Saturday, February 18, 2012

Cara lengkap membuat foto Ijazah/Transform Control hilang Part 4

Transform Control hilang? Bagaimana cara menampilkannya kembali sehingga nampak lagi? Di mana sih letaknya?  Pentingkah keberadaannya ?Jawabnya  nanti dulu. Sebelum menjawab bagaimana cara agar Transform Control yang hilang bisa tampil kembali di Adobe Photoshop akan saya ingatkan kembali apa itu Transform Control.

Transform control adalah tampilan berupa garis kotak di sekeliling sebuah layer di photoshop  yang berfungsi sebagai alat pengendali ketika kita menggunakan Move Tool. Dengan Transform Control kita dapat melakukan beberapa hal seperti : memutar foto ke kanan, ke kiri, membalik secara Horizontal maupun Vertikal, mengecilkan, membesarkan, memotong foto dan masih banyak lagi.  Pilihan transform meliputi :  Free Transform, Scale,Rotate,Scew, Distort, Persprxtic, Warp, Rotate 180, Rotate 90 CW, Rotate 90 CCW, Flip Vertical, Flip Horizontal.

Ditengah-tengah melakukan editing kadang kala  Transform Control tadi hilang. Ya..bisa saja hal ini terjadi karena secara  tidak sengaja  kita salah melakukan pencet tombol keyboard sehingga setingan Transform Control berubah.  Bagaimana cara memulihkan settingan defaultnya sehingga nampak/terlihat  kembali ?  Restart Photoshop? Restart Komputer? Tidak perlu.

Cara menampilkan kembali Transform Control yang hilang :
  1. Pastikan Move Tool (V) aktif. Klik Window > Centang Tools > Klik Move Tool (V)
  2. Klik Window > Centang Options > Centang Show Transform Control
  3. Pastikan Layer yang aktif  tidak terkunci. Untuk memunculkan layer Klik Window > Centang Layers. Lihat apakah layer yang aktif terkunci atau tidak. Bila pada layer yang aktif (highlight/tersorot) terlihat icon kunci berarti perlu dibuka dengan cara klik Lock All sehingga icon/gambar kunci hilang. Kalau belum hilang Klik Lock Position.
  4. Pastikan pilihan Show Extras dalam posisi tercentang. Caranya klik View > Extras
 
Nah demikian salah satu cara menampilkan kembali Transform Control yang hilang di Adobe Photoshop. Apabila cara ini belum berhasil pasti ada penyabab lain maka  mari saling berbagi.

No comments:

Post a Comment

Iklan