Monday, May 21, 2012

Cara Memotong Foto di CorelDRAW

Cara Memotong Foto di CorelDRAW

Disarankan pakai CorelDRAW X5..!
Siapa bilang memotong (croping) foto di CorelDRAW sulit atau fasilitasnya terbatas !.. tidak juga tu... bahkan memotong foto di CorelDRAW ada berbagai macam cara, dan Mas Bro sekalian bisa leluasa memilih cara mana menurut sampeyan yang enak di pakai, bahkan menurutku semua fitur yang berfungsi untuk memotong di CorelDRAW semua berfungsi dengan baik dan mudah dalam pengoperasiannya;


Adapun Fitur-fitur yang dapat di gunakan untuk memotong object antara lain;
  1. PowerClip
  2. Crop tool
  3. Knife
  4. Eraser
  5. Shape tool
  6. Lens
  7. Trim
  8. Intersect
Lo.. banyak kan!!. OK mari kita ulas satu persatu, sebagai contoh yang akan kita potong adalah object foto diatas;

1. PowerClip
Siapkan fotonya (gbr.1), Buat Kotak dengan Rectangle tool dan atur sesuai dengan keinginan tempatkan pada object yang akan di potong (gbr.2), selanjutnya klik object foto dan pada Menu Bar --> Effects --> PowerClip -->Place Inside Container... kemudian akan tampil panah gede, arahkan pada object kotak, maka gambar akan terpotong seperti (gbr.3) kalau di rasa kurang pas letak hasil potongan kita, klik pada object hasil PowerClip, kembali pada langkah awal tapi pilih Edit Contents... dan atur posisi kotak, kalau dirasa cukup kembali pada langkah awal klik Finish Editing This Level, selesai


2. Crop tool
Pada Toolbox pilih Crop tool, sorot dan seleksi pada foto yang akan di croping dengan Crop tool (gbr.1), dan atur kotak navigasi disamping-samping nya untuk menentukan gambar yang kita potong, selanjutnya dobel klik di dalam area kotak dan hasilnya seperti (gbr.2)


3. Knife tool
Pada Toolbox pilih Knife tool arahkan pada salah satu sisi kemudian klik  dan geser Knife tool pada sisi yang lain dan klik (gbr.1), kemudian coba geser salah satu object yang terpotong (gbr.2)


4. Eraser
Pada Toolbox pilih Eraser tool dengan tetap tekan mouse arahkan daerah yang akan di croping  dan geser Eraser tool pada daerah yang lain dan lepas mouse (gbr.1), selanjutnya jangan lupa tekan Ctrl+K untuk memisah object hasil potongan dan buang object yang dianggap tidak perlu (gbr.2)

5. Shape tool
Klik salah satu node yang ada di samping object foto dengan Shape tool (gbr.1), kemudian geser kedalam maka akan seperti (gbr.2)


6. Lens
Trik ini hanya berkaku pada CorelDRAW 12 kebawah, karena fitur Intersect, Trim, tidak bisa untuk memotong object foto/bitmap, dan Crop tool belum ada, kalau digunakan pada CorelDRAW X3 ke atas sudah tidak efektif lagi. Caranya; buat object lingkaran atau apa saja, tempatkan diatas pada object foto, kemudian pada Menu Bar --> Klik Effects --> Lens (Alt+F3)



Selanjutnya pada Docker Rollup atur seperti gambar dibawah ini;


Coba sampeyan geser kesamping hasil Lens tadi maka hasilnya seperti gambar dibawah ini;



7. Trim
Buat object kotak atau apa saja, arahkan pada object foto yang akan di potong (gbr.1) , kemudian object kotak dalam keadaan terseleksi/aktif tekan Shift+klik di Keyboard pada object foto dan pada Property Bar klik Trim hasilnya seperti (gbr.2), dan buang object kotak yang berfungsi sebagai pemotong tadi, hasilnya seperti (gbr.3)



8. Intersect
Buat Object bebas dengan Bezier tool yang bertujuan untuk memotong, kemudian select kedua object  (gbr.1) dan pada Property Bar klik Intersect, kemudian hasil Intersect coba sampeyan geser kesamping, hasilnya seperti (gbr.2)


Jadi sampeyan tidak bisa beranggapan lagi bahwa fitur untuk Croping/memotong di CorelDRAW itu terbatas... hehehe.... selamat mencoba..

No comments:

Post a Comment

Manfaat Bayam Brazil

  Manfaat Bayam Brazil 1. Kaya Akan Antioksidan Salah satu  manfaat bayam Brazil  yang utama adalah kandungan antioksidannya yang tinggi. ...