdapat pada kotak Preview (kotak sebelah kanan).
  • Maka video akan dijalankan dan tombol Play akan berubah menjadi tombol Pause. Setelah bagian (awal) video yang ingin dipotong ketemu, klik tombol Pause untuk menghentikan video, kemudian klik tombol Split untuk menghilangkan bagian kiri video. Maka bagian kiri video akan diberi nama Video dan bagian kanan menjadi Video (1).
  • Jalankan kembali Video (1), setelah ketemu pada bagian (akhir) video yang Anda inginkan, klik Pause untuk menghentikan video sejenak, kemudian klik Split. Maka bagian kiri video akan disimpan dalam Video (1) dan bagian kanan video akan disimpan dalam Video (2). Bagian video yang Anda inginkan adalah Video (1). Klik gandalah Video (1) untuk memainkan, atau klik kiri satu kali kemudian klik tombol Play, dan lihatlah hasilnya… Dengan cara yang sama, Anda dapat memotong kembali bagian-bagian lainnya sehingga hasilnya benar-benar sesuai dengan keinginan Anda. Semua potongan-potongan tersebut nanti dapat kita gabung menjadi satu video.
Cara menggabungkan dan Menyimpan Video :
Setelah video selesai Anda potong-potong seperti di atas, sekarang potongan-potongan video tersebut dapat kita gabung dan disimpan ke dalam hard disk dengan cara sebagai berikut:
  • Seret potongan video ke dalam ke dalam Storyboard, dalam contoh ini seret Video (1) ke dalam Storyboard. Storyboard adalah kotak-kotak besar yang terdapat di bagian bawah jendela. Kemudian seret potongan video yang lain ke dalam kotak kedua dalam Storyboard. Anda dapat memasukkan beberapa potongan video ke dalam Storyboard, potongan video kedua masukkan ke kotak sebelah kanannya, dan seterusnya… Semua video (clip) yang ada dalam Storyboard, itulah nanti yang akan disimpan.
  • Anda juga bisa memasukkan video ke dalam Storyboard dengan cara mengklik kanan video kemudian mengklik Add to Storyboard.
  • Setelah selesai, klik menu File kemudian klik Publish Movie.
  • Keluar kotak dialog Publish Movie.
  • Tandai (klik) This computer, kemudian klik Next.
  • Keluar kotak dialog berikutnya, pada kotak File name ketiklah nama file video Anda (misalnya videoku), kemudian klik Browse untuk menentukan ke drive dan folder mana video akan disimpan. Setelah selesai klik Next untuk melanjut.
  • Keluar kotak dialog berikutnya, klik Publish (setuju dengan pilihan Best quality for playback on my computer (recommended)). Jika ingin kualitas video lebih tinggi, pilih More settings, kemudian pilih DV-AVI (PAL), tetapi dengan pilihan ini maka video akan berakhiran .AVI (Audio Video Interleave) dan ukuran file akan sangat besar.
  • Maka video (clip) akan disimpan dengan akhiran .WMV (Windows Media Video), tunggulah hingga selesai.
  • Setelah selesai, keluar kotak dialog berikutnya (Your movie has been published), tandai Play movie when I click Finish jika video ingin langsung dimainkan dengan Windows Media Player, sebaliknya hilangkan tanda caping jika video tidak ingin dimainkan otomatis. Setelah selesai, klik Finish.
  • Selesai! Tutuplah kembali Windows Movie Maker.

Dengan cara yang sama, demikian juga memotong audio. Sekarang cobalah jalankan Windows Media Player, kemudian panggil video Anda dan jalankan. Bagaimana, jalan ‘kan? Selanjutnya video dapat Anda copy ke dalam CD-R (Compact Disc Recordable) atau ke dalam CD-RW (Compact Disc Rewritable) berupa data, atau dibuat menjadi VCD dengan perangkat lunak Nero. Dan jika Anda memiliki e-mail, video juga dapat dikirim melalui e-mail seperti mengirim file biasa. Selain dikirim dengan e-mail, video juga dapat dimasukkan ke dalam Website jika Anda memiliki Website agar dapat ditonton orang lain. Sebelum Anda memasukkan video ke dalam Website, ubah nama dan akhiran file semuanya menjadi huruf kecil agar dapat dijalankan.

Anda juga dapat bekerja dengan 2 buah atau beberapa video sekaligus, mengambil potongan dari video yang satu dan mengambil potongan dari video yang lain, kemudian menggabungkannya menjadi 1 video.


Cara Memasukkan Text Kedalam Video:
Jalankan Windows Movie Maker dan panggil video yang akan diedit.
  • Kemudian seret video ke dalam Storyboard.
  • Klik menu View kemudian klik Timeline.
  • Maka kotak Storyboard akan berubah menjadi Timeline.
  • Klik menu Tools, kemudian klik Titles and Credits.
  • Keluar berbagai jenis title, pilihlah salah satu jenis title yang Anda inginkan, misalnya Title on the selected clip (Teks di atas video). Keluar kotak Enter Text for Title, ketiklah teks yang Anda inginkan. Anda dapat menggunakan Change the title animation untuk mengubah animasi teks, Change the text font and color untuk mengubah font dan warna. Setelah selesai, klik Add Title.
  • Untuk menentukan seberapa lama teks dimunculkan di atas video, gunakan kotak teks yang terdapat pada kotak Title Overlay: seret ujung kotak teks ke kanan untuk menambah durasi, sebaliknya seret ke kiri untuk mengurangi durasi.
  • Untuk melihat hasilnya, jalankan kembali video seperti biasa.
  • Dengan cara yang sama, Anda dapat menambah teks di bagian lain.
  • Jika semuanya sudah cocok, simpan kembali video Anda.
Cara Memasukkan Audio Kedalam Video:
Selain menambah teks seperti di atas, kita juga dapat memasukkan audio (soundtrack) ke dalam video.
  • Klik kotak kecil yang terdapat pada tulisan Video.
  • Maka audio yang terdapat dalam video (audio bawaan) akan dipisahkan dan ditempatkan pada kotak Audio.
  • Panggil audio yang akan dibuat soundtrack, cara memanggilnya sama seperti memanggil video, kemudian seret ke dalam kotak Audio/Music. Jika panjang audio melebihi panjang video, seret ujung kotak audio ke kiri untuk mengurangi panjang audio, dan buat sama panjangnya dengan video. Sehingga apabila video selesai diputar, audio juga selesai.
  • Jika Anda ingin mematikan audio bawaan vdeio, klik kanan audio yang terdapat pada kotak Audio kemudian klik Mute.
  • Smpan kembali video seperti biasa, selanjutnya jalankan video, dan lihatlah apa yang Anda dapat.


Kita akan coba mem….buat video klip hanya menggunakan windows Movie Maker yang udah tersedia di Windows .Anda pernah mendengar Program Aplikasi Power point? Nah kira_kira hampir sama seperti itulah.”Terus kalau belum pernah denger Gimana?”Terlalu…!!!
Kalau Power point hanya di gunakan untuk Persenatsi. Nah, berbeda dengan Movie maker yang lebih cendrung digunakan untuk membuat album bergaya video klip.
“Ya udah daripada panjang lebar tetep nggak ngerti mendingan langsung aja kita buat klipnya.
Persiapan
Ø Tentukan tema album yang akan kita buat hal ini menjadi penting supaya hasilnya ngga asal-asalan.
Ø Siapkan gambar(Photo-photo) yang akan kita buat menjadi album video klip kita. Misalnya gambar yang berektensi*.jpeg,*.Gip dll.
Ø Terakhir siapakan juga lagu yang akan mengiringi album video klip yang akan kita buat. Lagu terserah menurut yang anda sukai(“Yang penting enak di denger…”).
Sekarang kita akan mulai bekerja, Setelah kita menyalakan Komputer ,kita Arahkan krusor kita kemenu:
gbr1.jpg
Gbr.1
Start- All program- Movie maker , lalu kilik
gbr2.jpg
Gbr.tampilan Windows Movie Maker gbr.2
Kira- kira begitulah tampilannya,
Nah sekarang kita lihat fungsi- fungsinya :
1.Capture video,disini kita Cuma akan bahas yang perlunya aja;
Ø Import video, Pada fungsi ini memungkinkan kita untuk memasukan video.
Ø Import picture,Memungkinkan kita untuk memamsukan file berupa gambar.
Ø Import Audio or music Memungkinkan kita memasukan music untuk mengiringi album kita.
2.Edit Movie
Ø View video Efect, Memberikan kemudahan kepada kita untuk memberi effect pada gambar / video yang kita buat.
Ø View video transition,Memberikan kemudahan pada kita untuk memberikan effect parpindahan dari gambar/video yang satu dengan yang berikunya.
Ø Make Tittle and credits, Yang berfunsi untuk memnambahkan tulisan yang kita inginkan.EX;Video klip pertamaku
Kemudian tanda panah yang mengarah pada layer berfungsi sebagai tempat kita menaruh gambar dan time line.jika kita klik pada menu show time line Maka gambarnya menjadi seperti berikut
gbr3.jpg
Garis waktu (time) gbr.3
Kita lihat di situ ada video,transition ,Audio,music, dan title overlay, garis waktu yang digunakan untuk menentukan darimana kita akan memulai memutar video klip.
“ Nah kira2 udah pada ngerti belum kalau belum terusin bacanya oke”?,
“”Saatnya beraksi…..kaya mau perang aja…””””…..
Arahkan krusor ke menu import(pilih salah satunya aja) video/gmbr, kali kita Cuma akan mengImport gambar(Picture), lalu klik. Disitu akan muncul kotak dialog yang meminta anda untuk menentukan Folder mana yang akan di import
gbr4.jpg
Contoh Gbr4. gambarberhasil Yang di import
Kemudian arahakan lagi krusor pada gambar yang akan kita simpan pada video klip sebagai gambar pertama kita,
Lalu klik kanan dan Pilih Copy, stelah itu arahkan krusor ke-menu storyboard
Dan klik kanan pada bagian yang bergambar Film*(pita Film), klik kanan dan pilih Paste,
gbr5.jpg
Gbr5.tampilan setelah di pindahkan
Untuk menentukan lamanya gambar yang akan tampil tergantung anda menarik dragnya Seperti perintah Clik and drag to trim the Clip, semakin panjang gambar itu maka akan semakin lama waktu tampil gambar/video tersebut .dan untuk meletakan gambar/video yang lainnya sama seperti langkah diatas, Cukup mudah bukan?” hanya bermodal Copy -paste kita udah bisa buat video klip ,”Eith…..tunggu dulu ini belum selesai’.Nah sekarang kita tambah efek video/gambarnya sekalian transition.
Pilih menu View video Efect(untuk Efect video/gmbr) setelah tampil jenis-jenis Video effect. lalu Pilih sesuai dengan kebutuhan kita(dengan cara mengkliknya), Kemudian klik kanan –Copy,
Arahkan krusor pada Photo yang sudah ada pada Pita Film(seperti gbr.5)yang akan di beri Efect, Klik kanan tepat pada photo –Pilih Paste hasilnya kan seperti gambar di bawah ini
6.jpg
Gbr.6.tampilan setelah diberi efect
Sekarang kita udah lihat ada tanda bintang artinya kita udah berhasil memasukan effect pada gbr/video kita.
Selanjutnya kita akan menambah Efect Transtion, Untuk menambah effect ini kita harus menambahkan gambar satu lagi”,Ya iyalah gimana mau ada effect perpindahan kalau gak ada gambar buat pindahnya “kira-kira begitu alasannya ‘Terus caranya gimana?” busyet dari tadi ngapain aja …..tidur ya?”(he…..he…).
Disini saya anggap anda sudah bisa menambahkan gamabr/video pada layer yang bergambar pita Flm tersebut.
Oke kita mulai lagi ,”
Sekarang anda pilih menu View video transition pada bagian Edit Movie . Setelah muncul jenis-jenis transition .Lalu anda pilih salah satunya klik kanan –pilih Copy.
Selanjunya anda arahkan krusor pada gambar/video yang akan di beri effect(pada gambar kedua ),
Setelah itu klik kanan lagi, lalu pilih paste, ini hasilnya ada di bawah
gbr7bru.jpggbr7.jpg
Gbr.7.tampilan setelah di beri trasition
Pada gambar .7 kita udah bisa lihat ada kotak persegi panjang “atau apalah itu namanya”saya kuarng ngerti yang jelas tandanya seperti Itu “Dasar tidak bertanggung jawab” heee….he….
Selajutnya kita tinggal nambah Suara music yang mengiringi video klip yang kita buat “Biar kaya video beneran gitu” Maunya”….
Coba arahkan krusor pada menu Capture Video-pilih Import audio or music. Nah ,disini akan terlihat ada kotak dialog yang meminta anda untuk menentukan salah satu lagu yang akan di import tentunya anda sudah menyimpan foldernya donk…”kalau udah pilih pada kotak dialog Import , kalau udah di import maka akan di tampilkan pada Collecction (Lihat gambar.5) disitu kita lihat ada file music yang berhasil di import dan juga judul lagunya.
Lalu arahkan krusor anda tepat di file lagu tersebut dan seperti biasa kita gunakan klik kanan plih Copy, kemudian rahkan krusor kemenu Audio/Music dan klik kanan dan kemudian Pilih Paste, yang perlu di perhatikan disini adalah kita harus memPaste tepat dikanan garis Time line sperti gambar berikut
8.jpg
Gbr.8 gamabr tampilan setelah di beri Efec music
Pada gbr.7 kita udah bisa lihat garis yang di tunjuk oleh garis kuning inilah yang namanya garis Time line, .kalau anda ingin memperpnajng lagunya tinggal di drag aja (alias ditarik –tarik “emang tali ditarik-tarik) seperti kita mendrag pada gbr.4.
Eith…..ada yang ketingglan neh,” gimana kalau lagunya biar banyak kan jadi lebih keren terus bisa ganti -ganti lagi?
“Baru aja mau ngasih tahu, Eh,,, udah ada yang nanya…..” Oke …..oke pasti dikasih tahu koq… jangan ngambek donk..?(^_^),
Caranya, “ya tinggal copy paste aja seperti cara yang diatas ,Tapi bedanya pastenya harus dibagian Menu Audio/music yang masih kosong alias disebelah kanan lagunya. Biar Enak kita lihat aja gambarnya
9.jpg
Gbr.9.Tampilan menambah lagu
Ayo kita lihat,
Di gbr.9, Udah bisa dilihat,caranya tinggal pindahkn Garis time line diakhir lagu yang pertama setelah itu Paste deh lagu berikutnya ,Selasai dech……”Asyik selesai “
sekarang kita tinggal memutarnya’ Kalu yang ini nggak bisa” kebangeten “…..sory Cuma becanda koq?….
Tinggal geser garis Tim line nya sesuka kita lalu klik kanan lalu pilih Play Time line atau bisa juga dengan cara geser garis Time line lalu pilih icon play pada tampilan yang kaya layar TV….,Nih gambarnya
10.jpg
Gbr.10. Memutar ulang video klip
Nah kita lihat di gbr.10, Cuma tinggal klik aja koq repot yang di
Tunjukin garis hitam tuh….!!. Nah kalau Time line sih terserah. Gampang kan “””
Gbr.10. Memutar ulang video klip
Terus kalau mau melihat secara Full Screen Tinggal pilih menu View- full screen (Alt+Enter).
Sekarang kita simpan hasil karya kita biar orang tahu kita juga bisa kok bikin video klip beneran ya .. gak Cuma mimpi….He,,,,,,,,he
· Pilih menu-file- save as project-Ok
Nah biar bisa di lihat di windows di media player tinggal plih.
· File- Save Movie File-Recordable CD-Next,
Kalu di rumah udah pake DVD_RW or DVD Combo pasti bisa di simpan “Kok ….kaya gitu sih mas ?” Emang udah dari Sononya”Menegetehe……
Pokoknya kalau ada CD dalam Drive ya tinggal next aja terus,sampai hilang nextnya.
“POKOKNYA SELAMAT MENCOBA DECH……………………………..”:”

No comments:

Post a Comment