Monday, August 15, 2011

Header untuk website


HEADER
Header adalah sebuah ruang grafis yang terletak di bagian paling atas website. Sebagai simbol website, tentunya header memiliki peranan penting dalam website.Header adalah apa yang dilihat pengunjung pertama kali saat membuka website. Seperti halnya kop surat, ia selalu kelihatan di semua halaman website. Maka dari itu, header biasanya memuat logo atau ikon tertentu yang melambangkan pemilik website.
Jika website diibaratkan sebuah buku, maka header adalah covernya. Seperti yang kita tahu, sebelum seseorang membeli buku, ia selalu melihat dulu bagaimana covernya. Dalam psikologi komunikasi diutarakan pula bahwa cover yang unik cenderung membuat orang lebih tertarik mempelajari lebih dalam isi buku tersebut.
Penelitian pun telah menyebutkan bahwa orang lebih mudah mengingat 'gambar dalam website' dari pada 'teks-teks dalam web'. Coba anda buka sebuah web, amati selama 10 detik, kemudian tutup kembali web tersebut. Apa yang anda ingat? biasanya cuma dua hal: desain header dan judul webnya. Ada beberapa unsur penting yang harus diperhatikan dalam membuat atau memilih desain untuk header web, diantaranya:

Khas dan berkarakter

Header web yang digunakan dalam website sebaiknya berbeda dengan website-website lain. Header yang 'pasaran' membuat orang berpendapat bahwa web tersebut 'sama saja' dengan web yang lainnya.

Eye Catching dan Unik

Seperti halnya iklan, header tersebut harus mengundang simpati orang yang melihatnya, sekalipun itu cuma sederhana. Selain itu gunakan gambar, tulisan, maupun logo yang sekiranya  belum pernah dilihat orang yang sebelumnya.

Mencerminkan isi website

Seperti halnya cover buku, header harus melambangkan isi seluruh website. Hal ini penting karena sangat menyangkut image pengunjung pada web. Jangan pasang gambar pemandangan jika ingin berbicara tentang komputer, jangan pasang gambar sapi jika berbicara tentang ayam, dan jangan pasang gambar Miyabi jika ingin berbicara tentang agama 
Yup, memang dibutuhkan sebuah ide kreatif untuk membuat atau memilih Header yang khas, unik, dan menarik. Dibawah ini ada beberapa header yang cukup unik dari beberapa blog. Sebagai catatan, semua blog dibawah ini juga menggunakan Wordpress sebagai CMS-nya. Silahkan klik pada gambar untuk menuju ke website asli.
 Branded 07   Ayaka Ito
Cute Little Factory   Daniel Tosh
Digging into WordPress   Favela Chic London 
Garamiz   by Land, Sea, or Air 
Matt Mullenweg   The Pixel 
Tierra Virtual   Tut Candy 

No comments:

Post a Comment

Iklan