Nah kali ini saya ingin membuat Aplikasi
sederhana tentang pengeluaran yang biasa kita lakukan setiap bulan kita
ingin tahu berapa total perbulan dan secara otomatis kita akan tahu
pengeluaran kita tersebut rendah, sedang atau termasuk tinggi.
Ok sebelum kita mulai mungkin untuk mempermudah dalam pembuatannya kita asumsikan beberapa hal berikut ini :
- Kita ingin tahu berapa total pengeluaran perbulan
- Dengan sekali memberi tanda silang dibawah bulan dimaksud maka akan secara otomatis muncul total pengeluaran bulan tersebut.
- Selain muncul total pengeluaran maka akan muncul pula keterangan dari total tersebut apakah pengeluaran kita termasuk rendah, sedang atau malah tinggi.
Nah sekarang saatnya kita memulai, seperti biasa buka Microsoft Office Excel (2007), sekarang kita kerja dulu di Sheet 1, dan tulis seperti contoh dibawah ini :
Cell | A | B |
1 | Bulan | Rp. |
2 | Jan | 125,000 |
3 | Feb | 450,000 |
4 | Mar | 300,000 |
5 | Apr | 275,000 |
6 | Mei | 200,000 |
7 | Jun | 850,000 |
8 | Jan | 150,000 |
9 | Feb | 222,000 |
10 | Mar | 416,000 |
11 | Apr | 638,000 |
12 | Mei | 90,000 |
13 | Jun | 850,000 |
14 | Jan | 75,000 |
15 | Feb | 116,000 |
16 | Mar | 100,000 |
17 | Apr | 75,000 |
18 | Mei | 338,000 |
19 | Jun | 475,000 |
20 | Jan | 50,000 |
21 | Feb | 500,000 |
22 | Mar | 479,000 |
23 | Apr | 910,000 |
24 | Mei | 230,000 |
25 | Jun | 350,000 |
- Buat Judul Tabel Aplikasi (Cell B1) yaitu : TABEL PENGELUARAN PERBULAN (diblok dari Cell B1 hingga Cell I1 klik Merge and Center)
- Cell B3 ketik Bulan Pengeluaran (diblok dari Cell B3 hingga Cell G4 klik Merge and Center)
- Cell B4 ketik Jan
- Cell C4 ketik Feb
- Cell D4 ketik Mar
- Cell E4 ketik Apr
- Cell F4 ketik Mei
- Cell G4 ketik Jun
- Cell H3 ketik Total Pengeluaran
- Cell I3 ketik Keterangan
Oke jika sudah sekarang arahkan Cursor ke Cell H6 dan ketikkan rumus sebagai berikut :
=IF(B6=”X”,SUMIFS(Sheet1!$C$2:$C$25,Sheet1!$B$2:$B$25,Sheet2!B4),Penjelasannya :
IF(C6=”X”,SUMIFS(Sheet1!$C$2:$C$25,Sheet1!$B$2:$B$25,Sheet2!C4),IF(D6=”x”,
SUMIFS(Sheet1!$C$2:$C$25,Sheet1!$B$2:$B$25,Sheet2!D4),IF(Sheet2!E6=”X”,
SUMIFS(Sheet1!$C$2:$C$25,Sheet1!$B$2:$B$25,Sheet2!E4),IF(F6=”X”,SUMIFS
(Sheet1!$C$2:$C$25,Sheet1!$B$2:$B$25,Sheet2!F4),IF(G6=”x”,SUMIFS
(Sheet1!$C$2:$C$25,Sheet1!$B$2:$B$25,Sheet2!G4)))))))
Ketika kita memberi tanda silang (X) di Cell B6 tepat dibawah bulan Januari maka kita mengharapkan muncul total (nilai) pengeluaran di Cell H6
selama bulan januari dan begitu seterusnya, dengan data yang dilihat
atau yang menjadi sandingan/perbandingan adalah data yang berada di Sheet 1.
Jika Sudah jelas yuk kita lanjutkan ke langkah berikutnya jika belum saya sarankan STOP dulu disini ntar puyeng lagi.
Ok sekarang arahkan cursor ke Cell I6
disini kita ingin muncul sebuah keterangan yang menerangkan bahwa
pengeluaran tersebut termasuk kategori rendah, sedang atau tinggi dan
rumus yang harus diketikkan adalah :
=IF(H6<500001,”Pengeluaran Bulan Ini Rendah“,IF(H6<1500001,”Pengeluaran Bulan Ini Sedang“,IF(H6>1500000,”Pengeluaran Bulan Ini Tinggi“)))
Penjelasannya :
Ketika sebuah angka atau total
pengeluaran dari bulan yang dimaksud muncul maka akan muncul sebuah
keterangan dengan kriteria yang telah ditentukan, misalkan total satu
bulan tersebut Rp. 300.000 (tiga ratus ribu rupiah) maka akan muncul
keterangan Pengeluaran Bulan Ini Rendah dan begitu seterusnya.
Jika sudah selesai sekarang coba praktekan dengan memberi tanda silang (X) disalahs atu bulan jika muncul Total Pengeluaran di Cell H6 dan keterangan di Cell I6 berarti rumus yang anda ketik barusan berhasil.
Hal yang musti diperhatikan adalah nama
bulan yang ada di Sheet 1 dan Sheet 2 wajib kudu sama jika salah satu
berbeda maka rumus tidak akan berfungsi.
No comments:
Post a Comment