Dalam Membuat Form tidak melulu
didominasi oleh Ms. Acces dan hal tersebut bisa juga dilakukan di
Ms.Excel dengan cara yang cukup mudah.
Form ini cukup membantu
dalam memperlancar pekerjaan terutama dalam hal pengisian tabel yang
begitu banyak atau cara lain dalam hal mengisi tabel yang kita buat
sebelumnya.
Ok sekarang kita langsung cara Membuat form tersebut.
Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengatifkan salah satu COMMAND bawaan Excel yaitu FORMS, dengan cara sebagai berikut :
- Klik lambang Microsoft dipojok kiri atas kemudian pilih Excel Options.
- Kemudian pilih Customize dan akan muncul berbagai pilihan Commands dan cari Command Form.
- Setelah itu tekan OK
Command Form tersebut akan muncul di sebelah kanan lambang Microsoft tersebut dan lambang Form tersebut adalah seperti ini :
Langkah selanjutnya yaitu kita membuat table, perhatikan contoh dibawah ini :Setelah itu arahkan cursor di Cell A1 atau tepatnya di judul kolom NO, kemudian klik lambang form yang sudah kita add sebelumnya maka akan muncul sebuah form dengan tulisan seperti ini :
Microsoft Office Excel cannot determine which………
Kemudian tekan OK dan hasilnya akan muncul FORM seperti gambar dibawah ini :
Berarti kita sukses Membuat FORM tersebut dan tinggal mengisi datanya.
Sebagai latihan coba isikan data seperti ini di FORM yang sudah muncul tadi:
No 1Jika sudah coba sekarang keluar dari FORM tersebut, maka ditable akan berisi data seperti ini :
Nama Iyan
NIS 1234
Kelas A1
Jenis Kelamin L
Mudah bukan, dan setiap akan mengisi Tabel data tersebut selalu mengarahkan Cursor tepat di Cell A1 (No).
Selamat Mencoba.
No comments:
Post a Comment