Monday, May 21, 2012

ISOMETRIC DRAWING

Salam Grafis……!!!! Terinspirasi dari masukan agan-agan semua,maka kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat gambar ISOMETRIC. pada AutoCad.Kali ini saya menggunakan AutoCad 2007 gan,coz Computer saya lagi ada problem.harap di maklum.tetapi pada intinya sama saja untuk semua Autocad.

Sebelum lanjut praktek,ada baiknya saya jelaskan dulu maksud dari isometric drawing  tersebut.


Ada 3 tehnik penggambaran di Autocad,yaitu..
>tehnik 2D drawing
>tehnik Isometric Drawing, dan
>tehnik 3D drawing

ISOMETRIC DRAWING adalah sebuah sketsa gambar yg mempunyai sisi isometric dalam penggambaaranya dan hanya mempunyai sumbu X dan Y (layaknya 2D).Tehnik pengambaran seperti ini,biasa digunakan oleh para tehnisi MEKANIK, ELEKTRIK, ENGINER or semacamnya.jika tehnik ini diterapkan untuk design ARSITEK/Interior Tidaklah Effektif.itu saja sdikit informasi yg dapat saya sampaikan,karna kalo dibahas terus kita ga bkal mulai2 neh prakteknya gan..hehehe,, informasi lanjut agan biasa googling aja…

Kita mulai gan..pertama2 yg harus dilakukan adalah menyeting kursor tersebut

1. SETTING
Hal pertama yg harus anda lakukan sebelum membuat sketsa Isometrik drawing adalah,anda harus menyetting kursornya terlebih dahulu.

ikuti langkah-langkah berikut.
Pada Menu bars:

  • Pilih Tools > drafting setting
Maka akan muncul MenuTab sbb:
image www.ilmugrafis.com

Didalam MenuTab terdapat beberapa pilihan yang diantaranya snap & grid,Polar Tracking,Object Snap,Dynamic Input,namun Disini tidak saya jelaskan semua.yg utama perlu diatur adalah:
1. Pada pilihan Snap & Grid
Beri check list pada Snap On (F9) dan Grid On (F7)
> SNAP  = Berfungsi sebagai mengatur pergerakan dari kursor anda,jadi anda dapat mengatur setiap pergerakan kursor anda dengan mempunyai jarak/ukuran tertentu.maka dari itu anda dapat menyettingya pada:

Snap X spacing  =0.5000 (contoh)
Snap Y spacing   =0.5000(contoh)
Maka dengan demikian,setiap pergerakan kursor anda adalah 0.5m untuk arah X dan Y.tergantung kebutuhan anda.
image www.ilmugrafis.com

> GRID   = yaitu berfungsi sebagai titik2 point pembantu dari SNAP.Grid ini akan menampilkan layout seperti Plan dengan jarak - jarak yang di tentukan pula, dengan mengatur pada kolom Grid Spacing.

Catatan: langkah2 tersebut tidak wajib digunakan,anda bisa mengabaikanya jika objek yg anda buat nantinnya akan bergerak bebas dan tidak selalu pasti ukuranya.

Untuk selanjutnya anda beralih kekolom selanjutnya yaitu Snap Type > pilih Isometric snap, seperti
pada penampakan dibawah ini:
image www.ilmugrafis.com

Setelah semua selesai disetting, maka sekarang kita beralih ke Menutab Object Snap yang berfungsi sebagai memberikan ikon-ikon / point pada pembuatan sketsa.
image www.ilmugrafis.com

> check list pada  object Snap On (F3) dan object Snap Tracking ON (F11)
> Ada baiknya anda pilih Select All agar semua point-point dalam pembuatan sketsa nantinya lebih  mudah.
Setelah itu > OK..!

Hasilnya: Maka kursor pada lembar kerja AutoCad tersebut berubah Warna menjadi merah dan hijau,dan jangan lupa pula untuk mengaktifkan ORTHO nya.cobalah untuk membuat sketsa dengan Line, maka rasakan perbedaan pengambaranya. Di tehnik sketsa Isometrik ini anda dituntut untuk selalu mengikuti arah kursor tersebut, untuk mengubah arah kursornya anda bisa menggunakan tombol F5.

Cobalah untuk mencoba membuat persegi / persegi panjang atau semacamnya terlebih dahulu, seperti ini.
image www.ilmugrafis.com
Sekilas sketsa tersebut seperti Bentu k 3D drawing,namun jika anda lihat dari sisi lain maka sketsa ini adalah sketsa 2D yg hanya dapat dilihat dari satu sisi saja.

image www.ilmugrafis.com
Gambar di atas adalah contoh kecil yg saya buat untuk design Line suatu Pipa….


No comments:

Post a Comment

Manfaat Bayam Brazil

  Manfaat Bayam Brazil 1. Kaya Akan Antioksidan Salah satu  manfaat bayam Brazil  yang utama adalah kandungan antioksidannya yang tinggi. ...