Saturday, February 18, 2012

Cara lengkap membuat foto Ijazah Part 1

Langkah 1. Penyiapan foto
Siapkan file foto yang akan kita cetak menjadi foto ijazah. Lalu pindahkan ke Komputer kita.
Langkah 2. Membuka photoshop
Buka program Adobe Photoshop
Langkah 3. Membuka foto di photoshop
Buka foto yang dipilih : klik file >>> open. Saya akan mengambil contoh sebuah pas foto berwarna yang agak gelap dan sedikit miring.
Langkah 4. Membuat pas photo ukuran 3×4 cm.
Caranya :
  • Klik Windows >>> centangTool >>> klik Crop Tool.
  • Klik Windows >>> centang Option  >>>  isilah Width dengan 2,8 cm dan Height dengan 3,8 cm dan resolusi 300 pixel/inch. Angka-angka tersebut adalah ukuran lebar dan panjang pas foto ijazah yaitu 3×4 cm . Lihat gambar di bawah ini, Klik gambar agar terlihat lebih besar.  (Cara lengkap membuat ukuran foto ada di Cara membuat ukuran foto dengan photoshop)

  • Lakukan cropping caranya : Klik salah satu pojok foto >>> drag atau tarik ke pojok yang lain. Lakukan cara cropping ini tidak terlalu ketat dahulu,  longgar saja sehingga bagian foto yang dicropping lebih luas , nanti dilakukan pengaturan lebih lanjut.
  • Eksekusi Crop. Caranya : Klik kanan pada bagian foto >>> pilih Crop atau tekan Enter.Cara lainnya adalah Klik tanda Centang pada kotak Option di kanan atas.

  • Lakukan Zoom bila foto hasil Crop terlihat kecil. Klik Zoom Tool >>> Klik Zoom in pada Option >>> Klik Gambar. Cara cepat : tekan Alt sambil Scroll Mouse ke depan.
 Langkah 5. Pemotongan gambar
  • Jadikan foto tadi menjadi 2 layer. Caranya klik Layer >>> New >>> Layer Via Copy atau tekan Ctrl + J
  • Klik Move Tool (V)
  • Pastikan pada option pilihan Show Transform Control telah tercentang. Si sekeliling foto akan muncul Transform Control. Bila belum terlihat maka klik si sini.
  • Pastikan yang aktif adalah layer paling atas. Caranya klik Windows >>> Layers >>> klik layer paling atas. Bila layer paling atas sudah bertanda sorot (highlight) langkah ini abaikan saja.
  • Klik Control + T >>> Tekan Alt + Shift sambil klik pojok foto >>> Drag atau tarik ke arah luar sejauh yang kita inginkan dalam memotong foto kemudian lepaskan >>> Tekan Enter.
 
Langkah 6. Pengaturan foto agar simetris.
  • Caranya geserlah pas foto dengan Drag foto ke kanan atas kiri dan bawah sehingga secara keseluruhan foto benar-benar semetris di tengah. Untuk ke atas dan ke bawah aturlah sesuai kebutuhan. Agar lebih teleti  pengaturan ini dilakukan dengan menekan tombol anak panah pada  keyboard atas bawah kiri dan kanan.
  • Pada contoh di bawah ini  foto terlihat terlalu ke atas, maka saya turunkan dengan klik foto lalu drag ke bawah atau tekan tombol anah panah ke bawah pada keyboard, lalu tekan Enter.
Langkah 7. Pengaturan foto agar lurus vertikal
  • Caraya :  Klik Control + T >>> Arahkan cursor di sebalah luar Transform Control lalu. Lihat bentuk cursor  terlihat sebagai anak panah melengkung dengan dua arah. Ini adalah sebagai kontrol untuk memutar foto baik ke kiri atau ke kanan. Lakukan pengaturan ini dengan klik di dekat Transform Control sebelah luar dan geser/putar ka kanan dan kiri atau atas dan bawah segingga foto menjadi benar-benar simetris. Maksudnya tidak miring ke kanan atau ke kiri. Lalu >>> tekan Enter.

Langkah 8. Pemotongan foto ke dua 
  • Tekan Shift + Control + Klik pojokTansform Control ke arah luar  >>> Drag ke arah luar sejauh kebutuhan kita >>> Enter >>> Cropp.  Langkah ini kita lakukan untuk memotong bagian luar pas foto sehingga pas foto benar-benar pas.
  • Untuk memaksimalkan agar pengaturan ini benar-benar pas maka ulangi  lagi langkah 6 dan 7.
Langkah 9. Membuat pas foto menjadi hitam  putih  (Black and White/BW)
  • Bila pas photo yang kita punya adalah berwarna maka kita perlu mengubahnya. Bagaimana cara mengubah/membuat pas foto berwarna menjadi hitam putih  dengan photoshop ?  Gampang, mudah dan praktis. Yaitu  tekan Shift + ALt + U. Prinsipnya adalah mengatur saturasi warna menjadi nol/nihil. Asal usul langkah ini yaitu pilih menu Image >>> Adjustment >> Saturation.  Geser slider Saturation ke kiri secara maksimal. Cara lainnya yaitu dengan klik menu Image >>>Adjustment >>> Desaturatuon.
Langkah 10. Edit pas foto.
  • Yang paling utama pada langkah ini adalah mengatur gelap terang pas foto. Bagaimana cara mengatur/mengedit/ pas foto gelap menjadi terang ? Membuat terang menjadi gelap ? Salah satu caranya adalah melalui pengaturan Level yaitu :  pilih menu Image >>> Adjustment >>> Level. Akan muncul jendela Level. Kemudian aturlah gelap terang pas foto dengan menggeser icon segitiga pada slider ke kanan dan ke kiri sesuai dengan kebutuhan.
  • Edit yang lain silahkan seperti menghaluskan wajah, memotong rambut yang kurang rapi dan lainnya.
Langkah 11. Menyusun pas foto 3×4 cm di kertas A4 atau ukuran apa saja.
  • Caranya klik tulisan terdahulu yaitu Cara memperbanyak foto.
Langjah 12. Mengatur setting tata letak/ layout  foto di kertas pada printer.
  • Caranya baca klik tulisan  Print foto dengan Photoshop.
Nah demikian langkah-langkah untuk membuat foto ijazah. Bagaimana setelah dicetak fotonya tidak hitam putih tetapi cenderung berwarna tertentu, kemerahan, kehijauan, dll ? Ini berkaitan dengan setting printer atau lebih tepatnya kalibrasi warna antara monitor kita dengan setting warna printer. Cara pengaturannya? Tunggu saja kalau ada waktu…..

No comments:

Post a Comment

Iklan