SILABUS
NAMA
SEKOLAH : SMK
MATA
PELAJARAN : Membuat halaman
Web dinamis tingkat lanjut
KELAS/SEMESTER : XI /2
STANDAR KOMPETENSI : Membuat
halaman Web dinamis tingkat lanjut
KODE KOMPETENSI : 070.KK.13
ALOKASI
WAKTU : 54 X
45 Menit
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.
Menjelaskan konsep pemograman Web dinamis
|
·
Standar pemrograman
yang penting dari internet dapat dijelaskan
|
·
Konsep dan Teknologi
pengembangan WEB
|
·
Mengkoneksikan
Internet untuk pembelajaran WEB dinamis
·
Menjelaskan standar
pemrograman yang penting dari internet dapat
·
Mengidentifikasi
konten konten WEB
·
Mengamati berbagai
aplikasi web sebagai contoh di
internet
|
Hasil Program
Tes tertuli
Pengamatan
|
32
|
14(2)
|
8(4)
|
· Buku Macro-media
Dream-weaver
· Modul design WEB
· Komputer
·
Jobsheet
|
2
.Mempersiapkan pembuatan Aplikasi
|
·
Perlengkapan software
teks editor dan browser sesuai dengan kebutuhan diidentifikasi
·
Software dioperasikan
sesuai dengan standar operasi aplikasi
·
Sumber data yang
dibutuhkan sudah ditentukan dimana
letaknya dan bagaimana mengaksesnya.
|
·
Software aplikasi
pengembangan WEB
·
Desai Lay out dan
Scripting
·
Sumber daya server
|
·
Mengidentifikasi
perlengkapan software teks editor dan browser sesuai dengan
kebutuhan
·
Mengoperasikan
software sesuai dengan standar operasi aplikasi
·
Menentukan sumber data
yang dibutuhkan sudah ketentuan dimana
letaknya dan bagaimana mengaksesnya.
·
Menyiapkan sketsa
disain untuk web yang akan dibuat
·
Menyiapkan desain interface/
menu-menu
|
·
Web
Aplikasi E learning
·
Web
browser untuk aplikasi
·
Pengamatan
·
Tanya
jawab
|
|
|
|
· Buku Macro-media
Dream-weaver
· Modul design WEB
· Komputer
·
Jobsheet
|
|
·
Sketsa disain untuk web
yang akan dibuat sudah disiapkan
·
Desain interface/
menu-menu sudah disiapkan
·
Ditentukan
bagian-bagian yang akan dibuat menjadi program script dan modul-modul
·
Server yang akan digunakan untuk web, dimana script dijalankan,
dan patform komputer apa yang akan digunakan sudah ditentukan
|
·
Software aplikasi
pengembangan WEB
·
Desai Lay out dan
Scripting
·
Sumber daya server
|
·
Menentukan
bagian-bagian yang akan dibuat menjadi program script dan modul-modul
·
Menentukan server
yang akan digunakan untuk web, dimana script dijalankan,
dan patform komputer apa yang akan digunakan sudah
·
Mendesain Sketsa untuk
web
·
Mendesain interface/
menu-menu
|
|
|
|
|
|
3. Mengaplikasikan fitur-fitur deferent-level
heading, paragraph, font. List, tabel
|
·
Memahami penggunaan
heading untuk menulis title
·
Memahami penggunaan
pararaph, dan list untuk menulis artikel
·
Memahami penggunaan font untuk mengatur tulisan
·
Memahami penggunaan
table untuk mengatur layout dan buku tamu
|
·
Penggunaan tag heading
·
Penggunaan tag
paragraph
·
Penggunaan tag list
·
Penggunaan tag table
|
·
Menjelaskan
penggunaan heading dan menuliskan
syntaknya.
·
Membuat aplikasi
sederhana menggunakan tag heading
·
Menjelaskan
penggunaan pararaph, dan list untuk
menulis artikel
·
Menjelaskan
penggunaan font untuk mengatur tulisan
·
Menjelaskan
penggunaan table untuk mengatur layout
dan buku tamu
|
|
|
|
|
· Buku Macro-media
Dream-weaver
· Modul design WEB
· Komputer
Jobsheet
|
4. Melakukan editing Layout
|
·
Memahami konsep editing terhadap isi artikel, news dsb.
·
Memahami editing
terhadap buku tamu dan komentar
|
·
|
·
Melakukan editing
terhadap isi artikel, news dsb.
·
Melakukan editing
terhadap buku tamu dan komentar
|
|
|
|
|
· Buku Macro-media
Dream-weaver
· Modul design WEB
· Komputer
Jobsheet
|
5. Menggunakan fitur-fitur tambahan untuk
mengformat layout halaman
|
·
Memahami penggunaan
border pada layout halaman
·
Memahami penggunaan
background pada layout halaman
|
·
Penggunaan tag border
untuk layout halaman
·
Penggunaan tag
background untuk layout halaman
|
·
Menggunakan tag border
untuk mengatur layout halaman web
·
Menggunakan tag
background untuk mengatur layout halaman web
|
|
|
|
|
· Buku Macro-media
Dream-weaver
· Modul design WEB
· Komputer
Jobsheet
|
6. Mengintegrasikan
dokumen web dengan objek lain seperti grafik, animasi. Audio,video, dll
|
·
Memahami penggunaan
tool insert picture untuk memasukkan gambar
·
Memahami penggunaan
tool insert media untuk memasukkan animasi
·
Memahami script untuk
memasukkan audio video
|
·
Penggunaan tool insert
picture
·
Penggunaan tool insert
media
·
Menciptakan script
untuk memasukkan audio video
|
·
Menggunakan tool
insert picture untuk memasukkan gambar
·
Menggunakan tool
insert media untuk memasukkan animasi
·
Membuat scrip untuk
memasukkan audio video
|
|
|
|
|
· Buku Macro-media
Dream-weaver
· Modul design WEB
· Komputer
Jobsheet
|
7. Membuat web dengan menggunakan bahasa
script
|
· File-file HTML dibuat dengan cara coding
· Kode program script dibangun dan diuji beserta modul-modul yang
digunakan
· Web yang dibuat tampil dilayar sesuai dengan rancangan
· Tujuan dari pengiriman konten Web yang terdiri dari file program
didemonstrasikan
· Keuntungan/kerugian pemrosesan client-side didemonstrasikan
·
|
· File-file HTML
· Coding dan Scripting
· Pengujian script dan desain WEB
|
· Membuat coding file-file HTML
· Membangun kode program script dibangun
· Menguji coba code program script yang dibangun beserta modul-modul yang
digunakan
·
Menampilkan Web yang
dibuat dilayar sesuai dengan rancangan
· Mendemonstrasikan tujuan dari pengiriman konten Web yang terdiri dari
file program
· Mendemonstrasikan keuntungan/kerugian pemrosesan client-side
|
· Kompilasi program
· Pengamatan
· Tes tulis
|
|
|
|
· Buku Macro-media
Dream-weaver
· Modul design WEB
· Buku PHP
· Komputer
Jobsheet
|
8. Menelusuri dan
memperbaiki kesalahan pada kode-kode pemrograman (Bug)
|
· Pesan kesalahan yang muncul bisa dipahami
· Pesan kesalahan yang muncul bisa diatasi
Perilaku
Berkarakter :
§
Jujur,
disiplin, mandiri, kerja keras, dan peduli lingkungan
Ketrampilan
Sosial :
·
Bertanya,
menyumbangkan ide atau pendapat, menadi pendengar yang baik dan
berkomunikasi.
|
· Run dan Debug
|
· Melakukan pengecekan /trial error pada kode program
· Membedakan pesan kesalahan yang muncul
|
· Kompilasi program
· Pengamatan
· Tes tulis
§ Pengamatan Perilaku
berkarakter
|
|
|
|
·
|
Keterangan
TM : Tatap
Muka
PS :
Praktek di Sekolah (2 jam praktik di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka)
PI :
Praktek di Industri (4 jam praktik di
Du/ Di setara dengan 1 jam tatap muka)
Mengetahui
Kepala SMK
|
|
Mojokerto, Juli 2019
Guru Mata Pelajaran
|
|
|
|
---------------
|
|
Sugiono.S.Kom
NIP.
………………………….
|
No comments:
Post a Comment