Sunday, June 17, 2012

Menambahkan protocol Facebook di Miranda IM. Bisa Chat dan Update Status FB

Mungkin diantara brader smua ada yang belum tau kalo Miranda IM mendukung facebook protocol? ato malah baru denger Miranda IM ya? HEhe… Miranda IM adalah multi protocol instant messenger client untuk windows yang bersifat open source, mendukung banyak protokol misalnya ICQ, Yahoo, Gadu-Gadu, MSN, Jabber, dan Lainnya termasuk Facebook juga Chating di jaringan lokal (LAN), cuman facebook tidak tersedia secara default. kita harus mendownload addons-nya terlebih dahulu brader.
Kalo tertarik silahkan download aplikasi Miranda dari sini http://miranda.googlecode.com/files/miranda-im-v0.8.10-unicode.exe kemudian sekalian addon facebook protocol disini http://addons.miranda-im.org/download.php?dlfile=4172
Install Miranda IM nya, setelah selesai ekstrak addon facebook yang berisi 2 folder yaitu icons dan plugins ke C:\Program Files\Miranda Im\ (default).. isi dari folder icons di copy ke folder icons, begitu juga dengan plugins.
image
image
Setelah itu jalankan Miranda Im nya, pilih menu (pojok kanan atas) kemudian pilih Accounts, maka akan muncul jendela seperti dibawah
image
Contoh di atas sudah ada accountnya, kalo pertama pakai kan pasti blum ada, untuk menambahkannya klik icon kecil di pojok kiri bawah yang berwarna hijau (New Account)
image
Beri nama account misalnya FB terus pilih protocol type-nya Facebook (sebelum di pasang addon facebook protocol pilihan ini belum ada). Kemudian OK, jika mempunyai account facebook yang
lainnya terus nantinya pengen online secara bersamaan tinggal ulangi langkah di atas beri accont name misalnya FB2. OK,
image
Klik nama akun nya terus ini seperti di atas, juga untuk akun yang lainnya jika ada. kemudian OK, kemudian klik configure, icon ke 3 setelah tanda plus hijau dibawah
image
Pastikan yang ditandai dengan warna merah diatas di centang, agar bisa meng update status lewat miranda, OK, ulangi jika mempunyai akun yang lain. OK
image
Masuk ke jendela utama miranda Klik icon fb di bagian bawah kemudian pilih Online. Jika koneksi berhasil daftar teman facebook anda akan muncul di contact list. double klik akun teman anda jika ingin chat.
image
image
Untuk meng update status facebook klik icon facebook, pilih Mind. Isi status. Share..
Untuk mempercantik dan menambahkan fitur pada miranda silahkan download addons yang tersedia di http://addons.miranda-im.org/ banyak sekali addons yang tersedia, mulai icons, sound, theme, protocols, informasi valas, cuaca, rss dan lainnya yang bisa menambahkan berbagai macam fitur ke miranda. Slamat mencoba brader! Smoga bermanfaat
####UPDATE ####
Versi terbaru miranda (sekarang v0.8.14) tidak diperlukan lagi plugins untuk bisa chat lewat akun facebook, bisa menggunakan protocol jabber, caranya bikin account baru, protocol type pilih jabber. edit akun tersebut, untuk type pilih Facebook Chat, masukkan user dan password. selesai. cuman gak bisa update status. kalo mau bisa update status tetep harus pake plugin spt diatas, dan versi terbarunya sekarang bisa ngasih tau status dari teman2 kita.


No comments:

Post a Comment

Iklan