Sunday, May 20, 2012

Outline Pen di CorelDraw /Tulis Teks

Outline Pen di CorelDraw

Tutorial CorelDraw ini membahas tentang outline pen di CorelDraw. Fungsi outline pen di coreldraw adalah untuk memberikan efek garis pinggir / tepi pada suatu objek gambar atau tulisan text. Outline pen dapat dimunculkan lewat F12 di keyboard atau outline tool pada toolbox. Berikut adalah pembahasan mengenai outline pen di coreldraw X3.

1. Buat sebuah text sederhana dengan font Arial (B) ukuran 100 pt (selengkapnya baca: tutorial menulis coreldraw). Misal menulis kata " Belajar " dan beri warna merah


2. Dengan masih kata Belajar, klik menu outline pen di toolbox dan kita bisa memilih garis outline pen_nya dengan klik salah satunya. Apakah mau yang no outline (tanpa garis), hairline outline (garis tipis) 1/2 pt outline, 1 pt outline, 2 pt outline, 8 pt outline, 16 pt outline ataupun 24 pt outline

3. Bila merasa garis outline pen_nya kurang pas, bisa mengubahnya dengan tekan F12 pada keyboard atau klik Outline Tool pilih Outline Pen Dialog.

4. Pada menu Outline Pen Dialog, akan ditampilkan tebal outline, jenis garisnya, tipe corner & line caps dan sebagainya. Misalnya kita beri outline dengan nilai (width) : 2.0 milimeter (secara default: point (pt)) dan color : hitam, maka dihasilkan garis oultine yang terlalu tebal sampai kata Belajar kurang bagus.

5. Untuk mengatasinya, pada Behind Fill & Scale with image di centang (diaktifkan). Ini berfungsi letak outline_nya dibelakang warna dari text dan agar sesuai dengan gambarnya.

6. Nilai corner juga bisa ditentukan apakah tumpul melingkar, runcing atau rata. Misal pilih saja corner & line caps_nya tumpul melingkar (posisi no. 2) dan perhatikan pada pojok masing - masing hurufnya, akan tampak lebih halus dibanding sebelumnya.

7. Selain itu, juga bisa memilih jenis outline garisnya lewat style. Bisa dicoba dengan garis putus - putus ataupun garis lain dan perhatikan perubahannya.

8. Untuk langkah ini, kembalikan style outline_nya menjadi garis lurus saja. Disini akan mencoba sebuah pola kaligrafi pada tulisan, caranya putar saja gambar lingkaran hitam pada kota nib shape. Misalnya dengan stretch : 22 % dan angle  - 29.7 derajat, lalu klik saja oke. Perhatikan pola garis outline pada tulisan.

9. Sedangkan untuk arrow tidak dapat diaplikasikan dikarenakan arrow hanya untuk sebuah garis yang saling tidak bertemu antar titik lainnya

Outline Pen di Corel ini biasanya diperlukan untuk mempertajam suatu objek gambar atau tulisan text. Selain itu bisa untuk mempercantik suatu tampilan suatu objek gambar atau tulisan text. Untuk pemakaian outline tidak mutlak harus dipakai, karena tergantung dari penggunaannya.

No comments:

Post a Comment

Iklan