Tuesday, March 27, 2012

WDS di MikroTik


Pada mulanya ada perangkat wireless yang ethernet portnya rusak yaitu si MikroTik RB411, beruntung serial portnya masih berfungsi dan dengan menggunakan CLI console perangkat tersebut kita akan buat dengan Mode WDS jadi perangkat tersebut dapat digunakan sebagai Access Point kembali.
Baiklah sekarang kita akan mencoba mengkoneksikan antara 2 merek wireless access point MikroTik (RB411) dengan Ubiquiti (Nanostation2) dengan Mode Transparant Bridge seperti gambar dibawah ini.
Metode WDS pada prinsipnya membuat access point dengan satu SSID yang sama, kita perlu mengetahui MAC Address masing-masing access point, anggaplah anda sudah mengerti, mari kita lanjutkan dengan mengkonfigurasi masing-masing access point.

Disisi MikroTik
Buatlah Interface Bridge dan pada tab STP pilih Protocol Mode di rstp.
Masukkan interface wireless ke interface bridge port yang kita buat.
Konfigurasi Wireless Interface, baik Mode Wirelessnya, Frequency dan SSIDnya.
Setelah itu di Interface Wireless pada tab WDS setting WDS Mode dan WDS Default Bridgenya.
Setting Di Access Point MikroTik sudah selesai selanjutnya kita lanjutkan ke konfigurasi di access point NanoStation2
Disisi Ubiquiti NanoStation2
Setelah kita login pada wireless Nanostation2 kita, pilih tab Wireless dan pada Wireless Mode Kita pilih Access Point WDS dan masukkan WDS Peers (MAC Address Interface Wireless MikroTik) yang dapat kita lihat di tab General pada Interface Wireless di Intreface Wireless MikroTik.
Rubah SSID dan Channel (Frequency) sesuikan dengan Konfigurasi Access Point MikroTik.
Setelah konfigurasi selesai lakukan test ping dari PC Desktop ke Laptop (pastikan Subnet IP dan Firewall di kedua komputer paket ICMPnya tidak di blok), jika berhasil kita ping dari kedua sisi maka konfigurasi kita sudah benar, jika belum berhasil silahkan ulangi atau cek kembali konfigurasi yang kita buat.

No comments:

Post a Comment

Iklan