Saturday, July 4, 2020

Materi kurikulum 2013


Materi kurikulum 2013 dan Revisinya

Tahappelaksanaanpembelajarankurikulum 2013 meliputi:
a. KegiatanPendahuluanDalamkegiatanpendahuluan, guru:
1) mengondisikansuasanabelajar yang menyenangkan.
2) mendiskusikankompetensi yang sudahdipelajaridandikembangkansebelumnyaberkaitandengankompetensi yang akandipelajaridandikembangkan;
3) menyampaikankompetensi yang akandicapaidanmanfaatnyadalamkehidupansehari-hari; dan
4) menyampaikangarisbesarcakupanmateridankegiatan yang akandilakukan.
5) menyampaikanlingkupdanteknikpenilaian yang akandigunakan

b. KegiatanIntiKegiatanintimerupakan proses pembelajaranuntukmencapaikompetensi, yang dilakukansecarainteraktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasipesertadidikuntukberpartisipasiaktif, sertamemberikanruang yang cukupbagiprakarsa, kreativitas, dankemandiriansesuaidenganbakat, minatdanperkembanganfisiksertapsikologispesertadidik. Kegiatanintimenggunakanpendekatansaintifik yang disesuaikandengankarakteristikmatapelajarandanpesertadidik.
Guru memfasilitasipesertadidikuntukmelakukan proses mengamati, menanya, mengumpulkaninformasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, danmengomunikasikan. Dalamsetiapkegiatan guru harusmemperhatikanperkembangansikappesertadidikpadakompetensidasardari KI-1 dan KI-2 antaralainmensyukurikaruniaTuhan, jujur, teliti, kerjasama, toleransi, disiplin, taataturan, menghargaipendapat orang lain yang tercantumdalamsilabusdan RPP.

c. KegiatanPenutupKegiatanpenutupterdiriatas:
1) Kegiatan guru bersamapesertadidikyaitu:
(a) membuatrangkuman/simpulanpelajaran;
(b) melakukanrefleksiterhadapkegiatan yang sudahdilaksanakan; dan
(c) memberikanumpanbalikterhadap proses danhasilpembelajaran.
2) Kegiatan guru yaitu:
(a) melakukanpenilaian;
(b) merencanakankegiatantindaklanjutdalambentukpembelajaranremedi, program pengayaan, layanankonselingdan/ataumemberikantugasbaiktugas individual maupunkelompoksesuaidenganhasilbelajarpesertadidik; dan
(c) menyampaikanrencanapembelajaranpadapertemuanberikutnya.

DayaDukung Proses pembelajaranmemerlukandayadukungberupaketersediaansaranadanprasaranapembelajaran.Sarana yang meliputiperabot, peralatanpendidikan, media pendidikan, bukudansumberbelajarlainnya, bahanhabispakai, sertaperlengkapan lain yang diperlukanuntukmenunjang proses pembelajaran yang teraturdanberkelanjutan. prasarana yang meliputilahan, ruangkelas, ruangpimpinansatuanpendidikan, ruangpendidik, ruangtatausaha, ruangperpustakaan, ruanglaboratorium, ruangbengkelkerja, ruang unit produksi, ruangkantin, instalasidayadanjasa, tempatberolahraga, tempatberibadah, tempatbermain, tempatberkreasi, danruang/tempat lain yang


ASPEK PENILAIAN
Pengetahuan
Aspekpengetahuanmerupakanaspek yang ada di dalammateripembelajaranuntukmenmbahwawasansiswa di suatubidang. Di dalamstrukturkurikulumini,jenjang SD memilikipengetahuansebanyak 20% dan 80% aspekkarakter,jenjang SMP memilikibobotpengetahuan 40% dan 60% aspekkarakter,danjenjang SMA memilikibobotpengetahuan 80% dan 20% aspekkarakter. PadaKurikulum 2013 memangdiintergrasikandenganpendidikankarakter yang sebelumnyatelahdicanangkanpemerintahsebelumterbentuknyakurikulumini.

Keterampilan
Aspekketerampilanbertujuanuntukmeningkatkanketerampilansiswadalammembuat,melaksanakan,danmengerjakansuatusoalatauproyeksehinggasiswadapatterlatifsifatilmiahdankarakter yang merujukpadaaspekketerampilan. Aspekketerampilandapatberupaketerampilanpengerjaansoal,keterampilanpengerjaandanpelaksanaanproyek,keterampilanmembuatteks,danketerampilandalammenjawabsoallisan.

Sikapdan Perilaku

Aspekpenilaiansikapdanperilakumerupakanaspekpenilaiandenganmenilaisikapdanperilakupesertadidikselama proses pembelajaran. Aspekpenilaianinidinilaioleh guru dalamjurnalharian,temansejawatdalamsebuahlembarannilai,dandiambilolehdirimasing-masingsiswa.
Materi Video Klik Disini

No comments:

Post a Comment

10 Cara Dapatkan Penghasilan Pasif dari Aset Kripto

  Semua pecinta aset kripto nampaknya paham bahwa cara paling umum dalam mendulang cuan di aset kripto adalah dengan   trading . Hanya saja,...