Internet sebagai
Alternatif Media Pembelajaran
(Konsep Belajar
dari Internet)
Pengantar
Elearning, Opo Sih?
”E-learning secara
harfiah merupakan akronim dari E & Learning. E = electronic sedang Learning =
proses belajar, jadi gampangnya E-learning adalah sistem pembelajaran secara elektronik, menggunakan media elektronik,
internet, komputer dan file multimedia (suara, gambar, animasi dan video)”
Nah Ini Karakteristik Pendidikan Jarak Jauh:
- Ada keterpisahan yang mendekati permanen antara tenaga pengajar (guru atau dosen) dari peserta ajar (siswa atau mahasiswa) selama program pendidikan
- Ada keterpisahan yang mendekati permanen antara seorang peserta ajar (siswa atau mahasiswa) dari peserta ajar lain selama program pendidikan
- Ada suatu institusi yang mengelola program pendidikannya
- Pemanfaatan sarana komunikasi baik mekanis maupun elektronis untuk menyampaikan bahan ajar
- Penyediaan sarana komunikasi dua arah sehingga peserta ajar dapat mengambil inisiatif dialog dan mengambil manfaatnya.
”Ohh begitu, jadi Elearning itu proses
pembelajaran secara elektronik ya... Kalo gitu belajar sambil maen PS
(PlayStation) ato ndengerin MP3 Player bisa disebut Elearning nggal?” :p
Idih ini lucu banget
sih... anak siapa ya? J
Begini dik, sing
dimaksud elektronik disini bukan semata-mata peralatannya, tapi juga meliputi
metode dan medianya: bagaimana kita berbagi ilmu dan pengetahuan,
men-download materi perkuliahan, meng-upload tugas, melakukan diskusi dengan
dosen, dan sebagainya, dilakukukan secara elektronis...
Jadi bukan masalah
sih kalo kita belajar sambil maen PS, kalo di PS kita ada plugins buat
Elearning-nya.. ato di MP3 player kita tersimpan file mp3, wav atau video yang
berisi rekaman pengajar/tutor kita... Gituu looch... sudah jelas belon?
Lagian masih suka maen
PS, mending waktunya untuk yang lebih produktif
J
Latar Belakang
”Pedulikah kita dengan dunia pendidikan ?”
- Generasi muda kita saat ini waktu dan perhatiannya sudah tersita banyak oleh game, gadget (seperti HP) dan internet pada tingkat yang memprihatinkan dan para orangtua semakin kebingungan karena anak-anak kecanduan hal tersebut
- Pemakaian warnet yang tersebar pemanfaatannya masih kurang mencerdaskan pemakai (notabenenya kaum muda)
- Orangtua sudah terbebani biaya pendidikan yang mahal belum termasuk media belajar seperti buku, transport dll
- Perlu media yang bisa membuat orang jadi pintar dengan biaya yang lebih terjangkau dan diajarkan oleh Guru/Pengajar/Dosen yang Professional lewat modul e-learning
Keuntungan & manfaat (Benefit
of Telecomputing for students)
- Real-time & on-demands online information
- Mobility access, fleksibel dan praktis (dapat dilaksanakan kapan saja sesui keinginan kita)
- Menjangkau wilayah geografis yang luas
- User friendly, bebas repot dan ruwet
- Benefit in cost, mengurangi (menghemat) biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku-buku, perjalanan, pengadaan pendidikan dll)
- Mengoptimalkan kualitas belajar
- Less administrative papers
- Dapat melengkapi aktivitas belajar konvensional
- Cara belajar yang aman dan sehat
- Alternatif media belajar dari anak-anak, remaja, dewasa sampai orang tua, belajar fleksibel tanpa terikat jadwal + menyenangkan
- Melatih pembelajar lebih mandiri dan berkembang dalam ilmu dan pengetahuan
- Fleksibel memilih materi yang benar-benar kita inginkan dan hanya yang kita butuhkan
- Source ilmu dan informasi yang tidak terbatas (bahkan berlimpah), sehingga kuncinya bukan mendapatkan kesemuanya namun filtering yang kita butuhkan saja
- Menghemat waktu proses belajar mengajar
Nilai Pendidikan Harus Menciptakan Kondisi Tertentu yang
Mampu :
- Menumbuhkan kesadaran akan pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan global
- Menumbuhkan kesadaran bahwa belajar merupakan kegiatan yang harus dilakukan sepanjang hayat
- Mendorong lahirnya pribadi kreatif
- Mendorong lahirnya pribadi mandiri
- Mendorong tumbuhnya budaya berfikir kritis
- Mendorong tumbuhnya pribadi yang shaleh secara spiritual dan shaleh secara sosial
Pemanfaatan TI Sebagai Media Pembelajaran
- Komputer sebagai Tool (alat)
- Komputer sebagai Tutor
·
Komputer
menampilkan informasi
·
Siswa
menjawab pertanyaan atau masalah yang sesuai dengan informasi yang diberikan
·
Komputer
mengevaluasi jawaban siswa
·
Komputer
menentukan apakah yang harus diperbuat siswa selanjutnya berdasar hasil
evaluasi pada jawaban tersebut
Pola Pembelajaran e-Learning
Dalam Aplikasi Sebagai Tutor Komputer Bisa Digunakan
Untuk Kepentingan :
·
Latihan sekaligus memberi feedback bagi
siswa
·
Mereview
pencapaian belajar
·
Menyelenggarakan
pembelajaran remedial tentang pengetahuan dasar
·
Melaksanakan
tes, baik pilihan ganda maupun yang lain, yang hasilnya segera diketahui siswa
·
Pekerjaan
rumah
·
Dialog
instruksional
Langkah-langkah
Penyusunan Program Pembelajaran Berbasis Komputer
1. Perencanaan
Awal
· Mengidentifikasi tujuan, kebutuhan dan
masalah yang muncul dalam pembelajaran
·
Analisis karakteristik siswa yang akan
menggunakan dan pelajari materi yang akan dikembangkan.
· Mempertimbangkan strategi pembelajaran
2. Menyiapkan
Materi
Yang perlu memperhatikan :
· Menguasai materi dan Metodologi pengajaran
· Menguasai prosedure pengembangan media
· Menguasai teknik pemograman komputer
· Mengetahui keterbatasan komputer
3. Mendesain
Paket Program Pembelajaran
Yang perlu diperhatikan:
Memperkenalkan materi baru untuk
melengkapi atau menguatkan pelajaran yang telah berlangsung dengan media lain
4. Menvalidasi
Paket Program Pembelajaran
Memvalidasi paket program:
Membuktikan validitasnya secara empiris
lewat uji lapangan pada paket program yang dikembangkan. Paket program diuji-cobakan
dengan memilih sampel yang representatif.
Program pembelajaran
perlu memperhatikan:
· Kebenaran bahan ajar
· Ketepatan antara program dengan
populasi pengguna
· Kesederhanaan program
· Efisiensi penggunaannya
· Reliabilitas
Informasi Online dalam Dunia Riset dan Pendidikan
1.
Dari Offline menuju Online
Informasi online membuat akses semakin
luas dan transfer informasi semakin cepat dan akurat
2. Akses informasi online dalam dunia
penelitian dan pendidikan
Manfaat
penting meng-online-kan informasi:
·
Potensi akses yang lebih besar dan
lebih sering dipakai sebagai rujukan
·
Semakin luasnya kesempatan akses
informasi akan memberikan feedback positif bagi pemilik awal informasi
tersebut
·
Membantu akselerasi perkembangan suatu
cabang ilmu pengetahuan baru
3. Diantara project komunitas TI
Indonesia
·
Edukasi online
·
Digital Library
·
Diskusi ilmiah lewat mailing list
”Salah satu
peserta mempresentasikan penelitiannya dan peserta yang lain mengajukan
pertanyaan atau memberi masukan lewat email. Juga konsultasi masalah dan
kegiatan lain misal resensi paper penelitian terbaru”
Pergeseran Pandangan
Tentang Pembelajaran
Lingkungan
|
Berpusat pada
guru
|
Berpusat pada
siswa
|
Aktivitas kelas
|
Guru sebagai sentral dan bersifat
didaktis
|
Siswa sebagai sentral dan bersifat
interaktif
|
Peran guru
|
Menyampaikan fakta-fakta, guru
sebagai ahli
|
Kolaboratif, kadang-kadang siswa
sebagai ahli
|
Penekanan pengajaran
|
Mengingat fakta-fakta
|
Hubungan antara informasi dan temuan
|
Konsep pengetahuan
|
Akumujlasi fakta secara kuantitas
|
Transformasi fakta-fakta
|
Penampilan keberhasilan
|
Penilaian acuan norma
|
Kuantitas pemahaman , penilaian acuan
patokan
|
Penilaian
|
Soal-soal pilihan berganda
|
Protofolio, pemecahan masalah, dan
penampilan
|
Penggunaan teknologi
|
Latihan dan praktek
|
Komunikasi, akses, kolaborasi,
ekspresi
|
Standar Kompetensi
Bahan Kajian TI & Komunikasi
Konsep, pengetahuan, dan
operasi dasar
Siswa mampu mengenali
secara mendalam hakekat dan dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi, etika
dan moral pemanfaatan teknologi, media massa digital, masalah ergonomis dan
keamanan, dasar-dasar komputer, dan pengoperasian teknologi multimedia.
Pengolahan informasi untuk
produktifitas
Siswa mampu menggunakan
pengetahuan dan keterampilan untuk berbagai macam perangkat produktifitas
teknologi meliputi: penggunaan Sistem Operasi (Operating System); melakukan setting periferal ; pengoperasian software ; pemanfaatan jaringan
Pemecahan masalah, eksplorasi
dan komunikasi
Siswa mampu menerapkan
pengetahuan dan keterampilannya dalam situasi kehidupan nyata untuk mendapatkan
informasi, mengelola gagasan, memecahkan masalah, melakukan penelitian, dan
menggunakan perangkat komunikasi untuk mendapatkan dan mengirimkan informasi
Aspek
|
Fokus Pembelajaran
|
Operasi dasar, pengetahuan, dan konsep
|
Kegiatan yang bersifat
apresiatif dan aplikatif
|
Pengolahan informasi untuk produktifitas
|
Kegiatan aplikatif dan produktif
|
Pemecahan
masalah, eksplorasi dan komunikasi
|
Kegiatan
produktif , analitis dan evaluatif
|
Idealnya Pendidikan Jarak Jauh
Berbasis Web Harus Memiliki Unsur-Unsur Sebagai Berikut:
- Pusat kegiatan siswa;
Sebagai suatu community web based distance learning harus
mampu menjadikan sarana tempat kegiatan mahasiswa, dimana mahasiswa dapat menambah
kemampuan, membaca materi kuliah, mencari informasi dan sebagainya
- Interaksi dalam grup;
Para mahasiswa dapat berinteraksi satu sama lain untuk
mendiskusikan materi-materi yang diberikan dosen. Dosen dapat hadir dalam group
ini untuk memberikan sedikit ulasan tentang materi yang diberikannya.
- Sistem administrasi mahasiswa;
Dimana para mahasiswa dapat melihat informasi mengenai
status mahasiswa, prestasi mahasiswa dan sebagainya.
- Pendalaman materi dan ujian;
Biasanya dosen sering mengadakan quis singkat dan tugas
yang bertujuan untuk pendalaman dari apa yang telah diajarkan serta melakukan
test pada akhir masa belajar. Hal ini juga harus dapat diantisipasi oleh web
based distance learning.
- Perpustakaan digital;
Pada bagian ini, terdapat berbagai informasi kepustakaan,
tidak terbatas pada buku tapi juga pada kepustakaan digital seperti suara,
gambar dan sebagainya. Bagian ini bersifat sebagai penunjang dan berbentuk
database.
- Materi online diluar materi kuliah;
Untuk menunjang perkuliahan, diperlukan juga bahan bacaan
dari web lainnya. Karenanya pada bagian ini, dosen dan siswa dapat langsung
terlibat untuk memberikan bahan lainnya untuk di publikasikan kepada mahasiswa
lainnya lewat web.
Hal-hal yang harus ada untuk
memaksimalkan efektifitas Internet untuk pendidikan :
- Akses ke perpustakaan
- Akses ke pakar
- Melaksanakan kegiatan kuliah secara online
- Menyediakan layanan informasi akademik suatu institusi pendidikan
- Menyediakan fasilitas mesin pencari data
- Meyediakan fasilitas diskusi
- Menyediakan fasilitas direktori alumni dan sekolah
- Menyediakan fasilitas kerjasama
- Dan lain – lain
12 Kompetensi Belajar Berbasis
IT
- Searching, dengan search engine
- Collecting, MP3, garfik, animasi, video
- Creating, membuat web, membuat game
- Sharing, web pages, blog
- Communicating, e-mail, IM, chat
- Coordinating, workgroups, mailing list
- Meeting, forum, chatroom,
- Socializing, beragam kelompok sosial on line
- Evaluating, on line advisor
- Buying-Selling, jual beli on line
- Gaming, game on line
- Learning, jurnal on line, riset on line
Teknik
- Mendesain dan mengimplementasikan bahan perkuliahan dalam format audio (MP3, AAC, WAV) yang didistribusikan dengan metode podcast.
- Mendistribusikan file-file perkuliahan
n
mini (per sesi).
n
keseluruhan.
- Menyediakan content materi dan informasi perkuliahan yang memberikan daya tarik bagi auditory learner.
- Pentransferan broadcast dan real time.
Three Subsystems at University
Kampus On-line
World Wide Learn adalah petunjuk
terbesar dalam dunia pendidikan yang mencakupi informasi-informasi seperti: kursus-kursus
on-line, gelar-gelar on-line ,pendidikan lanjut, pelatihan on-line dan
pendidikan on-line
Pengertian Podcast
Podcasting merupakan suatu pendistribusian
program audio dan video lewat internet yang memberikan keluasaan pada subcriber
yang tercatat untuk memilih file yang dikehendaki (yang selanjutnya dikenal
sebagai feed), yang didistribusikan secara broadcast sebagai program on demand
Contoh aplikatif
yang umum:
·
Memanfaatkan script dari open source
·
Sistem distribusi yang digunakan
adalah Podcast
·
Content sistem podcast ini
file multimedia yang berisi bahan-bahan perkuliahan
·
Sistem-sistem podcast ini meliputi :
penyediaan content, web server, dan distribusi content
·
Proses implementasi sistem dilakukan
dengan menggunakan web server Apache 2.0.55, PHP 5.0.5, dan database
MySQL 5.0.15
·
Untuk
sistem security aplikasi ini hanya dapat diakses
oleh pihak-pihak intern
Contoh Podcast
Dukungan Open Source untuk
E-Learning
Dibidang
LMS, beberapa produk open source yang telah dikembangkan antara lain :
- LMS, Anemalab, Forel E-Learning LMS, OLMS, ILIAS, dll
- Sample project populer : wikipedia
- Banyak sekali script e-learning ini yang paling popular adalah Moodle
- Silahkan lihat koleksi script e-learning di hotscript.com
Untuk pengembangan
content atau material pembelajaran, dapat dimanfaatkan berbagai program
authoring di platform Linux seperti: DrawSWF, OpenOffice Impress, dll
Perkembangan Software E-learning
di Indonesia
Beberapa contoh produk software pembelajaran di
Indonesia:
·
Pesona Fisika dan Pesona Matematika
untuk SMP, SMA dari Kuantum Inti Dinamika
·
Belajar Matematika Bersama
Mr.Sicerdas untuk SD-SMP-SMA dari Wahana Komputer
·
Software EduGames Maximize Studio
untuk tingkat SD
·
Software Anak Cerdas dari Akal
Interaktif
·
Software Tutorial Komputer dari
BambooMedia, dll
Di bidang opernsource, terdapat pula penyedia
content e-learning yang saat ini semakin berkembang dan semakin banyak
dimanfaatkan yaitu IlmuKomputer.com. Situs e-learning nirlaba ini dikembangkan
secara opensource, sehingga pembelajar dapat mengakses dan mendownload
material-material tutorial seputar dunia komputer secara gratis.
Fitur-fitur yang biasanya
disediakan dalam e-learning:
1. Informasi tentang unit-unit terkait
dalam proses belajar mengajar
• Tujuan dan sasaran
• Silabus
• Metode pengajaran
• Jadwal kuliah
• Tugas
• Jadwal Ujian
• Daftar referensi atau bahan bacaan
• Profil dan kontak pengajar
2. Kemudahan akses ke sumber referensi
• Diktat dan catatan kuliah
• Bahan presentasi
• Contoh ujian yang lalu
• FAQ (frequently asked questions)
• Sumber-sumber referensi untuk pengerjaan tugas
• Situs-situs bermanfaaat
• Artikel-artikel dalam jurnal online
3. Komunikasi dalam kelas
• Forum diskusi online
• Mailing list diskusi
• Papan pengumuman yang menyediakan informasi (perubahan
jadwal kuliah,
informasi tugas dan deadline-nya)
4. Sarana untuk melakukan kerja
kelompok
• Sarana untuk sharing file dan direktori dalam kelompok
• Sarana diskusi untuk mengerjakan tugas daam kelompok
5. Sistem ujian online dan pengumpulan
feedback
Beberapa Saran & Kesimpulan
- Pembelajaran dengan teknologi informasi adalah peluang dalam pengembangan akademis
- Kendala yang dihadapi adalah Aplikasi, Content, dan User Terminal.
- Adanya perubahan bentuk pembelajaran ke dalam bentuk : On-line, Interactive Communications (Dosen dan Mahasiswa), Mobility Acces serta User friendly.
- Dapat digabungkan dengan Teknologi aplikasi lainnya, misalnya : Podcasting
- Ide: Kewajiban Pemuatan modul e-learning di tiap warnet
Reference :
http://www.informatika.lipi.go.id/sistem-pendukung-e-learning-di-web
http://www.tempointeraktif.com/hg/it/2006/07/12/brk,20060712-80049,id.html
http://www.duniaguru.com/index.php?option=com_content&task=view&id=344&Itemid=26
http://www.fe.ui.ac.id/elearning/
http://www.unhas.ac.id/tekpert/claroline181/
http://saifuladi.wordpress.com/2007/01/15/komputer-adalah-media-belajar-anak/
http://elearning.uny.ac.id/
http://romisatriawahono.net/2006/03/24/teknik-mengadopsi-ccna-ke-kurikulum-pendidikan-formal/
http://www.wahanakom.com/infotek/elearning.htm
http://www.ilmukomputer.com/2006/09/25/bagaimana-mahasiswa-ilmu-komputer-belajar-mengkritisi-kurikulum-dan-gaya-pendidikan-kita/
http://romisatriawahono.net/2006/12/05/seminar-dan-workshop-elearning-di-jogjakarta/?month=-1
http://elcom.umy.ac.id/index.php?option=com_content&task=view&id=19&Itemid=43
http://www.informatika.lipi.go.id/sistem-pendukung-e-learning-di-web
http://elisa.ugm.ac.id/
http://aditun.tripod.com/ppbk.htm
No comments:
Post a Comment