BAB 2
MEDIA PENDIDIKAN
JENIS DAN KARAKTERISTIK MEDIA
A.TAKSONOMI
Taksonomi adalah media atau bahan sebagai
sumber belajar.
Beberapa contoh usaha taksonomi media
tersebut antara lain adalah :
1.Taksonomo menurut Rudy Bretz
Bretz mengatakan ciri utama dari media menjadi 3 unsur
pokok,yaitu :
-
Suara
-
Visual
-
gerak
2. Hierarki Media menurut Duncan
Duncan mengatakan semakin rumit media yang dipakai,mahal
juga biaya investasinya,tetapi semakin luas juga lingkup
sasarannya.
3. Taksonomi menurut Briggs
Taksonomi ini mengarah pada rangsangan yang dapat ditimbulkan dari
media sendiri.
13 macam media yang digunakan dalam proses belajar mengajar,yaitu:
•
Objek h. Film rangkai
•
Suara langsung i. Film bingkai
•
Rekaman audio j.
film
•
Media cetak k. televisi
•
Pembelajaran terprogram l.
gambar
•
Papan tulis
•
Media transparan
4. Taksonomi menurut Gagne
Gagne membuat 7 macam pengelompokan media
,yaitu :
-
Benda untuk didemontrasikan
-
Kmunikasi lisan
-
Media cetak
-
Gambar diam
-
Gambar gerak
-
Film bersuara ,dan
-
Mesin belajar
5.Taksonomi menurut Edling
Edling beranggapan bahwa siswa,rangsangan belajar
dan tanggapan merupakan variabel kegiatan
belajar dengan media. Menurut Edling ,media
merupakan bagian dari 6 unsur rangsangan
belajar,yaitu
- Dua untuk pengalaman audio
meliputi kodifikasi subjektif visual dan koditikasi objek audio
- Dua untuk pengalaman visual
meliputi kdifikasi subjektif audio dan kodifikasi visual,dan
- Dua pengalaman belajar 3 dimensi
meliputi pengalaman langsung dengan orang dan engalaman langsung dengan
benda-benda.
B. KARAKTERISTIK
Karakteristik adalah ciri-ciri khas suatu
media berbeda menurut tujuan atau
maksud pengelompokannya.
Ada karakteristik jenis media yang dipakai
dalam
kegiatan belajar mengajar ,yaitu :
•
Media Grafis
Ini termasuk media visual.yang fungsinya
untuk menyalurkan peasan dari sumber ke
penerima,menyangkut indera penglihatan.
Jenis-jenis media grafis
•
Gambar /foto
Ini media yang paling umum dipakai
karena dapat dimengerti dan dinikmati dimana-mana.
Beberapa kelebihan media gambar foto,yaitu:
-
Foto dapat memperjelas suatu masalah.
-
Foto harganya murah dan gampang didapat,seta digunakan tanpa peralatan
khusus.
-
Sifatnya konkret,gambar lebih realistis menunjukkan pokok masalah
dibandingkan dengan media verbal semata.
Gambar/foto juga mempinyai beberapa
kelemahan,yaitu:
-
Gambar/foto hanya menekankan persepsi indera mata
-
Gambar/foto benda yang terlalu kompleks kurang efektif untuk kegiatan
pembelajaran.
-
Ukurannya sangat terbatas.
Selain itu,ada 6 syarat dipenuhi oleh gsmbsr/foto
yang
baik dijadikan media pendidikan,yaitu:
-
Autentik
-
Sederhana
-
Mengandung gerak/perbuatan
-
Gambarbagus belum tenti baik untuk mencapai tujuan pembelajaran
-
Ukuran relatif
-
Gambar hendaklah bagus dari sudut seni dengan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai.
b. Sketsa
Sketsa
adalah gambar yang sederhana,atau
draft
kasar yang melukiskan bagian-bagian
pokoknya
tanpa detail.
C. Diagram
Suatu gambar sederhana yang menggunakan
garis-garis
dan simbol-simbol,skema
menggambarkan strukturdari objek secara
garis besar
Diagram yang baik sebagai media pendidikan adalah:
- Benar ,digambar yang rapi,diberi
titel,label penjelasan yang perlu
- cukup besar dan ditempatkan secara srategis
,dan
- Penyusunannya disesuaikan dengan
pola membaca yang umum.
d. Bagan/chart
Ini termasuk media visual.fungsinya,
menyajikan ide/konsep yang sulit
disampaikan secara tertulis/lisan secara visual.
Sebagai media yang baik ,bagan haruslah :
-
Dapat dimengerti anak
-
Sederhana dan lugas,tidak rumit
E. Grafik
Grafik adalah gambar sederhan yang menggunakan
titik/garis/gambar.fungsinyamenggambarkan
data kuantitatif secara teliti,menerangkan
perkembangan/perbandingan sesuatu peristiwa
secara singkat dan jelas.
Ada macam-macam grafik yang sering digunakan
antara lain :
- Grafik garis - grafik lingkaran
- Grafik batang - grafik gambar
f. Kartun
Kartun adalah suatu gambar interpretatif
yang
menggunakan simbol untuk
menyampaikan sesuatu pesan secara cepat
terhadap
orang/situasi tertentu.
g. Poster
Poster adalah untuk menyampaikan kesan-kesan
dan
mempengaruhi memotivasi orang yang melihatnya.
h. Peta dan globe
Fungsinya untuk menyajikan data-data lokasi.
• Papan flanel
Papan flanel adalah media grafis yang
efektif untuk menyajikan pesan kepada
sasaran tertentu.
j. Papan buletin
Fngsinya untuk menerangkan sesuatu
atau
memberitahukan kejadian dalam
waktu tertentu.
2. Media audio
Media ini berkaitan dengan indra pendengaran.
pesannya disampaikan dengan lambang auditif,baik
verbal maupun non verbal.
Beberapa jenis nedia audio adalah:
- Radio - piringan hitam
- Alat perekam pita magnetik - laboratorium bahasa
3. Media proyeksi diam
Media ini mempunyai persamaan dengan media grafik
dalam
arti menyajikan rangsangan visual.
Beberapa jenis media proyeksi antara lain :
•
Film bingkai *
proyektor opaque
•
Film rangkai *
microfilm
•
Overhead proyektor
a. Film bingkai
Suatu film berukuran 35mm,yang biasanya dibungkus
dari
karton/plastik.
b. Film rangkai
Film ini memiliki 2 ukuran gambar yaitu gambar
tunggal dan gambar ganda.
c. Media transparansi
Media visual proyeksi,yang dibuat diatas
bahan transparan .
d. Proyeksi tak tembus pandang
Alat untuk memproyeksikan bahan bukan transparan
tetapi bahn yang tidak tembus
pandang.kelebihannya,untuk
bahan cetak
pada buku,majalah,foto grafis,dan bagan diagram.
e. Mikrofis
Mikrofis adalah lembaran film transparan terdiri
dari lambang
visual yang diperkecil sehingga tidak dapat
dilihat dengan
mata
telanjang.
Keuntungan mikrofis adalah:
-
mudah dikopi cetak
-
Bisa diproyeksikan ke layar lebar
Kelemahan mikrofis adalah:
-
Mudah hilang
-
Pembuatan masternya mahal
f. film
Sebagai suatu media,film memiliki keunggulan
berikut ini:
- Film merupakan suatu denominator
belajar yang umum
- Film sangat bagus untuk
menerangkan suatu proses
- Film memikat perhatian anak
- film dapat merangsang/memotivasi
kegiatan anak-anak
g. Film gelang
Film gelang adalah jenis media yang terdiri film
yang
berukuran 8mm/16mm yang ujungnya
saling
bersambungan sehingga film akan berputar
terus
berulang –ulang kalau tidak dimtikan.
h. televisi
Televisi adalah media yang menyampaikan
pesan-pesan
pembelajaran secara audio-visual dengan
disertai unsur gerak.
Televisi juga media pendidikan dan mempunyai
kelebihan-kelebihan sebagai berikut :
-
Tv merupakan medium yang menarik
-
Sifatnya nyata dan langsung
-
Tv dapat meningkatkan pengetauan dan kemampuan guru dalam belajar.
Kelemahan tv adalah :
-
Sifat komunikasi hanya satu arah
-
Jika akan dimanfaatkan dikelas jadwal siaran dan jadwal pelajaran disekolah
sering sulit disesuaikan
-
Harga pesawat tv relatif murah
i. video
Video ini sebagai media audio visual yang
menampilkan
gerak.pesan yang disampaikan bersifat
fakta ,bisa bersifat informatif ,edukatif maupun
intruksional.
Kelebihan video antara lain :
- Dapat menarik perhatian
- Menghemat waktu dan rekaman dapat
diputar berulang-ulang
- Ruangan tak perlu digelapkan
waktu menyajikan
- Keras lemah suara yang ada bisa
diatur
g. Permainan dan simulasi
Permaiana adalah setiap kontes antara para pemain
yang
berinteraksi satu sama lain dengan
mengikuti
aturan untuk mencapai tujuan tertentu.
Ada 4 komponen utama dalam permainan,yaitu:
- Adanya pemain
- Adanya lingkungan dimana para
pemain berinteraksi
- Adanya aturan main,dan
- Adanya tujuan tertentu yang ingin
dicapai.
- Simuasi adalah suatu model hasil
penyerderhanaan suatu realitas.
Unsur-unsur permainan dan simulasi yaitu:
- Setting - aturan -
penyajian model situasi
- Pemain - tujuan
Permainan peran berbeda dengan lainnya memiliki 3
komponen yaitu:
- Adanya skenario/lingkungan tempat
terjadinya tindakan
- adanya sejumlah peran dengan berbagai
karakteer yang dibawakan,dan
- Adanta masalah yang harus
dipecahkan oleh pemegang peran tersebut.
Kelebihan permainan antara lain:
- Permainan juga suatu permainan
menyenangkan untuk dilakukan dan sesuatu yang menghibur.
- Permainan memungkinkan adanya
partisipasi aktif dari siswa untuk belajar.
- Permainan dapat memberikan umpan
balik langsung.
- Permainan bersifat luwes.
- Permainan memungkinkan penerapan
konsep/peran ke dalam situasi di masyarakat.
- Permainan dapat dengan mudah
dibuat dan diperbanyak.
Permainan dan simulasi juga mempunyai kelemahan
yaitu:
- Karena asyik/belum mengenai
aturan pelaksanaan
- Dalam mensimulasikan situasi
sosial permainan terlalu menyederhanakan konteks sehingga tidak mustahil siswa
justru memperoleh kesan yang salah
- Kebanyakan permainan hanya
melibatkan beberapa orang siswa padahal keterlibatan seluruh siswa/warga
belajar amatlah penting agar proses bisa lebih efektif dan efisien.
No comments:
Post a Comment