1. RPP Mengintalasi OS Berbasis Text
2. RPP Menginstalasi PC dan Software
3. RPP Menginstalasi OS Jaringan berbasis TEXT
4. RPP Menginstalasi Perangkat Jaringan Lokal
5. RPP Menginstalasi OS Berbasis GUI
6. RPP Merancang Bangun & Menganalisis WAN
7. RPP Penerapan Konsep Listrik & Elektronika
8. RPP Mengintalasi OS jaringan Berbasis GUI
9. RPP Menginstalasi Perangkat Jaringan WAN
10. RPP Mengadministrasi Server Dalam Jaringan
11. RPP Melakukan Perbaikan & Perawatan peripheral
12. RPP Mendiagnosis Permasalahan Prangkat yang tersambung Jaringan
13. RPP Mendiagnosis Permasalahan & Pengoperasian PC & Peripheral
14. RPP Melakukan perbaikan dan atau Setting Ulang PC
15. RPP Melakukan Perawatan PC
16. RPP Mem-backup & Me-restore Software
17. RPP Perbaikan dan atau Setting Ulang Koneksi Jaringan WAN
18. RPP Melakukan & atau setting ulang koneksi Jaringan
19. RPP Permasalahan Pengoperasian PC yang Tersambung Jaringan
RPP Dan Silabus TKR /Otomotif
RPP :
Silabus :
RPP SMK
Panduan Pengembangan RPP Berkarakter (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
PANDUAN PENGEMBANGAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Kembali lagi saya memposrting tengang rpp akan tetapi l kali ini saya
memposting panduan pengembangan rpp yang di mana sebelumnya saya sudah
memposting rpp berkarakter smk,
ada beberapa kendala juga sehingga rpp sma mau pun smk belum rangkum
saya posting secara lengkap moh maaf ya, untuk yang sd/mi dan smp/mts
saya rasa sudah fiks semua.
I. Pendahuluan
Dalam rangka mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar.
Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran,Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian
II. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mencantumkan identitas
• Nama sekolah
• Mata Pelajaran
• Kelas/Semester
• Alokasi Waktu
Catatan:
- RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.
- Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan pendidikan
- Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar yang bersangkutan, yang dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya.
A.Standar Kompetensi
Standar Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada mata pelajaran tertentu. Standar kompetensi diambil dari Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar). Sebelum menuliskan Standar Kompetensi, penyusun terlebih dahulu mengkaji Standar Isi mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal berikut :
- urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau SK dan KD
- keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
- keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.
B. Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan minimal yang harus dimiliki peserta didik dalam rangka menguasai SK mata pelajaran tertentu. Kompetensi Dasar dipilih dari yang tercantum dalam Standar Isi. Sebelum menentukan atau memilih Kompetensi Dasar, penyusun terlebih dahulu mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
- Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan Kompetensi Dasar
- Keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
- Keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran
C.Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran berisi penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari kompetensi dasar. Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan.
D. Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus.
E. Metode Pembelajaran/Model Pembelajaran
Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Untuk mencapai suatu kompetensi dasar dalam kegiatan pembelajaran harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan dalam setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan :
a. Pendahuluan
Tujuan Pembelajaran berisi penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari kompetensi dasar. Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan.
D. Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus.
E. Metode Pembelajaran/Model Pembelajaran
Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Untuk mencapai suatu kompetensi dasar dalam kegiatan pembelajaran harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan dalam setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan :
a. Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran
yang ditujukan un¬tuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian
peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
b. Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan
pembelajaran di¬lakukan secara interaktif, inspiratif, menyenang¬kan,
menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta
memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian
sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis
peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik
melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
c. Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan un¬tuk mengakhiri aktivitas
pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau
kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
G. Sumber Belajar
Pemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan. Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. Misalnya, sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referens, dalam RPP harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.
Pemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan. Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. Misalnya, sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referens, dalam RPP harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.
H. Penilaian
Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat dituangkan dalam bentuk matrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian menggunakan teknik tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrik penilaian.
III. Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMK...........................
Mata Pelajaran : ...................................
Kelas/Semester : ...................................
Alokasi Waktu : ..... x 40 menit (… pertemuan)
A. Standar Kompetensi
B. Kompetensi Dasar
C. Tujuan Pembelajaran:
Pertemuan 1
Pertemuan 2
Dst
D. Materi Pembelajaran
E. Model/Metode Pembelajaran
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Pertemuan 2
dst
G. Sumber Belajar
H. Penilaian
mudah mudahan dengan adanya postingan Panduang Pengembangan RPP Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
ini teman-teman semua merasa terbantu dalam penyusunan rppnya, oh ya ,
mohon maaf karena dalam postingan ini berupa tabel yang merasa sulit
saya posting, akan tetapi teman teman semua bisa mendapatkan nya secara
lengkap, dibawah sudah saya sediakan tombol download silahkan di
download ya .
Category Article RPP dan Silabus SD, RPP dan Silabus SMA, RPP dan Silabus SMK, RPP dan Silabus SMP
Baca Yang Dibawah Juga
RPP dan Silabus SD
- Strategi Pembelajaran Matematika SD dan Karakteristik Anak Didik
- RPP Berkarakter SD | MI dan Download Gratis Silabus Terbaru 2011/2012
- Pembelajaran Tematik Pengertian dan Metode
- RPP TIK SD Berkarakter Silabus Terbaru Download Gratis 2011 2012
- RPP IPS SD Berkarakter Terbaru Download Silabus gratis 2011 2012
- RPP PKN Berkarakter SD dan Silabus Terbaru Download Gratis 2011 2012
- RPP IPA Berkarakter SD MI dan Silabus Terbaru Download Gratis 2011 2012
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SD dan Silabus Terbaru 2011 2012 Download Gratis
- RPP Tematik Kelas 1 SD Berkarakter Free Download Silabus MI Terbaru Gratis 2011 2012 Semseter
- RPP Berkarakter Kelas 6 SD MI Free Download Silabus Terbaru Gratis 2011 2012 Semester Satu Dua
- RPP Berkarakter Kelas 4 SD MI dan Free Download Silabus Terbaru Gratis 2011 2012
- RPP Berkarakter Kelas 5 SD MI dan Download Gratis Silabus Terbaru 2011 2012
- Contoh RPP Berkarakter Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi Terbaru SD/MI SMP/MTS SMA/MA 2011 2012
- Cara Membuat RPP Berkarakter | Menyusun Panduan RPP Terbaru Yang Baik
- Download Gratis Silabus dan RPP Tematik Berkarakter SD Terbaru Kelas 3 Semester satu dan dua 2011/2012
- Download Gratis RPP Tematik Berkarakter Kelas 2 SD | MI dan Silabus Terbaru 2011/2012
- Download Gratis Silabus dan RPP Bahasa Inggris Berkarakter SD Terbaru Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester satu dan dua 2011/2012
- RPP PAI Berkarakter SD Download Gratis dan Silabus Terbaru Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester satu dua Genap Ganjil 2011/2012
- Download Gratis RPP dan Silabus Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) Berkarakter SD Terbaru Kelas 3 4 5 6 semester Genap dan Ganjil 2011/2012
- Download Gratis RPP Berkarakter PJOK Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD/MI Terbaru Kelas 1 2 3 4 5 6 2011/2012
- RPP dan Silabus PKN SD
- RPP dan Silabus Penjaskes SD
- RPP dan Silabus IPS SD
- RPP dan Silabus IPA SD
RPP dan Silabus SMA
- RPP Seni Budaya dan Keterampilan SBK SMA Berkarakter dan Silabus Kelas X-XII Semester 1 dan 2
- RPP Bahasa Indonesia SMA Berkarakter dan Silabus Kelas X - XII Semester 1 dan 2
- Download Gratis RPP Berkarakter SMA|MA dan Silabus Terbaru Kelas 11, 12 dan 13
- RPP Bahasa Inggris SMA Berkarakter dan Silabus Kelas X-XII Semester 1 dan 2
- RPP PAI SMA Berkarakter dan Silabus Kelas X-XII Semester 1 dan 2
- RPP TIK Berkarakter SMA dan Silabus Kelas X-XII Semester 1 dan 2
- RPP Penjasorkes SMA Berkarakter dan Silabus Kelas X - XII Semester 1 dan 2
- RPP Fisika SMA Berkarakter dan Silabus Kelas X - XII Semester 1 dan 2
- RPP Sosiologi SMA Berkarakter dan Silabus Kelas X - XII Semester 1 dan 2
- RPP PKN SMA Berkarakter dan Silabus Kelas X - XII Semester 1 dan 2
- RPP Sejarah SMA Berkarakter dan Silabus Kelas X - XII Semester 1 dan 2
- RPP Geografi SMA Berkarakter dan Silabus Kelas X - XII Semester 1 dan 2
- RPP Ekonomi SMA Berkarakter dan Silabus Kelas X -XII Semester 1 dan 2
- RPP Biologi SMA Berkarakter dan Silabus Kelas X-XII Semester 1 dan 2
- RPP Kimia SMA Berkarakter Kelas X - XII Semester 1 dan 2
- RPP Matematika Berkarakter SMA Terbaru da Silabus Download Gratis 2011 2012
- RPP dan Silabus SMA
- RPP dan Silabus TIK SMA
- RPP dan Silabus Sosiologi SMA
- RPP dan Silabus Seni Budaya SMA
- RPP dan Silabus Sejarah SMA
- RPP dan Silabus Penjaskes SMA
- RPP dan Silabus PAI SMA
- RPP dan Silabus Matematika SMA
RPP dan Silabus SMK
RPP KKPI- RPP Berkarakter Penjasorkes SMK dan Silabus Kelas X-XII Semester 1 dan 2
- RPP Berkarakter SMK dan Download Gratis Silabus Terbaru Kelas 10 11 dan 12 | 2011 2012
- RPP SMK | Silabus SMK terbaru
- Silabus dan Rpp PKN
- Silabus Seni Teater
- Silabus Seni Musik
- Silabus Seni Tari
- Rpp dan Silabus Seni Budaya
- Rpp dan Silabus Kemuhammadiyahan
- RPP Bahasa Inggris
- RPP dan Silabus Kimia
- Silabus dan RPP KKPI
- RPP dan Silabus IPA SMK
- Silabus Audio Video
- RPP dan Silabus Kewirausahaan
- Rpp dan Silabus Matematika SMK
- RPP dan Silabus Fisika SMK
- Silabus Teknik Gambar Bangunan
- Silabus TKJ
- RPP Teknik Gambar Bangunan
- RPP Audio Video
- RPP SMK TKJ
- RPP dan Silabus Lengkap Otomotif
RPP KKPI Kelas X semester I
RPP KKPI Kelas X semester I
RPP KKPI Kelas X semester 2
RPP KKPI Kelas XI semester 1
RPP KKPI Kelas XI semester 1
RPP KKPI Kelas XI semester 2
RPP KKPI Kelas XII semester 1RPP TPM(Teknik Pemesinan),Adaptif ,Normatif
1. Bahasa Inggris
2. Matematika
3. Ilmu Pengetahuan Alam
4. Fisika
- RPP FISIKA KLS XII.pdf
5. Kimia
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
7. KKPI
8. Kewirausahaan
PRODUKTIF
- RPP 14.DKK.1. Memahami Proses Dasar Perlakuan Logam.pdf
- RPP 14.DKK.5. Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja _K3_ .pdf
- RPP 14.KK.9 Melakukan pekerjaan dgn Mesin Bubut.pdf
- RPP 14.KK.12. MEMBUBUT KOMPLEK.pdf
- RPP 14.KK.13. MENGEFRAIS KOMPLEK.pdf
- RPP 14.KK.14. MENGGERENDA PAHAT DAN ALAT POTONG.pdf
- RPP 14.KK.15. Mengoperasikan mesin NCCNC _dasar_.pdf
- RPP 14.KK.16. Memprogram mesin CNC.pdf
- RPP 14.KK.17. Mengoperasikan mesin NCCNC _dasar_.pdf
- RPP 14.KK.20. Inventor.pdf
- RPP Teknik Pemesinan
-
No comments:
Post a Comment