Monday, August 15, 2011

Tips Warna website


Setiap website pasti memiliki tujuan-tujuan tertentu. Misi-misi inilah akhirnya yang menentukan bagaimana tampilan dari sebuah website. Website yang ditujukan sebagai sumber informasi (online news) tentunya akan memiliki tampilan yang berbeda dengan website yang dibuat untuk memajang lukisan. Sedemikian pula tampilan website yang akan digunakan untuk kepentingan sosial tentu berbeda dengan tampilan website yang akan digunakan untuk keperluan-keperluan bisnis.
Untuk keperluan-keperluan bisnis, biasanya dipilih tampilan website yang berkarakter elegan. Secara simpel, elegan dapat diartikan sederhana, nyaman dilihat, mudah dibaca, serta sopan. Website-website elegan seperti ini bisa memberi kesan 'melayani' dan 'menghargai' siapa saja yang berkunjung ke website tersebut. Maka tak heran jika perusahaan perusahaan yang berbasis public service selalu mengutamakan unsur elegan, baik dalam desain websitenya hingga desain interior ruangannya.
Ada beberapa tips untuk membuat website agar bisa terlihat elegan. Pertama, seorang web desainer profesional tidak pernah menggunakan lebih dari tiga warna utama. Web yang memiliki terlalu banyak warna akan membuat pembaca kehilangan fokusnya. Lalu warna utama apa yang harus dipilih? pilihlah warna-warna yang menyiratkan kesan 'harmonis' dan 'tenang' seperti hijau, biru, dan putih. Kombinasi pergerakan spektrum warna dari biru-biru muda-putih adalah yang paling populer. Warna pink dan ungu muda juga sering dijadikan pilihan karena warna ini menyiratkan kelembutan dan kemewahan. Tetapi, sebenarnya pemilihan warna ini lebih baik jika disesuaikan dengan kelompok masyarakat mana website tersebut ditujukan.
Website yang memiliki tarjet pengunjung wanita, sebaiknya menggunakan warna-warna yang lembut dan pastel, seperti pink, ungu muda (lilac), dan putih. Jika website tersebut lebih ditujukan kepada pria, sebaiknya menggunakan warna abu-abu dan warna-warna lain yang cenderung gelap.

Selain itu, jangan lupakan budaya daerah pengunjung karena makna warna-warna ini bisa saling bertentangan. Orang Eropa misalnya, mereka mengartikan putih sebagai simbol pernikahan dan perdamaian, tetapi orang-rang di negeri Cina mengartikan putih sebagai simbol kematian dan kesusahan, begitu pula dengan orang India yang mengartikan putih sebagai simbol perjuangan.
Memang, untuk menjadi web desainer yang baik, seseorang harus 'sedikit melupakan' warna kesukaannya. Hal ini berguna untuk mencapai hasil desain yang lebih maksimal dan elegan. Harus diakui pula bahwa website yang memiliki banyak warna terlihat lebih murah dan kehilangan unsur 'confidence'-nya. Tips kecil untuk membuat website elegan bagi pemula ialah menggunakan warna-warna yang senada dan senyawa. Seperti Merah-oranye-kuning; atau ungu-merah-biru. Kombinasi yang baik juga bisa dicapai dengan spektrum warna gelap-terang, seperti pink muda-pink-merah, ice blue-biru muda-biru tua, dan hijau mint-hijau daun-hijau tua. Dibawah ini ada beberapa contoh website yang bisa dianggap sudah memenuhi kriteria elegan, silahkan klik masing-masing gambar untuk menuju website aslinya.

svenigson.com     www.immovarro.be
www.boo-box.com     www.globalzoo.de
freelanceswitch.com     nitram-nunca.com

No comments:

Post a Comment

Iklan