Pintasan (Hotkey) & Grafik Untuk Blender
Blender adalah aplikasi komprehensif dan terus berkembang untuk membuat segala macam konten 3D. Kekuatannya sebagian besar berasal dari cara fungsinya dapat diakses melalui penggunaan cara pintas keyboard dan kombinasi. Bagi Pengguna, ini bisa menjadi tantangan dalam hal mengingat apa yang dilakukan tombol pintas apa di Blender.
Isi
Sumber Daya
Catatan penting : sifat perkembangan Blender yang terus berubah berarti fitur dapat diperbarui secara sewenang-wenang sehingga tombol pintas dapat dipetakan ke fungsi yang berbeda atau berada di lokasi yang berbeda dari versi ke versi - ini terutama berlaku untuk Blender 2.50, hingga dan termasuk, versi terbaru .
Berikut ini adalah daftar cara pintas keyboard yang berguna, perintah dan fitur untuk Blender, berguna untuk tetap di satu sisi saat pemodelan. Meskipun bias di bawah ini mengarah ke pembuatan konten untuk game, baik Blender memiliki Blender Game Engine internal atau teknologi pihak ketiga eksternal, mereka layak untuk diketahui karena ada banyak kesamaan untuk sebagian besar jenis pembuatan konten lainnya dan akan memfasilitasi Pengguna mendapatkan hasil maksimal dari Blender.
Catatan desain : bagan dan referensi terkait dengan tindakan umum atau yang sering digunakan di Blender sehingga tidak boleh dianggap sebagai daftar pintasan yang komprehensif. Perhatikan juga bahwa pemicu sensitif konteks, tombol yang sama dapat berfungsi secara berbeda tergantung pada Editor terbuka atau operasi dilakukan.
Bagan Pintasan (Hotkey) ^
Tata letak keyboard dan hotkey peta Dasar (Standar UK) untuk Blender - NB beberapa tombol pintas dapat dipetakan berbeda tergantung pada bahasa sistem
Blender keyboard shortcut & hotkey map kosong sehingga Anda dapat memetakan kombinasi tombol Anda sendiri - tata letak keyboard standar berdasarkan bahasa Inggris
Blender dapat melakukan banyak 'hal' sehingga memiliki bagan semacam untuk 'memetakan' semua pintasan keyboard itu akan berguna, terutama jika itu dapat dicetak. Bagan hotkey berikut menunjukkan pintasan dasar yang tersedia untuk Blender. Versi kosong juga disediakan untuk pemetaan kunci 'custom' dan pemetaan yang berbeda berdasarkan bahasa sistem.
Navigasi Umum / Kontrol Mouse ^
Shift dan Control (Ctrl), tombol inti yang digunakan dalam kombinasi dengan tombol kiri, kanan dan tengah
- Tombol tengah mouse (MMB)
- MMB + tahan + seret
- Memutar Tampilan 3D
- Memberondong kiri / kanan, atas / bawah jendela / editor lainnya - Gulir MMB Atas / Bawah
- Memperbesar Tampilan 3D dan Editor lain yang masuk / keluar
- Menggulir misc. Panel Kontrol & Properti naik / turun - Shift + MMB
- Strafe / Terjemahkan viewport atau editor kiri / kanan dan atas / bawah - Ctrl + MMB
- Memperbesar Tampilan 3D dan Editor lain yang masuk / keluar
- MMB + tahan + seret
- Tombol kiri mouse (LMB)
- Klik LMB
- Konfirmasikan atau atur tindakan atau operasi - LMB + tahan + seret
- Memulai & menyeret pegangan Widget X, Y, & Z dalam Tampilan 3D - Ctrl + LMB
- Freestyle 'loop' Pilih
- Edit nama data ID Outliner / ID
- Klik LMB
- Tombol kanan mouse (RMB)
- RMB Klik
- Pilih Obyek, item atau elemen - Shift + RMB
- Obyek, item atau elemen Multi-pilih atau multi-hapus pilihan
- RMB Klik
Tombol Pintas Manipulasi Objek / Elemen Umum ^
Pintasan manipulasi dasar ke " Pindahkan ", " Putar ", dan " Skala " - ini adalah tombol pintasan universal yang berlaku / dapat digunakan di sebagian besar Panel Editor, Windows atau Panel Kontrol / Properti / Opsi
- G = Terjemahan bebas / Memanipulasi (X, Y dan Z untuk mengunci sumbu)
- S = Skala Gratis / Ubah Ukuran (X, Y dan Z untuk mengunci sumbu)
- R = Rotasi gratis (X, Y dan Z untuk mengunci sumbu)
- + Ctrl = Snaps to increment (^)
- + Ctrl + Shift = Terkunci untuk kenaikan kecil (^)
- + Shift = Memperlambat gerakan (^)
- + Shift + Ctrl = Terkunci untuk kenaikan yang lebih kecil (^)
Catatan desain : (^) menunjukkan tindakan yang dimulai setelah manipulator, yaitu, tekan " G " lalu " Ctrl " dll., Ditekan selama aktivitas / tindakan.
Tombol Pintas Orientasi Tampilan 3D Umum ^
Tampilan 3D dan orientasi Objek di dalam dapat dikontrol menggunakan tombol " NumPad " - perhatikan orientasi sumbu default adalah X / Y / Z (kiri / kanan, depan / belakang, atas / bawah)
Catatan desain : di mana kunci Numpad tidak tersedia (laptop), dalam " Preferensi Pengguna " aktifkan " Emulasikan Numpad " di bawah opsi " Input ", memaksa Blender untuk menggunakan kunci angka utama, 1 - 0, sebagai alternatif. Mengaktifkan 'meniru' menonaktifkan fitur 'pemilihan layer' normal yang dikaitkan dengan kunci yang sama.
- Home = pusat kembali Tampilan 3D (rata-rata pada objek yang terlihat)
- NumPad 0 = Perspektif Kamera
- NumPad 1 = Ortho depan (melihat ke belakang)
- Ctrl + NumPad 1 = Kembali ortho (melihat ke depan)
- Shift + NumPad 1 = orientasi sumbu ke Z / X / Y (atas / bawah, kiri / kanan, depan / belakang)
- NumPad 4/6, 2/8 = Putar adegan kiri / kanan, atas / bawah (relatif untuk melihat kiri / kanan) [*]
- NumPad 3 = Ortho kanan (melihat ke kiri)
- Ctrl + NumPad 3 = Kiri ortho (tampak kanan)
- Shift + NumPad 3 = orientasi sumbu ke Z / Y / X (atas / bawah, depan / belakang, kiri-kanan)
- NumPad 5 = toggle Perspective / Orthographic
- NumPad 7 = Ortho teratas (melihat ke bawah)
- Ctrl + NumPad 7 = Bawah ortho (melihat ke atas)
- Shift + NumPad 7 = orientasi sumbu ke Y / X / Z (depan / belakang, kiri / kanan, atas / bawah)
- NumPad / = Orientasi Lokal / Global
- NumPad + = Memperbesar
- NumPad - = Perkecil
- NumPad. = Fokus pada seleksi
- Ctrl + NumPad 4/6, 2/8 = Strafe / Pan scene Kiri / Kanan, Atas / Bawah [*]
- Shift + NumPad 4/6 = Gulung adegan searah jarum jam / berlawanan arah jarum jam [*]
Catatan Desain : item yang ditandai "*" di atas menunjukkan skema yang berguna dalam kasus di mana opsi kontrol mouse atau touch-pad tidak tersedia (tetapi akses ke tata letak keyboard penuh).
Jenis Tombol Pintas Editor Umum ^
Menggunakan " Shift + F [n] " dengan cepat beralih di antara Jenis Editor (Jenis Layar)
- Blender 2,50 ke atas, ke & termasuk yang terbaru
- Shift + F1 = Tautan / Tambahkan
- Shift + F2 = Editor Logika
- Shift + F3 = Editor Node
- Shift + F4 = Konsol
- Shift + F5 = Tampilan 3D
- Shift + F6 = Editor Grafik
- Shift + F7 = Properti
- Shift + F8 = Editor Urutan Video
- Shift + F9 = Outliner
- Shift + F10 = Editor UV / Gambar
- Shift + F11 = Editor Teks
- Shift + F12 = Lembar Ganja
- Blender 2,49 atau lebih rendah
- Shift + F1 = Load Library (Tambah - Browser File)
- Shift + F2 = Ekspor (Browser File)
- Shift + F3 = Editor Node
- Shift + F4 = Pilih Data
- Shift + F5 = Tampilan 3D
- Shift + F6 = Editor Kurva IPO
- Shift + F7 = Tombol
- Shift + F8 = Editor Urutan Video
- Shift + F9 = Outliner
- Shift + F10 = Editor UV / Gambar
- Shift + F11 = Editor Teks
- Shift + F12 = Editor Tindakan
- Skema Tata Letak
- Ctrl + Panah Kiri = beralih Skema Tata Letak ("Default", "Tampilan 3D Penuh", "Editing UV" dll.)
- Ctrl + Panah Kanan = (per di atas)
- Ctrl + Panah Atas = untuk mengaktifkan Maksimalkan / Meminimalkan tampilan aktif
- Ctrl + Panah Bawah = untuk mengaktifkan Maksimalkan / Meminimalkan tampilan aktif
- Alt + F10 = toggle editor Layar Penuh
- Lihat Skema
- Beranda = Lihat Semua
- NumPad. = Lihat Dipilih
- H = Sembunyikan yang Dipilih
- Shift + H = Setel Batasan Tampilan (sembunyikan semua Lihat proxy)
- Ctrl + H = Set Restrict Render (sembunyikan semua Render proxy)
- Alt + H = Tampilkan Semua
- Lain-lain Fungsi UI
- F1 = Terbuka (2,49 atau di bawah)
- F2 = Simpan Sebagai ... (2.49 atau di bawah)
- Ctrl + N = Baru
- Ctrl + O = Buka
- Shift + Ctrl + O = Buka Terbaru
- Ctrl + Q = Quit Blender
- Ctrl + S = Simpan
- Ctrl + Alt + S = Simpan Salinan
- Ctrl + W = Simpan (2.49 atau di bawah)
- Ctrl + X = Baru (2,49 atau di bawah)
- Shift + Ctrl + S = Simpan Sebagai ...
- Ctrl + Alt + U = Preferensi Pengguna
- X = Hapus (jenis / elemen)
- Lain-lain Panel Overlay
- N = Properti (editor umum / properti area) (^)
- Tampilan 3D
- Editor Grafik
- Lembar obat bius
- Editor NLA
- Editor UV / Gambar
- Editor Urutan Video
- Editor Klip Film
- Editor Node
- Editor Logika
- T = Rak Alat (editor umum / rak alat area) (^)
- Tampilan 3D
- Editor UV / Gambar
- Editor Klip Film
- Editor Node
- Browser File
- N = Properti (editor umum / properti area) (^)
Catatan desain : (^) menunjukkan fungsi yang tidak tersedia untuk semua editor, tampilan atau area, dan / atau data yang disajikan berbeda relatif terhadap editor / tampilan di mana panel muncul.
Tombol Pintas Mode Tampilan Objek 3D ^
Menggunakan " Shift ", " Ctrl " dan " Alt " pada tombol yang sama untuk melakukan operasi yang berbeda dalam Mode Obyek
- 1 »0 = Layers (baris atas)
- Alt + 1 »0 = Layers (baris bawah)
- Ctrl + 1 »5 = Level pembagian 1x hingga 5x
- Shift + 1 »0 = Layers multi-pilih (baris atas)
- Shift + Alt + 1 »0 = Layers multi-pilih (baris bawah)
- ' = Pilih Semua / Batalkan Pilihan Semua Lapisan
- . = Pivot Point - Kursor
- , = Pivot Point - Median (default)
- A = Pilih Semua / Batalkan Pilihan Semua
- Ctrl + A = Terapkan
- B = Border (Box) Pilih
- Alt + B = Klip Pilih (matikan bila digunakan lagi)
- Shift + B = Zoom untuk Dipilih
- C = Paint (Circle) Pilih
- C + LMB = Pemilihan tambahan
- C + MMB = Hapus pemilihan subtraktif
- RMB / Esc = Batalkan Tindakan
- D = beralih mode Draw (2,49 atau lebih rendah)
- Alt + D = Gandakan (ditautkan)
- Shift + D = Gandakan (tidak terhubung)
- F = beralih mode Edit UV (2,46 atau di bawah)
- Ctrl + G = Grup
- Ctrl + Alt + G = Hapus yang Dipilih dari Grup Aktif
- Ctrl + Shift + G = Tambah yang Dipilih ke Grup Aktif
- Shift + Ctrl + Alt + G = Hapus dari Semua Grup
- Shift + G = Pilih Dikelompokkan
- H = Sembunyikan
- Alt + H = Tampilkan Semua
- L = Buat Lokal
- M = Pindah ke Lapisan
- Ctrl + M = Cermin / Balik
- + X = sepanjang sumbu X (depan / belakang)
- + Y = sepanjang sumbu Y (kiri / kanan)
- + Z = sepanjang sumbu Z (atas / bawah)
- N = beralih View Properties
- N = Transform Properties (2.49 atau di bawah)
- O = beralih Editing Proporsional
- P = Mulai Mesin Game
- Ctrl + P = Setel Induk Ke
- Alt + P = Hapus Induk
- T = beralih Rak Alat
- T = Ruang Tekstur (2,49 atau lebih rendah)
- Tab = toggle Object / Edit mode
- Ctrl + Tab = beralih mode Cat Berat
- Shift + Tab = beralih Grid-snap
- U = Buat Pengguna Tunggal
- V = beralih mode Cat Vertex
- W = Spesial
- X = Hapus
- Z = matikan Wireframe / Naungan viewport solid
- Alt + Z = beralih warna Solid / Tekstur viewport
- Ctrl + Z = Undo
- Shift + Z = toggle Solid / Shaded Draw type (2,49 atau lebih rendah)
- Shift + Ctrl + Z = Redo
Catatan desain : ketika " Emulasi Numpad " diaktifkan (" Preferensi Pengguna " »" Input "), tombol numerik utama, 1 - 0, tidak lagi berfungsi sebagai pintasan pemilihan layer, bertindak sebagai alternatif untuk kunci manipulasi adegan yang biasanya dikaitkan dengan Numpad (berguna untuk laptop / keyboard yang tidak ada di bagian Numpad yang diperluas).
Tampilan 3D Edit Tombol Pintas Mode ^
Menggunakan " Shift ", " Ctrl " dan " Alt " pada tombol yang sama untuk melakukan operasi yang berbeda dalam Mode Edit
- 1 »0 = Layers (baris atas - memilih layer dalam mode Edit menjaga mesh aktif dalam tampilan)
- Alt + 1 »0 = Layers (baris bawah)
- Ctrl + 1 »5 = Tingkat pembagian 1x melalui 5x
- Shift + 1 »0 = Layers multi-pilih (baris atas)
- Shift + Alt + 1 »0 = Layers multi-pilih (baris bawah)
- ' = Pilih Semua / Batalkan Pilihan Semua Lapisan
- . = Pivot Point - Kursor
- , = Pivot Point - Median (default)
- A = Pilih Semua / Batalkan Pilihan Semua
- B = Border (Box) Pilih
- Alt + B = toggle Clip Select (on select / off)
- Ctrl + B = Pilihan Bevel Edge
- Shift + Ctrl + B = Pilihan Bevel Vertex
- Shift + B = Zoom untuk Dipilih
- C = Circle (Paint) Pilih
- C = Center on Cursor (2.49 atau lebih rendah)
- Ctrl + C = Salin Wajah yang Dipilih (2,49 atau di bawah)
- D = beralih mode Draw (2,49 atau lebih rendah)
- Shift + D = Gandakan (tidak terhubung)
- E = Mengekstrusi
- Alt + E = Extrude Region
- Esc = Batalkan tindakan / operasi
- Ctrl + E = Opsi tepi / Spesial (termasuk 2.49)
- F = Hasilkan Wajah
- Ctrl + F = Opsi wajah / Spesial (termasuk 2,49)
- Ctrl + Shift + F = Flip Edge (2,49 atau lebih rendah)
- Ctrl + G = Grup Vertex
- Shift + G = Pilih Mirip
- H = Sembunyikan
- Alt + H = Tampilkan Semua
- I = Inset
- J = Pemecahan permukaan diagonal (sudut ke sudut)
- Ctrl + I = Balikkan seleksi
- Alt + J = konversi Tris ke Quads
- K = Pisau
- Alt + M = Gabung
- Ctrl + M = Cermin / Balik
- + X = sepanjang sumbu X (depan / belakang)
- + Y = sepanjang sumbu Y (kiri / kanan)
- + Z = sepanjang sumbu Z (atas / bawah)
- O = beralih Editing Proporsional
- P = Pisahkan (ke Objek)
- Alt + P = Wajah Poke
- Ctrl + P = Jadikan Vertex Parent
- Ctrl + R = Loopcut
- Ctrl + T = Tessellation (triangulasi)
- Tab = beralih mode Edit / Obyek
- Ctrl + Tab = Mode Pilih Jala (Wajah, Tepi, Vertex)
- Shift + Tab = untuk mengaktifkan / menonaktifkan Grid-snap
- U = Pemetaan UV
- U = Perhitungan UV (2,49 atau lebih rendah)
- V = Rip / Lepaskan Vertex
- Shift + V = Pilihan slide (ketuk dua kali "G")
- Ctrl + V = Pilihan titik
- Ctrl + V = Spesial Vertex (2.49)
- W = Spesial
- X = Hapus opsi
- Ctrl + X = Larutkan Dipilih
- Ctrl + X = Hapus Semua / Atur Ulang (2.49 atau di bawah)
- Y = Pisahkan Wajah / Tepi / Verteks
- Z = matikan Wireframe / Naungan viewport solid
- Alt + Z = beralih warna Solid / Tekstur viewport
- Ctrl + Z = Undo
Tombol Pintas Mode Pose Mode Tampilan 3D ^
Tombol pintas dasar untuk Mode " Pose " (juga sebagian besar tersedia saat Armature dalam mode Edit)
- 1 »0 = Layers (baris atas - memilih layer dalam mode Edit menjaga mesh aktif dalam tampilan)
- Alt + 1 »0 = Layers (baris bawah)
- Ctrl + 1 »5 = Tingkat pembagian 1x melalui 5x
- Shift + 1 »0 = Layers multi-pilih (baris atas)
- Shift + Alt + 1 »0 = Layers multi-pilih (baris bawah)
- ' = Pilih Semua / Batalkan Pilihan Semua Lapisan
- . = Pivot Point - Kursor
- , = Pivot Point - Median (default)
- A = Pilih Semua / Batalkan Pilihan Semua
- Tombol panah
- Kiri = pemutaran animasi (menuju 'mulai')
- Kanan = pemutaran animasi (menjelang 'akhir')
- Atas = Melompat ke Keyframe berikutnya (menuju 'mulai')
- Bawah = Melompat ke Keyframe berikutnya (menuju 'akhir')
- B = Border (Box) Pilih
- C = Circle (Paint) Pilih
- C + LMB = Pilih Aditif
- C + MMB = Pilih Subtraktif
- RMB = Batalkan Pilihan
- Ctrl + C = Salin Pose
- I = Sisipkan (Keyframe)
- Ctrl + I = Balikkan Seleksi
- Alt + I = Hapus keyframe
- G = Terjemahkan (pindah / ambil + X, + Y, + Z)
- Alt + G = Bersihkan Lokasi
- Shift + G = Pilih Dikelompokkan
- H = Sembunyikan
- Alt + H = Tampilkan Semua
- Shift + H = Sembunyikan Tidak Dipilih
- Ctrl + M = Cermin / Balik
- + X = sepanjang sumbu X (depan / belakang)
- + Y = sepanjang sumbu Y (kiri / kanan)
- + Z = sepanjang sumbu Z (atas / bawah)
- O = Pengeditan Proporsional
- Ctrl + P = Setel Induk Ke (opsi)
- R = Putar (+ X, + Y, + Z)
- Alt + R = Hapus Rotasi
- S = Skala (+ X, + Y, + Z)
- Alt + S = Hapus Skala
- Ctrl + Alt + S = Skala terbatas (Armature dalam Pose / Mode Edit)
- Ctrl + Tab = beralih mode Pose / Edit
- Ctrl + V = Tempel Pose
- W = Spesial
Tombol Pintas UV / Image Editor Umum ^
Pintasan dasar (hotkey's) untuk digunakan dalam UV / Image Editor - perhatikan bahwa menggunakan tombol " Tab " beralih antara aspek " Editor UV " dan " Editor Gambar " pada tampilan editor yang sama
- . = Pivot Point - Kursor
- , = Pivot Point - Median (default)
- A = Pilih Semua / Batalkan Pilihan Semua
- B = Border (Box) Pilih
- C = Circle (Paint) Pilih
- E = Buka
- G = Terjemahkan / Pindahkan / Ambil
- H = Sembunyikan
- Alt + H = Unhide
- Ctrl + I = Balikkan seleksi
- Ctrl + M = Cermin / Balik
- + X = X Sumbu (kiri ke kanan)
- + Y = Sumbu Y (atas ke bawah)
- N = Properti
- Alt + N = Buat Gambar Baru
- O = matikan Pengeditan Proporsional [ opsi ]
- Alt + O = Buka Gambar
- P = Pilihan pin
- Q = beralih UV Sculpt
- Alt + P = Unpin selection
- R = Putar
- S = Skala
- Shift + S = Snap ke [ opsi ]
- T = ToolShelf
- Tab = beralih UV dan Editor Gambar
- V = Stitch
- W = Weld / Align
- Y = Seleksi seleksi
- NumPad 1, 2, 4, 8 = ukuran tampilan zoom 'penuh', 'setengah', 'seperempat', 'kedelapan'
- F3 = Simpan Sebagai Gambar
Tombol Pintas Editor Aksi Umum ^
- Tombol panah
- Kiri = Pemutaran frame-by-frame (menuju 'start')
- Kanan = Pemutaran frame-by-frame (menuju 'akhir')
- Atas = Melompat ke Keyframe berikutnya (menuju 'mulai')
- Bawah = Melompat ke Keyframe berikutnya (menuju 'akhir')
- Shift + Kiri = Melompat ke Akhir
- Shift + Kanan = Langsung ke Mulai
- Shift + Atas = Melompat sepuluh bingkai (maju)
- Shift + Down = Melompat sepuluh bingkai (mundur)
- A = Pilih Semua / Batalkan Pilihan Semua
- B = Border (Box) Pilih
- Ctrl + C = Salin Keyframe
- Shift + D = Gandakan
- I = Masukkan Keyframe
- Ctrl + I = Balikkan Seleksi
- M = Tambahkan Marker
- Shift + S = Snap
- T = Atur Interpolasi Keyframe
- Tab = Kunci Trek
- Ctrl + V = Tempelkan Bingkai Kunci
- X = Hapus
- NumPad + = Tambah Panjang Garis Waktu (zoom)
- NumPad - = Kurangi Durasi Timeline (unzoom)
Tombol Pintas Editor Node Umum ^
- A = (De) Pilih Semua
- Shift + A = Tambah (menu)
- B = Pilih Perbatasan / Kotak
- C = Circle / Paint Select
- Shift + D = Gandakan
- F = Tautan dipilih
- Shift + F = Buat dan ganti tautan
- Ctrl + F = Temukan Node
- Alt + G = Ungroup
- Ctrl + G = Grup
- Shift + G = Pilih Grup
- Ctrl + I = Balikkan Seleksi
- T = Alat Rak
- Tab = Edit Grup
- N = Properti
- G = Terjemahkan / Manipulasi
- S = Ubah Ukuran / Skala
- R = Putar
Tombol Pintas Editor Grafik ^
- A = (De) pilih Semua
- B = Pilih Batas
- Ctrl + B = Border (termasuk gagang simpul)
- Alt + B = Perbatasan (termasuk rentang sumbu)
- C = Lingkaran Pilih
- Shift + D = Duplicate Marker
- I = Masukkan Keyframes
- Ctrl + E = Jenis Kemudahan
- Shift + E = Mode Ekstrapolasi
- H = Sembunyikan Kurva yang Dipilih
- Shift + H = Sembunyikan Kurva Tidak Dipilih
- Alt + H = Reveal Curves
- K = Kolom pada Tombol yang Dipilih
- L = Pilih Tertaut
- M = Tambahkan Marker
- Ctrl + M = Ganti nama marker
- Alt + O - Tombol Halus
- Shift + O = Sample Keyframes
- T = Mode Interpolasi
- Tab = Beralih Mode Edit Saluran
- V = Jenis Pegangan
- Shift + M = Cermin
- Shift + S = Snap
- Ctrl + C = Salin Bingkai
- Ctrl + V = Tempelkan Bingkai
- Shift + W = Ubah Pengaturan Saluran
- X = Hapus Marker / Saluran
- NumPad - = Unzoom Workspace (saat menyesuaikan ruang kerja)
- NumPad + = Zoom Workspace
- NumPad - = Tutup Saluran (saat kursor melewati saluran)
- Numpad + = Perluas Saluran
No comments:
Post a Comment