Tuesday, September 6, 2011

setting repeeter acces point & AP TP-Link WA5210G


Teknologinya disebut dengan WDS = Wireless Distribution System, di mana ada 1 WiFi Access Point yang utama dan WiFi Access Point lainnya sebagai repeater/relay.
1. Syarat pertamanya adalah: baik Access Point yang pertama maupun Access point repeater HARUS memiliki/mendukung fitur WDS. Pastikan dulu ttg hal ini!!!
2. Syarat kedua yang harus diperhatikan adalah: Authentication access point yang didukung dalam WDS hanyalah WEP 64/128 bit.
Dan semua Access Point yang terlibat dalam 1 koneksi harus menggunakan konfigurasi WEP yang sama persis.
3. Channel yang digunakan harus sama. Misal: Channel 3
4. Pastikan MAC Address repeater sudah diijinkan untuk konek pada Access Point utama.
Jika temen2 sudah memenuhi 4 syarat ini … maka yang perlu dilakukan hanya :
a. Aktifkan Wireless Bridging / WDS di semua Access Point yang ingin “digabungkan”
b. Catat MAC Address WiFi AP utama, lalu masukkan MAC Address itu ke WiFi repeater pada bagian WDS. Begitu juga sebaliknya.
c. Setting IP WiFi AP repeater sebagai bagian dari Network WiFi AP Utama
d. Matikan DHCP server di WiFi AP Repeater, krn DHCP akan diambil alih oleh WiFi AP Utama.
Catatan:
I. SSID tidak perlu sama
II. Ada kemungkinan beda Merk WiFi AP tidak bisa direlay
III. Sudah sukses dilakukan di Belkin F5D7231-4 sebagai WiFi AP Utama, JAHT WP-4001B2 sebagai WiFi AP Repeater.
IV. AP Utama tidak bisa mengaktifkan Mode Bursting tipe apa pun



 AP TP-Link WA5210G, dijadikan Pemancar dan Repeeter

Pertama Setting TL-WA5210G Sebagai AP, sebelum masuk kemenu Utama  TL-WA5210GBrowsing dulu tentunya,pakek Mozila,IE,Opera,Crome,safari dll..kemudian masukkan IP Address bawaan/default TL-WA5210G 192.168.1.254 > User : admin , Password : admin , karna masih default, Klik ENTER
Setelah masuk menu Utama TL-WA5210G anda akan dihadapai dengan pilihan Menu yang banyak  disebelah kiri anda. langkah pertama untuk menjadikan TL-WA5210G sebagai Pemancar

@1. Quick Setup>Next>AP>Next>Isikan SSID yg diinginkan Contoh ( LacomHotspot ),Region,Chanel "usahakan gunakan Chanel yg jarang dipakai", Mode "pillih yang 54Mbps (802.11.g)>Next > Save tunggu sampai proses rebbot selesai. hingga muncul tampilan Awal.

@2. Kemudian Masuk Network, isikan Ip addres yang anda inginkan contoh 192.168.1.250,Subnet Mask 255.255.255.0, Kemudian Gateway "IP Adrees Modem/speedy anda yang terhubung keinternet" 192.168.1.1. setelah diisi, kemudian di jangan lupa SAVE.

@3. Kemudian Klik Wireless >Wireless Mode > Klik Access Point > SAVE

@4. Lalu Klik Wireless > Security Settings > Pilih Disable Security,WEP,WPA/WPA2,WPA-PSK/WPA2-PSK, terserah mau dibuat seperti apa, kalo mau dibuat Loss, agar satu kampung bisa Online gratis yah di Disable Security aja. Hahahahaha, kalo saya Pakek WEP aja, Type automatic,Format ASCII,buat deh securitynya mau seperti apa...ok setelah selesai ngoprek2..SAVE.

@5. Kemudian lagi untuk mengatur Antenanya neh sangat penting...kalo menggunakan Antena INTERNAL dari TP-Link Masuk Ke Wireless SettingAntenna Settings , Pilih MODENYA Vertical > SAVE
Selsesai Pengaturan untuk AP,

Untuk membuat TL-WA5210G Sebagi Penerima dan Penyebar sinyal (REPEATER) Caranya semua sama perbedaannya terletak pada point @3. Tapi Yang di Pilih / Klik Universal Repeater > Klik Survey "ini gunanya untuk mencari AP mana yg mau dihubungkan" kemudian pilih salah satu AP >Connect > Jangan Lupa SAVE....

dari keterangan saya diatas, kalo anda mengikuti step by step seprti urutan diatas saya Jamin pasti Berjalan lancar...
Sekian Semoga Bermanfaat.... 

No comments:

Post a Comment

Iklan