Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas
A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan
intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang
keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa
diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang
lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang
menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis
dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk
meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia
dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi
terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.
Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia
merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan
penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap
bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi
peserta didik untuk memahami dan
merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.
Dengan standar kompetensi mata
pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan:
peserta didik dapat mengembangkan
potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat
menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil intelektual
bangsa sendiri;
guru dapat memusatkan perhatian kepada
pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai
kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
guru lebih mandiri dan leluasa
dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi
lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
orang tua dan masyarakat dapat
secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kebahasaan dan kesastraan di
sekolah;
sekolah dapat menyusun program
pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan keadaan peserta
didik dan sumber belajar yang tersedia;
daerah dapat menentukan bahan dan
sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi dan kekhasan
daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.
B.
Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar
peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Berkomunikasi
secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan
maupun tulis
2.
Menghargai
dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa
negara
3.
Memahami
bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai
tujuan
4.
Menggunakan
bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan
intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5.
Menikmati
dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi
pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6.
Menghargai
dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual
manusia Indonesia.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan
berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Mendengarkan
2.
Berbicara
3.
Membaca
4.
Menulis.
Pada akhir pendidikan di SMA/MA, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya
15 buku sastra dan nonsastra.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami siaran
atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
|
1.1 Menanggapi
siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)
1.2 Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung/melalui rekaman
|
Berbicara
2. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan
bercerita
|
2.1 Memperkenalkan
diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat
2.2 Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai
berita, artikel, atau buku)
2.3 Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan
ekspresi yang tepat
|
Membaca
3.
Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca
|
3.1 Menemukan ide pokok
berbagai teks nonsastra dengan teknik
membaca cepat (250 kata/menit)
3.2 Mengidentifikasi
ide teks nonsastra dari berbagai
sumber melalui teknik membaca ekstensif
|
4.1 Menulis
gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif
4.2 Menulis
hasil observasi dalam bentuk paragraf
deskriptif
4.3 Menulis
gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf ekspositif
|
|
5.1 Mengidentifikasi
unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun
melalui rekaman
Mengungkapkan
isi suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman
|
|
Berbicara
6.
Membahas cerita
pendek melalui kegiatan diskusi
|
6.1 Mengemukakan
hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita
pendek melalui
kegiatan diskusi
6.2 Menemukan
nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi
|
Membaca
7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca
puisi dan cerpen
|
7.1 Membacakan
puisi dengan
lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat
7.2 Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari
|
Menulis
8.
Mengungkapkan pikiran, dan perasaan
melalui kegiatan menulis puisi
|
8.1 Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
8.2 Menulis
puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
|
Kelas X, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
9. Memahami informasi melalui tuturan
|
9.1 Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui
tuturan langsung
Menyimpulkan isi
informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks
yang dibacakan)
|
Berbicara
10. Mengungkapkan
komentar terhadap informasi dari berbagai sumber
|
10.1 Memberikan
kritik terhadap informasi dari media cetak dan
atau elektronik
Memberikan persetujuan/dukungan
terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan
atau elektronik
|
Membaca
11.
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca
memindai
|
11.1 Merangkum seluruh
isi informasi teks buku ke dalam beberapa
kalimat dengan membaca
memindai
11.2 Merangkum seluruh
isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik
ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai
|
12.1 Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk
paragraf argumentatif
12.2 Menulis gagasan untuk meyakinkan atau
mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf persuasif
12.3 Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat
12.4 Menyusun teks pidato
|
|
13.1 Menemukan
hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara
langsung dan atau melalui rekaman
13.2 Menjelaskan
hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara
langsung dan atau melalui rekaman
|
|
Berbicara
14. Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi
|
14.1 Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran
penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi
14.2 Menghubungkan
isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi
|
Membaca
15.
Memahami
sastra Melayu klasik
|
15.1 Mengidentifikasi karakteristik dan struktur
unsur intrinsik sastra
Melayu klasik
15.2 Menemukan
nilai-nilai
yang terkandung di dalam sastra Melayu klasik
|
Menulis
16.
Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang
lain ke dalam cerpen
|
16.1 Menulis karangan berdasarkan
kehidupan diri sendiri dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
16.2 Menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
|
Kelas
XI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami berbagai
informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara
|
1.1 Menemukan pokok-pokok isi sambutan/ khotbah yang didengar
1.2
Merangkum isi
pembicaraan dalam wawancara
|
Berbicara
2. Mengungkapkan secara lisan informasi
hasil membaca dan wawancara
|
2.1 Menjelaskan
secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca (artikel
atau buku)
2.2
Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu
|
Membaca
3.
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan
membaca nyaring
|
3.1 Menemukan
perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif
3.2 Membacakan berita dengan intonasi, lafal,
dan sikap membaca yang baik
|
Menulis
4.
Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang,
karangan ilmiah
|
4.1 Menulis proposal untuk berbagai keperluan
4.2 Menulis surat dagang dan surat
kuasa
4.3 Melengkapi karya
tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki
|
Mendengarkan
5.
Memahami pementasan drama
|
5.1 Mengidentifikasi peristiwa,
pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada pementasan drama
5.2 Menganalisis pementasan drama berdasarkan
teknik pementasan
|
Berbicara
6.
Memerankan tokoh dalam pementasan drama
|
6.1 Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan
mimik, sesuai dengan watak tokoh
6.2 Mengekpresikan perilaku dan
dialog tokoh protogonis dan atau antagonis
|
Membaca
7.
Memahami berbagai hikayat, novel
Indonesia/novel terjemahan
|
7.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat
7.2 Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan
|
Menulis
8.
Mengungkapkan infomasi melalui penulisan resensi
|
8.1 Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi
8.2 Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi
|
Kelas XI, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
9.
Memahami
pendapat dan informasi dari
berbagai sumber dalam diskusi atau seminar
|
9.1 Merangkum isi pembicaraan dalam
suatu diskusi atau seminar
9.2 Mengomentari pendapat seseorang
dalam suatu diskusi atau seminar
|
Berbicara
10. Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi
atau seminar
|
10.1 Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut
dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
10.2 Mengomentari
tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil
penelitian
|
Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan
membaca intensif
|
11.1 Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata per menit
11.2
Membedakan fakta dan opini pada editorial
dengan membaca
intensif
|
Menulis
12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan, notulen rapat, dan karya ilmiah
|
12.1 Menulis rangkuman/ringkasan isi buku
12.2 Menulis
notulen rapat sesuai dengan pola penulisannya
12.3 Menulis karya ilmiah seperti
hasil pengamatan, dan penelitian
|
Mendengarkan
13. Memahami pembacaan cerpen
|
13.1 Mengidentifikasi alur,
penokohan, dan latar dalam cerpen yang dibacakan
13.2 Menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan
|
Berbicara
14. Mengungkapkan wacana sastra dalam bentuk pementasan
drama
|
14.1 Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama
14.2 Menggunakan gerak-gerik, mimik, dan intonasi, sesuai dengan watak
tokoh dalam pementasan drama
|
Membaca
15. Memahami buku biografi, novel, dan hikayat
|
15.1 Mengungkapkan
hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh
15.2 Membandingkan unsur
intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan dengan hikayat
|
Menulis
16. Menulis naskah
drama
|
16.1 Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama
16.2 Menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk adegan dan latar pada naskah
drama
|
Kelas
XII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1.
Memahami informasi dari berbagai laporan
|
1.1 Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan
1.2 Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan
kritik dan saran
|
Berbicara
2. Mengungkapkan
gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi
|
2.1 Menyampaikan
gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis dalam diskusi
2.2 Menyampaikan
intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi
|
Membaca
3. Memahami artikel dan teks pidato
|
3.1 Menemukan
ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif
3.2 Membaca
nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat
|
Menulis
4. Mengungkapkan infomasi dalam bentuk surat
dinas, laporan, resensi
|
4.1 Menulis surat lamaran
pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur
4.2 Menulis surat dinas berdasarkan
isi, bahasa, dan format yang baku
4.3 Menulis laporan diskusi dengan
melampirkan notulen dan daftar hadir
4.4 Menulis resensi buku
pengetahuan berdasarkan format baku
|
Mendengarkan
5.
Memahami pembacaan novel
|
Menanggapi
pembacaan
penggalan novel
dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan
Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel
|
Berbicara
6.
Mengungkapkan pendapat tentang pembacaan
puisi
|
6.1 Menanggapi
pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
6.2 Mengomentari
pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
|
Membaca
7.
Memahami wacana sastra puisi
dan cerpen
|
7.1 Membacakan
puisi karya sendiri dengan
lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai
7.2 Menjelaskan
unsur-unsur intrinsik cerpen
|
Menulis
8.
Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk
resensi dan cerpen
|
8.1 Menulis
resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi
8.2 Menulis cerpen
berdasarkan kehidupan orang lain
(pelaku, peristiwa, latar)
|
Kelas
XII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
9. Memahami informasi dari
berbagai sumber yang disampaikan secara lisan
|
9.1 Mengajukan saran perbaikan tentang
informasi yang disampaikan secara
langsung
9.2 Mengajukan saran perbaikan tentang
informasi yang disampaikan melalui radio/televisi
|
Berbicara
10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan pidato tanpa teks
|
10.1 Mempresentasikan
program kegiatan/proposal
10.2 Berpidato tanpa
teks dengan lafal,
intonasi, nada, dan sikap yang tepat
|
Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif
|
11.1 Menemukan
ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit
11.2 Menentukan
kalimat kesimpulan (ide pokok) dari
berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif
|
Menulis
12
Mengungkapkan
pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
|
12.1 Menulis karangan berdasarkan topik tertentu
dengan pola pengembangan deduktif dan induktif
12.2 Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan
pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
|
Mendengarkan
13
Memahami pembacaan
teks drama
|
13.1 Menemukan
unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan
13.2 Menyimpulkan
isi drama melalui pembacaan teks drama
|
Berbicara
14
Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan
puisi lama
|
14.1 Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
14.2 Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan
kehidupan sehari-hari
|
Membaca
15
Memahami buku kumpulan puisi kontemporer
dan karya sastra yang dianggap penting
pada tiap periode
|
15.1 Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan
puisi komtemporer
15.2 Menemukan perbedaan karakteristik
angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode
|
Menulis
16
Mengungkapkan
pendapat dalam bentuk kritik dan esai
|
16.1 Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
16.2 Menerapkan prinsip-prinsip
penulisan kritik dan esai untuk
mengomentari karya sastra
|
E. Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi
pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan
Standar Proses dan Standar Penilaian.
No comments:
Post a Comment