Materi kurikulum
2013 dan Revisinya
Tahappelaksanaanpembelajarankurikulum 2013 meliputi:
a. KegiatanPendahuluanDalamkegiatanpendahuluan, guru:
1) mengondisikansuasanabelajar yang menyenangkan.
2) mendiskusikankompetensi yang
sudahdipelajaridandikembangkansebelumnyaberkaitandengankompetensi yang
akandipelajaridandikembangkan;
3) menyampaikankompetensi yang
akandicapaidanmanfaatnyadalamkehidupansehari-hari; dan
4) menyampaikangarisbesarcakupanmateridankegiatan yang
akandilakukan.
5) menyampaikanlingkupdanteknikpenilaian yang akandigunakan
b. KegiatanIntiKegiatanintimerupakan proses
pembelajaranuntukmencapaikompetensi, yang dilakukansecarainteraktif,
inspiratif, menyenangkan, menantang,
memotivasipesertadidikuntukberpartisipasiaktif, sertamemberikanruang yang
cukupbagiprakarsa, kreativitas, dankemandiriansesuaidenganbakat,
minatdanperkembanganfisiksertapsikologispesertadidik.
Kegiatanintimenggunakanpendekatansaintifik yang
disesuaikandengankarakteristikmatapelajarandanpesertadidik.
Guru memfasilitasipesertadidikuntukmelakukan proses mengamati,
menanya, mengumpulkaninformasi/mencoba, menalar/mengasosiasi,
danmengomunikasikan. Dalamsetiapkegiatan guru
harusmemperhatikanperkembangansikappesertadidikpadakompetensidasardari KI-1 dan
KI-2 antaralainmensyukurikaruniaTuhan, jujur, teliti, kerjasama, toleransi,
disiplin, taataturan, menghargaipendapat orang lain yang
tercantumdalamsilabusdan RPP.
c. KegiatanPenutupKegiatanpenutupterdiriatas:
1) Kegiatan guru bersamapesertadidikyaitu:
(a) membuatrangkuman/simpulanpelajaran;
(b) melakukanrefleksiterhadapkegiatan yang sudahdilaksanakan;
dan
(c) memberikanumpanbalikterhadap proses danhasilpembelajaran.
2) Kegiatan guru yaitu:
(a) melakukanpenilaian;
(b)
merencanakankegiatantindaklanjutdalambentukpembelajaranremedi, program pengayaan,
layanankonselingdan/ataumemberikantugasbaiktugas individual
maupunkelompoksesuaidenganhasilbelajarpesertadidik; dan
(c) menyampaikanrencanapembelajaranpadapertemuanberikutnya.
DayaDukung Proses
pembelajaranmemerlukandayadukungberupaketersediaansaranadanprasaranapembelajaran.Sarana
yang meliputiperabot, peralatanpendidikan, media pendidikan,
bukudansumberbelajarlainnya, bahanhabispakai, sertaperlengkapan lain yang
diperlukanuntukmenunjang proses pembelajaran yang teraturdanberkelanjutan.
prasarana yang meliputilahan, ruangkelas, ruangpimpinansatuanpendidikan,
ruangpendidik, ruangtatausaha, ruangperpustakaan, ruanglaboratorium,
ruangbengkelkerja, ruang unit produksi, ruangkantin, instalasidayadanjasa,
tempatberolahraga, tempatberibadah, tempatbermain, tempatberkreasi,
danruang/tempat lain yang
ASPEK PENILAIAN
Pengetahuan
Aspekpengetahuanmerupakanaspek yang ada di dalammateripembelajaranuntukmenmbahwawasansiswa di suatubidang. Di dalamstrukturkurikulumini,jenjang SD memilikipengetahuansebanyak 20% dan 80% aspekkarakter,jenjang SMP memilikibobotpengetahuan 40% dan 60% aspekkarakter,danjenjang SMA memilikibobotpengetahuan 80% dan 20% aspekkarakter. PadaKurikulum 2013 memangdiintergrasikandenganpendidikankarakter yang sebelumnyatelahdicanangkanpemerintahsebelumterbentuknyakurikulumini.
Aspekpengetahuanmerupakanaspek yang ada di dalammateripembelajaranuntukmenmbahwawasansiswa di suatubidang. Di dalamstrukturkurikulumini,jenjang SD memilikipengetahuansebanyak 20% dan 80% aspekkarakter,jenjang SMP memilikibobotpengetahuan 40% dan 60% aspekkarakter,danjenjang SMA memilikibobotpengetahuan 80% dan 20% aspekkarakter. PadaKurikulum 2013 memangdiintergrasikandenganpendidikankarakter yang sebelumnyatelahdicanangkanpemerintahsebelumterbentuknyakurikulumini.
Keterampilan
Aspekketerampilanbertujuanuntukmeningkatkanketerampilansiswadalammembuat,melaksanakan,danmengerjakansuatusoalatauproyeksehinggasiswadapatterlatifsifatilmiahdankarakter yang merujukpadaaspekketerampilan. Aspekketerampilandapatberupaketerampilanpengerjaansoal,keterampilanpengerjaandanpelaksanaanproyek,keterampilanmembuatteks,danketerampilandalammenjawabsoallisan.
Sikapdan Perilaku
Aspekpenilaiansikapdanperilakumerupakanaspekpenilaiandenganmenilaisikapdanperilakupesertadidikselama proses pembelajaran. Aspekpenilaianinidinilaioleh guru dalamjurnalharian,temansejawatdalamsebuahlembarannilai,dandiambilolehdirimasing-masingsiswa.
Materi Video Klik Disini
No comments:
Post a Comment