Friday, August 19, 2011

Cara penggunaan Aplikasi examp(website)

Saya biasa menggunakan program ini untuk membuat web/blog instant di localhost sebelum di upload ke online web hosting atau sekedar utak-atik template untuk optimalisasi iklan Google Adsense :D .
Dengan menggunakan program ini, maka dengan sekali install temen2 bisa langsung menikmati web server di komputer sendiri dengan sangat mudah.
Sebelum install, tentu butuh programnya yak…? Silakan download programnya dari sini.
Setelah program didapatkan, install seperti biasa… pake default install saja, gak perlu di utak-atik. Next…Next dan Next sampai Finish.. :D
Free Image Hosting
Secara default, program akan diinstall di c:\xampp\
Setelah selesai, buka XAmpp Control Panel kemudian start Apache dan MySQL.
Free Image Hosting

Kemudian buka web browser temen2 kemudian ketikkan http://localhost pada kolom web address, maka akan nampak seperti berikut:
Free Image Hosting
Defaultnya, http://localhost mengambil folder c:\xampp\htdocs\ untuk ditampilkan.
Untuk mendapatkan tampilan seperti explorer, dari windows explorer buka folder c:\xampp\htdocs\ kemudian hapus file index.html dan index.php. Refresh web browser, maka akan nampak tampilan seperti ini:
Free Image Hosting
Jika temen2 ingin mengganti folder default web (C:\xampp\htdocs) ke folder lain, misalnya (D:\web), dari windows explorer buka folder C:\xampp\apache\conf\ kemudian akan nampak list file dan folder seperti ini:

Free Image Hosting
Buka file httpd.conf pakai notepad kemudian ubah setting DocumentRoot. Terdapat 2 perubahan seperti berikut:
Free Image Hosting
Free Image Hosting
Untuk mendapatkan hasilnya, stop Apache dan MySQL pada XAmpp Control Panel kemudian start lagi. Refresh web browser dan temen2 akan mendapatkan hasilnya… :)
Free Image Hosting
Untuk bermain-main dengan MySQL, buka alamat http://localhost/phpmyadmin dari web browser temen2. Default database username: root, passwordnya dikosongkan dan server: localhost
Free Image Hosting
Baik seperti itu dulu, insyaAllah tutorial selanjutnya adalah install WordPress atau CMS lain di localhost

Lanjut

No comments:

Post a Comment

10 Cara Dapatkan Penghasilan Pasif dari Aset Kripto

  Semua pecinta aset kripto nampaknya paham bahwa cara paling umum dalam mendulang cuan di aset kripto adalah dengan   trading . Hanya saja,...